4 Sayur Untuk Diabetes

Konsumsi sayuran, khususnya sayuran yang termasuk kategori sayur untuk diabetes, sangat dianjurkan. Kandungan serat sayuran untuk diabetes tersebut bisa dibilang sangat tinggi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh akan serat. Dengan asupan serat yang cukup, maka pencernaan pun dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, serat juga berfungsi menghambat pelepasan glukosa ke dalam darah, sehingga kadar gula darah dapat kembali mendekati stabil. Karenanya penderita diharapkan dapat meningkatkan konsumsi sayuran, khususnya 4 sayuran untuk penderita diabetes melitus berikut ini.

Jamur

Jamur mungkin tidak dianggap sebagai salah satu sayur untuk penderita diabetes, mengingat ia tidak memiliki zat hijau daun atau klorofil. Namun siapa sangka ternyata kandungan nutrisinya sebanding dengan kandungan nutrisi pada sayuran hijau. Jamur mengandung vitamin B kompleks yang berfungsi mengurangi kebutuhan tubuh akan insulin, sehingga indeks lelah pankreas dapat dikurangi. Hal ini tentunya dapat membantu menjaga fungsi pankreas, mengingat meningkatnya indeks lelah pankreas merupakan salah satu faktor resiko diabetes melitus.

Kubis

Sebagai salah satu sayur untuk diabetes, kubis dikenal kaya akan kandungan vitamin C. Asupan vitamin C tersebut nantinya dapat berfungsi sebagai antioksidan yang akan melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Apalagi dengan menderita penyakit diabetes, tubuh akan menjadi sangat rentan terhadap infeksi. Dengan konsumsi kubis, maka diharapkan asupan vitamin C dapat selalu terpenuhi dengan baik, sehingga resiko terkena infeksi, khususnya yang dapat memicu gangguan metabolisme, dapat dikurangi. Dengan begitu, frekuensi munculnya gejala diabetes, baik gejala diabetes pada anak maupun pada orang dewasa, dapat dikurangi.

Asparagus

Asparagus juga dikenal kaya akan vitamin C. selain berfungsi sebagai antioksidan, asupan vitamin C yang diperoleh dari sayuran tersebut nantinya dapat membantu penderita mengurangi terjadinya komplikasi vaskuler. Komplikasi ini seringkali dialami oleh penderita diabetes, mengingat lonjakan gula darah akan semakin meningkatkan resiko terjadinya gangguan vaskuler. Dengan manfaat kesehatan yang diberikannya tersebut, maka asparagus bisa dimanfaatkan sebagai obat diabetes pada anak, terutama untuk mengurangi komplikasi vaskuler pada penderita.

Bayam

Bayam bisa dibilang jenis sayuran yang paling mudah didapat. Namun sayuran ini juga merupakan jenis sayuran yang paling jarang dikonsumsi. Padahal manfaatnya sangat beragam, khususnya bagi penderita diabetes.

Bapak Ibu

  

Bayam kaya akan vitamin C dan E serta magnesium. Dengan kandungan nutrisinya tersebut, bayam dapat membantu mengurangi resiko komplikasi pada penderita diabetes dengan melindungi tubuh penderita dari serangan radikal bebas. Selain itu, kandungan magnesium yang diperoleh bayam diyakini dapat mencegah kerusakan organ dan saraf yang seringkali juga dialami oleh penderita. Dengan manfaatnya yang cukup beragam tersebut, maka bayam nantinya bisa dimanfaatkan sebagai bahan terapi diabetes mellitus guna mencegah terjadinya komplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!