2 Jenis Obat Penyebab Gula Darah (Diabetes)

Penyebab gula darah yang meningkat ternyata bukan hanya gangguan metabolisme akibat kerusakan sel beta pankreas dan/atau resistensi insulin, melainkan juga termasuk penggunaan obat jenis tertentu. Fakta ini diperoleh berdasarkan hasil penelitian terhadap beberapa jenis obat. Berikut ini dua diantaranya.

Statin

Penyebab Gula DarahPenggunaan statin dalam jangka waktu yang lama ternyata dapat meningkatkan resiko diabetes pada wanita yang telah melewati masa menopause. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan obat tersebut dapat meningkatkan resiko diabetes sampai 71%, sehingga kemudian wajar jika ia dianggap sebagai salah satu . Karenanya anda diminta untuk tidak menggunakan obat jenis statin ini, apapun alasannya, mengingat ketika resiko diabetes meningkat, maka kemungkinan untuk menderita penyakit tersebut akan semakin besar.

Sementara itu, ketika seseorang menderita penyakit gula darah, maka akan sangat sulit baginya untuk mengobati penyakit diabetes yang dideritanya tersebut. Apalagi dengan adanya fakta terkait pengobatan diabetes yang ternyata hanya mampu menurunkan gula darah, bukan mengatasi langsung akar penyebabnya. Karenanya larangan untuk tidak menggunakan obat jenis statin tersebut bisa menjadi salah satu tips mencegah diabetes melitus.

Anti Depresan

Obat anti depresan merupakan obat yang sangat efektif untuk mencegah depresi. Namun ternyata ia dapat menjadi salah satu penyebab penyakit kencing manis atau diabetes. Fakta terkait obat anti depresan yang dianggap sebagai penyebab gula darah meningkat tersebut sebenarnya sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian. Hasil penelitian kemudian menunjukkan bahwa seseorang yang sering menggunakan obat anti depresan memiliki resiko dua sampai tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan obat tersebut.

Dengan mengetahui bahwa obat anti depresan merupakan penyebab penyakit gula darah, maka sangat disarankan untuk segera membatasi penggunaannya. Sementara untuk mencegah depresi, akan lebih baik jika mengaplikasikan cara alami. Cara ini bukan hanya terbukti lebih aman, tetapi juga sangat efektif dalam hal mencegah depresi.

Bapak Ibu

  

Depresi sendiri merupakan salah satu faktor resiko diabetes melitus yang sebenarnya dapat dihindari dengan mudah, baik oleh non-penderita diabetes maupun penderita diabetes. Khusus untuk penderita diabetes, depresi dapat dicegah dengan melakukan senam diabetes mellitus. Senam khusus untuk penderita diabetes ini nantinya tidak hanya membantu mencegah depresi, tetapi juga dapat berperan sebagai obat alternatif diabetes, khususnya dalam hal menurunkan gula darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!