5 Buah Diabetes

Pernah mendengar istilah buah diabetes? Buah diabetes sebenarnya hanya istilah yang diberikan untuk membedakan jenis buah yang baik dikonsumsi penderita diabetes dengan buah yang seharusnya dihindari. Konsumsi buah tersebut nantinya diharapkan dapat membantu upaya menjaga kestabilan gula darah penderita, mengingat dengan menjalani Obat Diabetes Oral saja tidaklah cukup. Berikut ini 5 buah yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita.

Pisang

Buah DiabetesPisang tergolong sebagai buah diabetes karena kandungan potasiumnya yang cukup tinggi. Asupan potasium ini nantinya akan bermanfaat dalam hal meningkatkan sensitifitas insulin. seperti yang mungkin sudah anda pahami sebelumnya bahwa berkurangnya sensitifitas insulin merupakan penyebab penyakit diabetes pada anak DM tipe 2. Karenanya dengan asupan potasium dalam jumlah yang cukup diharapkan dapat membantu mengembalikan sensitifitas insulin tersebut, sehingga kinerjanya akan kembali optimal.

Selain dapat dinikmati sebagai buah atau diolah sebagai kudapan sehat, pisang juga dapat dinikmati sebagai pengganti pemanis yang biasa anda gunakan. Atau jika penderita tidak begitu menyukai rasa manis yang berasal dari pisang, maka penderita dapat menggunakan madu untuk penderita diabetes, sehingga diharapkan dapat mengurangi penggunaan pemanis yang tidak sehat lainnya.

Kurma

Buah kurma selain memiliki rasa manis yang dapat dimanfaatkan sebagai gula pengganti ternyata juga sangat kaya akan potasium. Seperti halnya kandungan potasium pada pisang, potasium yang diperoleh dari buah kurma ini nantinya juga dapat membantu meningkatkan sensitifitas insulin. dengan kembali meningkatnya sensitifitas insulin tersebut, maka buah kurma tidak hanya dapat berfungsi sebagai , tetapi juga dapat membantu mencegah diabetes melitus itu sendiri.

Kiwi

Sama halnya dengan brokoli dan bayam yang merupakan sayuran untuk penderita diabetes, buah kiwi ternyata juga kaya akan vitamin E. Vitamin yang satu ini dapat berfungsi sebagai antioksidan yang nantinya membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Ditambah lagi fungsi antikoagulasinya dapat mencegah terjadinya pembengkakan pada luka diabetes yang dialami penderita.

Bapak Ibu

  

Alpukat

Alpukat biasanya diolah sebagai jus. Namun siapa sangka ternyata buah ini mengandung vitamin B6 yang dapat membantu mengurangi kebutuhan tubuh akan insulin. Dengan berkurangnya kebutuhan tubuh akan insulin, maka kadar gula darah tidak lagi mengalami lonjakan yang cukup drastis. Selain itu, fungsi sel beta pankreas sebagai kelenjar yang bertugas mensekresikan insulin dalam jumlah yang cukup juga dapat terlindungi dari kerusakan.

Mangga

Mangga seringkali dihindari konsumsinya karena kadar kalorinya yang cukup tinggi. Namun konsumsi buah yang satu ini tetap dapat dilakukan, mengingat kandungan antioksidannya yang berasal dari vitamin C dan vitamin E sangatlah tinggi. Antioksidan tersebut nantinya tidak hanya akan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, tetapi juga dapat membantu mengoptimalkan hasil pengobatan yang sedang dijalani. Apalagi jika diimbangi dengan olahraga seperti misalnya melakukan senam diabetes melitus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!