3 Akibat Retinopati Diabetes

Retinopati diabetes merupakan salah satu akibat diabetes mellitus yang sebenarnya dapat dicegah. Namun upaya pencegahan tersebut seringkali gagal dilakukan. Hal ini terjadi ketika lonjakan gula darah yang dialami tidak segera ditangani dengan baik, sehingga kemudian mempengaruhi fungsi penglihatan penderita. Awalnya memang hanya terasa seperti gangguan penglihatan biasa. Namun jika tidak segera diatasi, maka retinopati dapat memicu masalah penglihatan lainnya. Berikut ini tiga akibat retinopati yang tidak segera ditangani dengan baik.

Fungsi Retina Berkurang

Retinopati DiabetesRetinopati diabetes yang tidak segera ditangani dengan baik akan merusak fungsi retina sebagai lensa mata. Dengan fungsinya sebagai lensa mata tersebut, maka kerusakan yang terjadi dapat mengurangi penglihatan diabetes melitus tipe 2. Hal ini sebenarnya dapat dicegah dengan mengendalikan kadar gula darah. Caranya adalah dengan menjalani pengobatan kencing manis yang juga diimbangi dengan mengkonsumsi makanan sehat bagi penderita diabetes.

Selain dengan menggunakan obat sakit diabetes, kadar gula darah juga dapat dikendalikan dengan meningkatkan aktifitas fisik. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga glukosa darah dapat terserap dengan baik. Jika glukosa dapat terserap dengan baik, maka kelebihan glukosa tidak akan lagi terjadi, sehingga resiko mengalami retinopati diabetik pun dapat dicegah.

Pandangan Buram

Selain merusak fungsi retina, akibat retinopati diabetik juga termasuk pandangan yang kurang jelas atau buram. Hal ini tentunya akan dapat mengurangi jarak pandang penderita. Karenanya penderita diabetes yang sering berkendara diharapkan selalu waspada. Jika memang gangguan penglihatan berupa pandangan yang kurang jelas mulai dirasakan, maka sebaiknya penderita segera memeriksakan diri. Dengan begitu, pihak medis dapat mengetahui seberapa parah gangguan penglihatan yang dialami, sehingga penanganan lebih lanjut dapat segera diberikan.

Kebutaan Permanen

Kebutaan permanen merupakan akibat retinopati diabetes yang tidak segera memperoleh penanganan yang tepat. Hal ini terjadi ketika pembuluh darah halus retina pecah akibat meningkatnya tekanan darah. Pecahnya pembuluh darah retina tersebut nantinya dapat merusak fungsi retina secara keseluruhan, sehingga kerusakan yang terjadi tidak dapat diperbaiki. Inilah yang kemudian menyebabkan hilangnya penglihatan penderita. Karenanya ketika gangguan penglihatan masih dalam kategori ringan, pemeriksaan mata hendaknya segera dilakukan secara rutin.

Bapak Ibu

  

Manfaat pemeriksaan mata yang dilakukan bukan hanya terbatas untuk mengurangi resiko kebutaan dan akibat retinopati lainnya, melainkan juga termasuk pengendalian terhadap gula darah. Selain itu, penanganan terhadap gangguan penglihatan yang dialami juga biasanya akan diberikan ketika masih dalam tahap awal. Sementara ketika sudah terjadi gangguan penglihatan yang cukup parah, maka penanganan medis – apapun bentuknya – tidak akan mampu mengembalikan penglihatan penderita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!