5 Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Mengkonsumsi makanan sehat bagi penderita diabetes merupakan salah satu cara mengendalikan gula darah. Dengan mengkonsumsi makanan sehat tersebut, maka penggunaan obat penyakit diabetes kering nantinya dapat dikurangi dosisnya. Dengan pengurangan dosis tersebut, maka efek ketergantungan yang ditimbulkan juga dapat berkurang. Karenanya penderita diharapkan mau mengkonsumsi jenis makanan sehat yang akan kami rangkum dalam info diabetes kali ini. Berikut 5 makanan sehat yang bisa menjadi pilihan penderita.

Kari

makanan sehat bagi penderita diabetesMakanan sehat bagi penderita diabetes yang pertama adalah kari. Makanan asli India ini sebenarnya dianggap sehat karena penggunaan kunyit yang diyakini memiliki efek anti inflamasi. Fungsi ini nantinya dapat bermanfaat dalam hal pencegahan infeksi terhadap luka diabetes yang umumnya dialami oleh penderita.

Lebih lanjut, kandungan antioksidan kunyit yang sangat tinggi dapat membantu mencegah terjadinya gangguan pada organ lainnya akibat lonjakan gula darah yang terjadi. Salah satu gangguan yang nantinya dapat dicegah adalah diabetik retinopati atau yang lebih sering dikenal dengan retinopati diabetes.

Kopi

Makanan sehat bagi penderita diabetes selanjutnya adalah kopi yang sebenarnya lebih tepat disebut minuman. Khasiat kopi bagi penderita diabetes nantinya akan sangat erat hubungannya dengan kandungan kafein yang dimiliki. Berdasarkan salah satu dari tujuh hipotesis yang diajukan oleh para ahli medis menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan penggunaan energi di dalam tubuh, sekaligus meningkatkan metabolisme pembentukan energi tersebut.

Meski kopi sudah dianggap sebagai salah satu makanan diabetes, hendaknya perlu diketahui bahwa konsumsi kopi yang dibarengi dengan kebiasaan merokok dan minum minuman alkohol justru akan mengurangi manfaatnya. Oleh karena itu, kedua kebiasaan tersebut harus segera ditinggalkan, agar kebiasaan minum kopi dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, khususnya dalam hal menurunkan gula darah.

Bapak Ibu

  

Mangga

Selain kari dan kopi, buah mangga ternyata dapat menjadi pilihan makanan untuk penderita diabetes. Kandungan vitamin C dan vitamin E dalam buah mangga bisa dibilang sangat memadai untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin. Selain itu, kedua vitamin tersebut sudah sangat populer sebagai penghasil antioksidan, yang nantinya dapat berperan serta dalam hal melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Pisang

Makanan sehat untuk penderita diabetes selanjutnya adalah pisang. Dianggap sebagai makanan sehat karena kandungan potasium buah pisang sangatlah tinggi. Asupan potasium sendiri sangatlah penting fungsi dan peranannya, mengingat ia dapat membantu meningkatkan sensitifitas insulin, sehingga kinerja insulin dapat semakin optimal dalam menjaga kestabilan gula darah.

Kacang

Kacang biasanya dianggap sebagai makanan yang dapat meningkatkan kadar lemak di dalam tubuh. Padahal lemak yang diperoleh dari kacang sebenarnya merupakan jenis lemak tak jenuh yang sangat baik bagi kesehatan. Selain itu, kacang juga kaya akan vitamin E yang nantinya dapat memproteksi tubuh dari serangan radikal bebas, sehingga tubuh tidak akan mudah terkena infeksi maupun gangguan kesehatan. Karenanya jangan pernah takut lagi untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!