Mencegah Diabetes – Ini Dia Cara Efektif Dengan Pola Makan Yang Sehat

Mau tau percakapan Dr Reisa Broto Asmoro dengan Anya Dwinov seputar mencegah diabetes sejak muda? Langsung saja baca artikel ini sampai selesai.

Mencegah diabetesDr. Reisa Broto Asmoro : Ya pemirsa, perubahan gaya hidup itu memang masa kini ya serba cepat serba praktis dan ini bisa membahayakan kesehatan kita. Bintang tamu kita yang satu ini tampaknya setuju banget saya ngomong gitu. Karena saat ini memang rawan untuk terkena penyakit –penyakit jangka panjang. Penyakit jangka pendek aja tidak enak apalagi penyakit jangka panjang. Sekali udah kena terus gak bisa di apa-apain lagi

Tapi kita itu tidak boleh melalaikan kesehatan karena salah satu penyakit yang jangka panjang tadi seperti diabetes melitus salah satunya. Dan diabetes melitus itu bagi kebanyakan orang ya begitu juga kegemukan atau obesitas itu dianggap faktor keturunan.

Anya Dwinov: Iya benar banyak ya yang bilang begitu, tapi sebenarnya apa sih yang menjadi poin utama, apakah bener “yaudah nasib orang tua ku diabetes ya aku akan terkena diabetes juga ”

Dr. Reisa Broto Asmoro : Ya jangan lah. Karena memang faktor resiko utamanya sih bukan dari faktor keturunan tapi gaya hidup kita. Pola hidup kita tidak sehat itu bisa meningkatkan resikonya berpuluh-puluh kali lipat. Menjaga pola makan dapat mencegah diabetes tipe 2.

Bapak Ibu

  

Anya Dwinov: Pola hidup, jadi dari kita sendiri nih harus ada perubahan juga.

Dr. Reisa Broto Asmoro: makanya misalnya Anda sering skip sarapan.Pernah ? Mungkin Anda yang makan berlebihan?

Anya Dwinov: kalau lagi lapar banget kan jadi nya langsung gragas itu loh

Dr. Reisa Broto Asmoro: terus apa aja yang dimakan ? yang kolesterolnya tinggi tidak peduli kalau itu junkfood atau bukan

Anya Dwinov : Iya kan harus cepet ? yang cepet biasanya junk food terus terasa kenyang

Dr. Reisa Broto Asmoro: Itu yang bisa menyebabkan timbulnya diabetes mellitus, apalagi yang tipe 2 ini karena pola hidup yang tidak sehat. Makanya kita harus mengubah pola makan kita menjadi makanan-makanan yang mengurangi resiko diabetes mellitus keturunan.

Anya Dwinov : Apa aja yang bisa diubah ?

mencegah diabetes sejak mudaDr. Reisa Broto Asmoro: Dari yang mulai kiri dulu. Ini adalah gula pasir, nah penggunaan gula harus dibatasi Anya, paling tidak itu maksimal 4 sdm perharinya termasuk dari makanan, minuman, semua aspek 1 hari hanya dibatasi cuma 4 sdm tidak boleh berlebihan. Karena itu memang bisa mengganggu sirkulasi insulin di tubuh kita nah itu yang bisa menyebabkan salah satunya munculnya resiko dari diabetes mellitus. Itu dia cara mencegah diabetes dengan pola makan sehat.

Anya Dwinov : Ih kalau untuk minuman manis aja biasanya sudah berapa, 3 sdt gulanya.
Dr. Reisa Broto Asmoro: berapa sendok bu, kalau bikin teh manis Bu? Tuh 2 sendok , itu pagi, siang? Belum sore, atau malam ? Jadi berapa kali bu minumnya ? Uda 6 kali katanya ibu itu. Ibu jualan gula atau bagaimana? Atau buka warung kayaknya.

Anya Dwinov : Pabrik gula kayaknya

Dr. Reisa Broto Asmoro: Tapi itu memang bisa menyebabkan kegemukan, makanya kita harus mengganti makanan kita dengan yang lebih sehat. Salah satunya yang mengandung omega 3

Anya Dwinov : Wah, apa aja tuh ?

Dr. Reisa Broto Asmoro: Seperti tauge ini adalah omega 3, begitu juga di kemangi kemudian di salmon tentunya. Omega 3 ini bisa menangkal radikal bebas yang bisa membantu meregenasikan sel. Jadi lebih baik di tubuh kita termasuk di sel pankreasnya. Ada lagi , yaitu konsumsi mineral, mineral yang paling penting adalah mineral kromium dan magnesium. Kalau yang lebih Kromium dan magnesium itu banyak terdapat di sayuran hijau, kacang –kacangan. Seperti yang di depan Anya nih, bayam, brokoli dan kacang-kacangan sebutkan kacang apa. Ada kacang hijau, kacang kedelai, kacang tanah boleh kacang polong. Gak usah mahal mahal ya dan mereka itu banyak mengandung serat tuh. Nah serat itu bagus sekali untuk melancarkan pencernaan kita dan menghambat kolesterol tinggi. Jadi dia itu membantu pengeluaran lemak-lemak jahat di tubuh kita

Anya Dwinov : Jadi plong jalanan saluran darahnya karena katanya kolesterol nempel di saluran darah ya?
Dr. Reisa Broto Asmoro: Bisa, bisa masuk kok di penyumbatan pembuluh darah kita, makanya jangan berlebihan. Dan dibantu dengan serat paling tidak 2sdm atau setengah cangkir lah setiap harinya. mencegah diabetes harus mampu mengolah makanan yang tepat, misalnya Anda yang sukanya goreng –goring, diganti dengan yang lebih sehat. Bila mau menggoreng yang rendah lemaknya misalnya seperti pada olive oil atau minyak zaitun. Nah itu caranya, salah satunya dengan mengubah pola makan kita Anya.

Anya Dwinov: Aku juga ingin menambahkan tips cara mencegah diabetes, kalau ini sih tips aku sebagai  orang yang awam ya. Kebetulan mama aku ini penderita diabmencegah diabetes dengan olahragaetes, jadi keturunan gula darah tinggi itu cukup kental di keluarga aku. Jadi yang aku lakukan dari dulu, satu keluarga itu mengubah asupan gula pasirnya. Jadi gula pasirnya itu kan yang di takutkan yaitu jumlah kalori yang berlebihan bukan rasa manisnya. Kan agak susah dong kita menghindar dari rasa manisnya, akhirnya kita mengganti gula pasirnya dengan gula diet.

Dr. Reisa Broto Asmoro: Tapi mencegah diabetes kita harus mengimbanginya dengan aktifitas fisik dong. Tetap harus dengan berolahraga, kalau bisa setiap hari 1 jam saja minimal. Tidak perlu yang berat –berat jalan kaki saja cukup.

Anya Dwinov: Kirain harus  ke fitness cente, atau pilate

Dr. Reisa Broto Asmoro:  Tidak apa-apa sih kalau kita punya kemampuan, tidak ada salahnya. Tapi kalau fisiknya kita terlalu lelah terlalu padat jadwalnya. cukup jalan –jalan di sekitar rumah saja tidak perlu menghabiskan biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!