Tips Mengolah Beras Merah Diabetes

Konsumsi beras merah diabetes memang masih cukup jarang dilakukan. bahkan oleh penderita diabetes sendiri. Padahal kandungan serat dalam beras merah diabetes sangatlah tinggi, sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan serat penderita. Sayangnya hal ini tidak selalu menjadi bahan pertimbangan penderita, khususnya ketika mengupayakan nilai normal gula darah sewaktu lonjakan gula darah masih belum terlalu sering terjadi. Alasannya selain tidak terbiasa juga karena penderita tidak banyak tahu bagaimana cara mengolah beras merah diabetes melitus, sehingga bisa menjadi makanan yang lezat sebagai obat herbal untuk dm. Guna membantu penderita mengatasi hal tersebut, berikut ini kami berikan beberapa tips untuk mengolah beras merah.

Ketahui Cara Memasak yang Benar

Cara memasak atau mengolah bisa jadi memegang peranan yang sangat penting guna menghasilkan sajian beras merah untuk diabetes yang lezat. Karenanya diperlukan teknik khusus untuk memasaknya. Disarankan untuk menghindari proses memasak yang menggunakan peralatan memasak dengan suhu tinggi. Hal ini bertujuan untuk mencegah terurainya karbohidrat kompleks yang ada dalam beras merah untuk penderita diabetes tersebut menjadi karbohidrat sederhana.

Ketika karbohidrat kompleks beras merah terurai menjadi karbohidrat sederhana, maka itu sama saja dengan merubahnya menjadi makanan penyebab penyakit diabetes, mengingat karbohidrat sederhana akan lebih cenderung meningkatkan kadar gula darah. Karenanya akan lebih baik jika ketika memasak penderita meniru cara memasak tradisional. Cara tradisional yang dimaksudkan disini adalah teknik memasak dengan dua kali proses memasak, seperti halnya yang dilakukan oleh orang jaman dulu. Jadi tidak langsung sekali masak seperti yang biasa dilakukan orang modern.

Cara memasak tersebut justru dapat mempercepat terjadinya penguraian karbohidrat kompleks menjadi karbohidrat sederhana, mengingat alat memasak yang digunakan akan menghasilkan suhu yang cukup tinggi. Suhu tinggi inilah yang nantinya akan menguraikan karbohidrat kompleks dalam beras merah, sehingga yang terserap tubuh bukan lagi dalam bentuk karbohidrat kompleks.

Tambahkan Penyedap

Beras merah merupakan salah satu menu diet untuk penderita diabetes, meski ia jarang dikonsumsi. Konsumsi yang jarang dilakukan ini biasanya berhubungan dengan kebiasaan penderita sebelumnya. Selain itu, beberapa dari mereka juga menganggap beras merah memiliki rasa yang sedikit berbeda dengan beras yang biasa dikonsumsi. Hal inilah yang seringkali mengurangi selera makan penderita. Karenanya penambahan penyedap perlu dipertimbangkan guna memperkaya cita rasa beras merah yang akan dikonsumsi.

Bapak Ibu

  

Meski demikian, penderita hendaknya menghindari penggunaan penyedap instan. Akan lebih baik jika digunakan penyedap alami yang berasal dari bawang putih, bawang merah, merica, dan bahan penyedap lainnya. Selain lebih sehat dan kaya rasa, bahan penyedap alami tersebut diyakini dapat membantu menurunkan gula darah pada penderita gejala 2 kencing manis diabetes mellitus.

Kombinasikan dengan Lauk yang Sesuai

Selain cara memasak dan penambahan penyedap, penderita nantinya juga perlu menyesuaikan beras merah yang akan dikonsumsi dengan lauk yang sesuai. Hal ini dilakukan bukan hanya untuk menggugah selera makan penderita, tetapi juga untuk memastikan bahwa lauk yang dipilih tidak akan memicu lonjakan gula darah dan masalah kesehatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!