Cara Menanggulangi Diabetes dengan Asupan Nutrisi

Pengobatan medis ternyata bukanlah satu-satunya cara menanggulangi diabetes. masih ada cara lain yang perlu diupayakan oleh penderita agar hasil pengobatan yang dijalani semakin optimal dalam hal menurunkan gula darah. Salah satu cara menanggulangi penyakit diabetes yang dimaksud adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tertentu. Apa saja nutrisi yang diperlukan? Berikut ini diantaranya.

Vitamin B Kompleks

Sebagai salah satu cara menanggulangi diabetes, asupan vitamin B kompleks ternyata harus selalu dipenuhi oleh penderita. Asupan vitamin ini dapat diperoleh melalui makanan yang dikonsumsi seperti daging ayam, jamur, oat dan avocado, yang juga termasuk dalam daftar menu diet untuk penderita diabetes.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. John Ellis, M.D diketahui bahwa asupan vitamin B kompleks, salah satu contohnya vitamin B6, dapat membantu mengurangi kebutuhan tubuh akan insulin. Hal ini tentunya akan dapat memberikan manfaat ganda bagi tubuh, yaitu kestabilan gula darah dan fungsi sel beta pankreas yang tetap terpelihara dengan baik.

Selain vitamin B6, jenis vitamin B kompleks lainnya, yaitu biotin terbukti mampu membantu tubuh dalam hal penggunaan glukosa. Ia juga berperan dalam hal pencegahan sekaligus penanganan neuropati perifer yang biasanya dialami penderita diabetes. Neuropati perifer sendiri sebenarnya berhubungan dengan penyebab retinopati diabetik, sehingga ketika ia dapat dicegah, maka dampaknya akan sangat positif terhadap berkurangnya resiko retinopati atau gangguan pada penglihatan tersebut.

Vitamin C

Vitamin C sudah sangat dikenal berkat kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Namun siapa sangka ternyata ia dapat digunakan sebagai salah satu penyembuhan penyakit diabetes, khususnya dalam hal mengurangi gejala diabetes dan pencegahannya. Selain manfaat yang diperoleh dari kandungan antioksidannya tersebut, vitamin C terbukti mampu mencegah gangguan vaskuler yang biasanya dialami penderita diabetes. sementara itu, kekurangan vitamin C diyakini dapat memicu berkurangnya produksi insulin di dalam tubuh.

Bapak Ibu

  

Dengan manfaatnya yang cukup beragam tersebut, maka sangat wajar jika kemudian asupan vitamin C dalam jumlah yang cukup termasuk dalam penanganan penyakit diabetes melitus. oleh karena itu, penderita hendaknya mulai memperhatikan asupan vitamin C yang diperoleh setiap harinya. Asupan dalam jumlah yang cukup dapat diupayakan dengan memilih jenis makanan yang tepat sekaligus menjalani diet pada diabetes melitus.

Vitamin E

Vitamin E tidak hanya kaya akan kandungan antioksidan, tetapi juga memiliki fungsi antikoagulasi yang dapat membantu mencegah gangguan pada penglihatan dan ginjal. Asupan vitamin E dalam jumlah yang cukup dapat diperoleh dengan mengkonsumsi bayam, almond, brokoli, buah kiwi dan tomat.

Magnesium

Selain asupan vitamin, asupan mineral juga diperlukan untuk membantu mengatasi penyakit diabetes. salah satu mineral yang perlu diperoleh dalam jumlah yang cukup adalah magnesium. Mineral ini nantinya berfungsi sebagai penyokong dan pelindung sistem kardiovaskuler, sehingga gangguan kardiovaskuler yang biasanya dialami penderita diabetes dapat dicegah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!