3 Masalah yang Mungkin Timbul Akibat Senam Diabetes Mellitus

Senam diabetes mellitus merupakan jenis senam yang dirancang khusus untuk penderita kencing manis. Selain obat herbal diabetes, Senam untuk penderita diabetes mellitus ini nantinya dapat memberikan manfaat dalam hal mengurangi frekuensi munculnya gejala penyakit kencing manis. Selain itu, ia juga dapat membantu mencegah timbulnya komplikasi diabetes melitus yang biasanya dialami penderita, akibat lonjakan gula darah yang tidak segera ditangani. Meski banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan senam tersebut, terdapat beberapa masalah yang mungkin dialami penderita, khususnya jika senam tidak dilakukan dengan benar. Berikut ini tiga diantaranya.

Luka Ringan

Senam diabetes mellitusKetika melakukan senam diabetes mellitus, penderita akan sangat rentan mengalami luka, meski hanya luka ringan. Namun justru karena luka yang dialami masih tergolong ringan, penderita seringkali tidak menyadari kehadirannya. Inilah yang nantinya dapat memicu berkembangnya luka tersebut menjadi gangren atau ulkus diabetes. Berbeda dengan luka ringan, ulkus diabetes akan lebih sukar diatasi, mengingat lonjakan gula darah yang dialami penderita akan semakin meningkatkan resiko terjadinya infeksi pada luka tersebut.

Guna menghindari terjadinya luka saat melakukan senam untuk penderita diabetes mellitus tersebut, maka penderita hendaknya selalu memakai alas kaki yang nyaman. Selain itu, pertimbangkan juga penggunaan kaos kaki. Akan lebih baik lagi jika dipilih kaos kaki berbahan lembut dan yang mampu menyerap keringat, sehingga kaki penderita tetap kering. Hal ini juga berlaku untuk bahan alas kaki yang digunakan. Pilihlah yang berbahan lentur, sehingga dapat mengurangi gesekan pada kaki penderita.

Dehidrasi

Penyebab penyakit kencing manis atau diabetes adalah kerusakan sel beta pankreas dan/atau resistensi insulin, yang kemudian menyebabkan terjadinya lonjakan gula darah. Lonjakan gula darah tersebut sebenarnya merupakan petunjuk bahwa proses metabolisme glukosa di dalam tubuh tidak berjalan dengan baik, sehingga glukosa tetap berada dalam aliran darah. Padahal ia seharusnya dapat diserap kembali oleh sel untuk diproses menjadi energi.

Dengan masuknya glukosa ke dalam aliran darah, maka darah akan menjadi lebih kental. Hal ini berdampak kurang baik bagi tubuh. Guna mengurangi dampak negatif kelebihan gula dalam darah tersebut, maka tubuh menugaskan ginjal untuk menyaring kelebihan gula darah. Kelebihan gula darah tersebut nantinya akan dibuang bersama dengan urin. Urin nantinya akan menjadi lebih pekat. Untuk mengencerkannya, tubuh akan menarik lebih banyak cairan yang dimiliki. Hal inilah yang dapat memicu dehidrasi pada penderita diabetes.

Bapak Ibu

  

Dari penjelasan singkat tersebut, maka dapat diketahui bahwa resiko dehidrasi akan semakin meningkat pada penderita diabetes. Karenanya penderita diminta waspada ketika melakukan senam untuk penderita diabetes, mengingat dehidrasi bisa saja dialami saat sedang melakukan gerakan senam. Guna mengurangi resiko dehidrasi yang dapat timbul selama melakukan senam, sangat disarankan bagi penderita untuk selalu membawa botol minuman.

Hipoglikemia

Selain dapat mengalami luka ringan dan dehidrasi, penderita juga sangat rentan untuk mengalami hipoglikemia. Meski nantinya hipoglikemia dapat diatasi dengan mengkonsumsi tablet glukosa, makanan manis atau bahkan buah buahan untuk diabetes, ia tetap harus dihindari. Hal ini tentunya demi kenyamanan penderita saat melakukan senam, sekaligus untuk mengoptimalkan manfaat kesehatan agar sesuai dengan yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!