Makanan yang Dapat Meringankan Gejala Diabetes Mellitus

Munculnya gejala diabetes mellitus memang seringkali menyusahkan penderita. Namun apa boleh buat? Terjadinya lonjakan gula darah yang cukup drastis memang sudah terlanjur dialami. Jadi jika ingin meringankan gejala penyakit diabetes mellitus yang muncul, penderita harus tahu Cara Mengobati Diabetes untuk meringankannya. Salah satunya dengan menyusun menu makanan penderita diabetes yang terdiri dari makanan sehat kaya nutrisi. Untuk memudahkan pemilihan menu tersebut, berikut ini akan kami berikan beberapa referensi makanan sehat yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi penderita.

Beras Merah

Gejala Diabetes MellitusSeperti yang sudah dikemukakan sebelumnya bahwa untuk membantu meringankan gejala sakit diabetes mellitus yang seringkali muncul, maka penderita harus mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Salah satu makanan tersebut adalah beras merah. Kandungan karbohidrat kompleksnya yang diimbangi dengan kandungan serat yang cukup tinggi tentunya akan dapat mencegah terjadinya pelepasan glukosa ke dalam aliran darah. dengan begitu, kadar glukosa darah tidak akan terus menerus mengalami lonjakan yang cukup drastis.

Ketika lonjakan glukosa atau gula darah dapat dicegah dengan baik, maka dampaknya akan sangat terasa pada yang biasanya muncul. Gejala diabetes mellitus tersebut nantinya akan berkurang frekuensinya, sehingga penderita tidak akan lagi merasa tersiksa, khususnya jika harus terlalu sering buang air kecil di malam hari.

Gandum Havermut

Makanan sehat kedua yang juga perlu dipertimbangkan konsumsinya oleh penderita adalah gandum havermut. Sama halnya dengan beras merah, makanan yang satu ini dapat menjadi sumber serat bagi penderita. Dengan begitu, asupan serat yang diterima tubuh tidak akan mengalami defisit. Dampaknya pun akan sangat terasa pada gejala yang muncul. Selain itu, penderita nantinya juga dapat mengurangi resiko munculnya komplikasi atau akibat penyakit diabetes.

Agar Agar

Agar agar dapat menjadi salah satu menu kudapan sehat penderita diabetes tipe 1 dan 2. Kandungan seratnya yang cukup tinggi serta kandungan nutrisi lainnya nantinya akan dapat membantu menjaga kestabilan gula darah penderita, dalam arti mencegah terjadinya lonjakan gula darah kembali. Ketika kadar gula darah sudah dapat dikendalikan dengan baik, maka dampaknya akan sangat positif bagi tubuh, khususnya organ-organ di dalamnya yang sangat rentan mengalami disfungsi, dengan adanya kelebihan gula dalam darah.

Bapak Ibu

  

Hati Ayam

Hati ayam dikenal kaya akan vitamin B kompleks, yaitu B6 yang diketahui dapat mengurangi kebutuhan tubuh akan insulin. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi kebutuhan penderita akan insulin, khususnya bagi penderita diabetes tipe 1 yang mengalami kerusakan sel beta pankreas.

Berbeda halnya dengan penderita diabetes melitus tipe II yang masih mampu memenuhi kebutuhan insulin. Hanya saja tubuhnya mengalami resistensi insulin, sehingga insulin tetap tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Namun dengan asupan vitamin B6 dalam jumlah yang cukup, maka setidaknya indeks lelah pankreas dapat dikurangi, sehingga resiko kerusakan dapat ditekan semaksimal mungkin. Dengan begitu, gejala diabetes yang muncul juga dapat dikurangi frekuensinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!