Tips Praktis Menjalankan Diet Diabetes Melitus Tipe 2

Penyakit diabetes merupakan penyakit gangguan metabolisme gula yang kemudian menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Lonjakan kadar gula darah yang terjadi dapat menyebabkan munculnya beberapa komplikasi akut. Karenanya kemudian penderita disarankan untuk tetap menjaga kestabilan kadar gula darahnya. Salah satu upaya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah penderita adalah dengan cara melakukan diet diabetes.

Diet diabetes yang perlu dijalani sebenarnya berlaku untuk semua jenis diabetes yang ada, baik itu diabetes tipe 1 maupun diabetes melitus tipe 2 meskipun memang akar penyebab keduanya berbeda. Yang paling penting adalah bagaimana menjaga kestabilan kadar gula darah melalui diet diabetes, khususnya diet diabetes melitus tipe 2 sehingga nantinya kadar gula darah dapat tetap stabil. Perlu dipertimbangkan juga beberapa jenis makanan penurun kadar gula darah di bawah ini ketika sedang menjalani diet diabetes.

Beras Merah

diet diabetes melitus tipe 2Beras Merah sangat kaya akan serat. Selain serat, beras merah juga mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat, seperti yang mungkin telah anda ketahui sebelumnya dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Namun lonjakan kadar gula darah yang ada hanya terjadi jika yang masuk ke dalam tubuh adalah karbohidrat sederhana. Hal ini karena karbohidrat sederhana tidak memerlukan proses pencernaan yang lama untuk dapat diubah menjadi gula sehingga cenderung menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Karbohidrat sederhana banyak ditemukan pada nasi putih, roti, mie dan pasta. Karenanya ketika anda sedang menderita kencing manis, maka diharapkan konsumsi makanan jenis tersebut dapat dikurangi. Sebagai gantinya, anda dapat mengkonsumsi beras merah karena kandungan karbohidrat kompleks yang dimilikinya tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Gandum

Layaknya beras merah, gandum juga kaya akan serat. Serat yang ada pada gandum ini nantinya akan sangat berperan dalam hal menjaga kestabilan kadar gula darah. Hal ini karena dengan masuknya serat dalam jumlah yang cukup maka akan dapat menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga lonjakan kadar gula darah dapat dicegah.

Bapak Ibu

  

Selain berfungsi sebagai penurun kadar gula darah, serat yang ada pada gandum juga baik bagi pencernaan. Dengan masuknya serat tersebut, proses pencernaan dan juga penyampaian nutrisi menjadi lancar sehingga manfaatnya pun dirasakan oleh tubuh. Selain itu, serat juga terbukti dapat mencegah konstipasi. Dengan manfaat serat yang ada pada gandum ini, maka sudah seharusnya jika penderita mempertimbangkan konsumsi gandum secara rutin untuk dietnya.

Sayuran Hijau

konsumsi sayuran hijau dalam jumlah yang cukup akan dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darahSayuran hijau juga ternyata kaya akan serat. Dengan begitu, konsumsi sayuran hijau dalam jumlah yang cukup akan dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah. Selain kandungan seratnya yang dapat menjaga kestabilan kadar gula darah, sayuran hijau kaya akan nutrisi penting. Kandungan nutrisi tersebut tentunya sangat berperan dalam hal memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi sehingga resiko malnutrisi dapat dicegah.

Cuka

1 ½ sendok teh cuka setiap hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Khasiat ini ternyata ditemukan berdasarkan hasil penelitian terhadap konsumsi cuka secara rutin pada penderita kencing manis. Karenanya bagi anda yang mungkin baru menyadari khasiat cuka bagi penyakit diabetes yang anda derita sepertinya perlu mempertimbangkan penggunaan cuka dalam masakan anda sehingga kadar gula darah anda dapat tetap stabil.

Cabai

Cabai dikenal sebagai bumbu masakan. Namun akibat rasa pedas yang ditimbulkannya sebagian dari anda mungkin memilih untuk tidak menambahkan cabai pada masakan. Tetapi bagaimana jika ternyata cabai dapat membantu menurunkan kadar gula darah? Tentunya sesekali anda perlu menambahkan cabai ke dalam masakan anda guna membantu menjaga kestabilan kadar gula darah anda.

Wortel

Wortel layaknya jenis sayuran lainnya juga mengandung nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk dapat menjaga fungsinya. Diantara nutrisi penting yang terdapat dalam wortel, salah satunya adalah lutein. Luitein ini sebenarnya merupakan senyawa sejenis karotenoid yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Hal ini terkait dengan fakta bahwa penderita kencing manis menahun dapat mengalami gangguan pada penglihatannya sehingga konsumsi wortel diharapkan dapat mengurangi gangguan penglihatan yang terjadi.

~~ Klik DI SINI untuk terhindar dari komplikasi diabetes ~~

Buah

Konsumsi Alpukat secara Rutin Dapat Membantu Menurunkan Kadar Gula DarahKonsumsi buah pada penderita diabetes sangat dianjurkan terutama ketika penderita sedang menjalani diet diabetes. Namun perlu diingat bahwa terdapat beberapa jenis buah tertentu yang justru dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Buah tersebut adalah pisang, nangka, durian, sirsak dan mangga. Sementara itu, buah-buahan seperti pir, alpukat, apel dan jeruk konsumsinya secara rutin tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah karena kandungan gula dalam buah tersebut lebih rendah.

Selain buah pir, alpukat, apel dan jeruk ternyata masih ada buah lain yang konsumsinya secara rutin dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Buah tersebut adalah mengkudu. Buah ini sebenarnya memang telah dikenal khasiatnya dalam hal menurunkan kadar gula darah sejak ratusan tahun yang lalu. Namun sayangnya tidak semua jenis mengkudu yang ada dapat memberikan manfaat yang sama bagi kesehatan.

Terkait dengan hal tersebut kemudian penelitian lebih lanjut dilakukan pada buah mengkudu terbaik guna membuktikan khasiat yang diberikan dalam hal menurunkan kadar gula darah. Hasilnya memang hanya buah mengkudu pilihan lah yang benar-benar mampu menstabilkan kadar gula darah. Dari hasil penelitian tersebut kemudian lahirlah sebuah produk kesehatan dengan label Tahitian Noni.

Sebagai produk kesehatan berbahan dasar buah mengkudu pilihan, Tahitian Noni telah secara klinis teruji khasiatnya. Bahkan ketika dujicobakan pada 27000 pasien penderita berbagai macam penyakit, 82% diantaranya yang menderita diabetes dapat mengatasi penyakit yang diderita. Tentunya hal yang sama dapat anda peroleh jika anda mengkonsumsi obat gula darah tinggi yang dibuat dari jus buah mengkudu ini secara rutin.

Tidak perlu khawatir dengan penggunaannya secara rutin karena jus buah mengkudu ini aman dikonsumsi bersama dengan obat dokter. Bahkan dokter dokter di seluruh dunia pun telah menyarankan penggunaannya sebagai pendamping obat dokter untuk mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk juga penyakit kencing manis.

KLIK DI SINI untuk mengalahkan diabetes Anda Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!