3 Akibat Diabetes Mellitus

Pernah terpikirkan mengenai akibat penyakit diabetes mellitus? Bagi penderita penyakit kencing manis tentunya hal ini merupakan dampak diabetes mellitus yang paling ditakutkan. Karenanya penderita diminta untuk mengenal diabetes dengan baik, sehingga pemahaman penderita tidak hanya terbatas pada pengobatan yang harus dijalani, tetapi juga mengenai resiko komplikasi. Berikut ini beberapa bentuk komplikasi atau akibat diabetes mellitus yang sebaiknya dicegah.

Menurunnya Daya Ingat

Akibat Diabetes MellitusLonjakan gula darah yang terjadi pada penderita diabetes dapat terdeteksi dengan baik menggunakan alat tes gula darah. Karenanya sebisa mungkin penderita harus selalu melakukan kontrol terhadap kadar gula darahnya. Hal ini dilakukan guna mengetahui seberapa besar kemajuan kesehatan yang dialami setelah menjalani pengobatan diabetes, baik pengobatan medis maupun pengobatan alternatif diabetes.

Selain melalui alat cek gula darah, penderita juga dapat mengetahui perkembangan gula darahnya dengan melihat frekuensi munculnya gejala penyakit diabetes melitus pada anak. Jika gejala semakin sering muncul, maka itu artinya kadar gula darah tidak terkontrol dengan baik. Jika hal ini terjadi, akibatnya tidak akan baik bagi penderita sendiri, mengingat kadar gula darah yang tidak terkontrol dengan baik dapat mengurangi daya ingat. agar salah satu komplikasi diabetes ini dapat berkurang resikonya atau bahkan dicegah, maka penderita perlu melakukan kontrol terhadap gula darahnya. Salah satunya dengan melakukan senam diabetes mellitus secara teratur.

Penurunan Volume Otak

Akibat diabetes mellitus lainnya juga termasuk penurunan volume otak. Biasanya komplikasi ini dialami oleh pasien penderita diabetes yang berusia lanjut. Meski demikian, bukan berarti bahwa komplikasi ini hanya terjadi pada lansia. Jika kadar gula darah tidak terkontrol dengan baik, maka akan semakin besar kemungkinan bagi pasien diabetes yang masih dalam usia produktif untuk mengalami komplikasi tersebut.

Disfungsi Ginjal

Disfungsi atau kerusakan ginjal merupakan akibat penyakit diabetes melitus yang paling sering dialami oleh penderita. Hal ini umumnya terjadi karena penderita tidak melakukan kontrol terhadap gula darahnya, sehingga kadar gula darah terus mengalami lonjakan yang cukup drastis. Ketika lonjakan gula darah terus menerus terjadi, maka akan semakin banyak gula yang berada dalam aliran darah. inilah nantinya yang akan memicu penyumbatan pembuluh darah pada nefron ginjal. Nefron nantinya akan pecah dan akibatnya fungsi ginjal akan terhambat.

Bapak Ibu

  

Guna mencegah hal tersebut terjadi, maka satu-satunya cara yang harus dilakukan adalah melakukan pengendalian terhadap gula darah. Hal ini dapat ditempuh dengan menjalani pengobatan secara rutin yang juga diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!