Terhindar Dari Komplikasi Dengan Diet Diabetes Melitus Yang Menyenangkan

Diet selalu diartikan dengan pengurangan porsi makanan. Namun perlu diingat bahwa pengurangan porsi makanan yang dilakukan nantinya tidak akan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi. Bagaimana dengan diet untuk diabetes? Apakah nantinya juga akan dilakukan pengurangan porsi makanan jenis tertentu?

Sebelum membahas mengenai porsi makanan dan jenis makanan apa saja yang perlu ditambah ketika menjalani diet DM, alangkah baiknya jika anda mengetahui tujuan dilakukannya diet untuk penderita diabetes ini. Diet bagi penderita diabetes dilakukan tentunya untuk mengupayakan kestabilan kadar gula darah penderita. Seperti telah diketahui sebelumnya bahwa kadar gula darah penderita kencing manis meningkat drastis karena tidak ada lagi yang bertugas mengontrolnya.

Di saat peningkatan kadar gula darah terus terjadi, maka diet sehat penderita diabetes perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya peningkatan gula darah secara terus menerus. Hal ini karena dengan meningkatnya kadar gula darah maka akan semakin mempertinggi resiko munculnya komplikasi diabetes yang bisa datang kapan saja.

Gandum kaya akan karbohidrat kompleks yang tidak akan Meningkatkan kadar gula darahMengingat diet penderita diabetes yang dilakukan bertujuan untuk mengupayakan kestabilan kadar gula darah penderita, maka sudah seharusnya jika makanan yang dikonsumsi harus diatur. Dengan kata lain, ketika menjalani diet diabet tersebut, penderita harus benar-benar memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Begitu juga halnya dengan minuman. Lalu apa saja jenis makanan diet untuk diabetes dan minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika menjalani diet diabetes?

Gandum

Masyarakat indonesia sebagian besar mengkonsumsi nasi putih sebagai sumber karbohidrat mereka. Konsumsi nasi putih secara terus menerus ini sebenarnya tidak akan menjadi masalah ketika belum menderita kencing manis. Namun ketika menderita penyakit gula darah ini, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi nasi. Tujuannya jelas sekali untuk menstabilkan kadar gula darah.

Bapak Ibu

  

Sebagai pengganti nasi, penderita dapat memilih antara gandum atau beras merah. Keduanya juga mengandung karbohidrat. Hanya saja tipe karbohidrat yang dikandung keduanya berbeda dengan tipe karbohidrat yang ada pada nasi.

Gandum kaya akan karbohidrat kompleks yang tidak akan menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Sementara itu, gandum juga kaya akan serat. Serat selain dapat membantu membakar lebih banyak lemak yang tersimpan dalam tubuh juga dapat menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga kadar gula darah pun diharapkan akan dapat selalu stabil dengan masuknya serat ini.

Jeruk

Buah jeruk terkenal kaya akan vitamin C. Vitamin C sendiri berfungsi dalam hal meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat proses penyembuhan penyakit dan luka, serta sebagai antikosidan. Bagaimana dengan manfaat buah jeruk bagi penderita kencing manis? Apakah akan sama halnya dengan manfaat yang diberikan pada non penderita kencing manis?

Terkait dengan hal tersebut, konsumsi buah jeruk pada penderita diabetes justru sangat dianjurkan. Selain tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah, buah jeruk juga dapat meningkatkan kekebalan penderita terhadap berbagai macam penyakit dan juga infeksi.

Brokoli

diet diabetes melitusSeperti halnya sayuran lainnya, brokoli juga kaya akan serat. Kandungan serat dalam brokoli sangat baik bagi penderita penyakit gula darah karena dapat menghambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah. Selain kandungan seratnya tersebut, brokoli juga mengandung lutein, suatu senyawa sejenis karotenoid yang terbukti dapat menurunkan kadar gula darah. Selain itu, karotenoid berfungsi dalam hal memperbaiki penglihatan. Inilah salah satu alasan mengapa kemudian konsumsi brokoli secara rutin sangat dianjurkan.

Perlu diketahui bahwa gangguan penglihatan sangat identik dengan penderita diabetes. Mengapa? Hal ini karena dengan adanya gula berlebih dalam aliran darah maka akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah yang terjadi pada pembuluh darah yang menuju mata, khususnya retina akan menyebabkan gangguan penglihatan yang dapat berujung pada kebutaan permanen. Oleh karena itu dengan konsumsi brokoli secara rutin, resiko gangguan penglihatan yang lebih parah dan bahkan kebutaan dapat dikurangi secara bertahap.

==> Klik Di Sini untuk terhindar dari komplikasi diabetes <==

Buah

Konsumsi buah pada penderita kencing manis memang tidak dilarang. Hanya saja terdapat jenis buah tertentu yang konsumsinya justru akan dapat meningkatkan kadar gula darah penderita. Buah seperti durian, nanas, mangga, sirsak dan pisang nantinya akan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Hal ini terkait dengan kandungan glukosa yang sangat tinggi.

Bagaimana dengan mengkudu? Berbeda halnya dengan 5 jenis buah sebelumnya, konsumsi mengkudu tidak akan menyebabkan adanya peningkatan kadar gula darah. Sebaliknya konsumsi mengkudu justru dapat membantu menurunkan kadar gula darah penderita. Terkait dengan khasiat mengkudu yang dapat menjadi obat sakit diabetes melitus ini sebenarnya khasiat tersebut sudah diketahui sejak lama.

Berdasarkan khasiat tersebut kemudian penelitian lebih lanjut diadakan guna membuktikan kebenaran khasiat mengkudu. Hasilnya memang benar mengkudu dapat menurunkan kadar gula darah. Namun khasiat ini hanya ditemukan pada mengkudu jenis terbaik. Salah satu produk kesehatan yang menggunakan mengkudu jenis terbaik sebagai komposisinya adalah Tahitian Noni.

Selain Tahitian Noni Juice sebenarnya masih banyak produk kesehatan lainnya yang menggunakan komposisi serupa namun hanya Tahitian Noni yang telah mendapatkan hak paten khasiat secara resmi dan juga penggunaannya telah dianjurkan oleh Uni Eropa dan WHO. Oleh karena itu, jus buah mengkudu ini dapat menjadi solusi terbaik bagi anda untuk dapat terbebas dari diabetes dan juga sebagai pencegahan terhadap penyakit lainnya.

Klik DI SINI Sekarang Juga untuk memiliki badan yang fit dan kembali bertenaga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!