3 Contoh Menu Diet Diabetes Melitus

Untuk dapat menyusun menu diet diabetes melitus dengan baik diperlukan pemahaman yang cukup. Pemahaman tersebut meliputi pengetahuan akan jenis makanan yang tepat, jumlah kalori berdasarkan kebutuhan, dan cara pengolahan makanan. Pemahaman inilah yang seringkali membuat penderita merasa kesulitan ketika harus menyusun menu diet diabetes melitus tersebut. Namun hendaknya penderita tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan tiga menu makan diet diabetes yang bisa dijadikan sebagai referensi obat tradisional kencing manis.

Menu 1

Menu diet penderita diabetes melitus yang pertama dapat menggunakan bahan makanan seperti hati ayam, telur, beras merah, brokoli dan mentimun. cara pengolahannya sendiri dapat disesuaikan dengan selera penderita. Namun hendaknya penderita menghindari cara mengolah dengan menggoreng, mengingat minyak yang digunakan – apapun jenisnya – akan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Jadi sebaiknya pilih cara pengolahan lainnya yang lebih sehat.

Menu diet untuk diabetes melitus ini nantinya cocok untuk menu makan siang maupun makan malam dan dapat dikonsumsi, baik oleh penderita diabetes melitus 2 maupun penderita diabetes mellitus tipe 1. Sementara untuk menu sarapan, dapat dipilih antara mengkonsumsi hati ayam atau telur bersama sayuran. Hal ini dilakukan untuk mencegah kelebihan kalori, mengingat hati ayam dan telur sama-sama penghasil protein, yang merupakan salah satu bahan penyusun energi.

Menu 2

Menu selanjutnya dapat menggunakan bahan makanan seperti nasi, gandum havermut, agar agar, wortel, seledri, buncis, tomat, daging rendah lemak, dan brokoli. Untuk pengolahan dan penyajiannya, nasi dan gandum havermut bisa dikombinasikan. Atau jika penderita kurang suka mengkonsumsi gandum, gantilah dengan agar agar. Kombinasi dapat dilakukan ketika pengolahan, yaitu dengan membubuhkan beberapa sendok bubuk agar agar warna putih ke dalam beras yang akan ditanak. Cara ini dilakukan guna menambah kadar serat dalam nasi.

Nasi nantinya dapat dikonsumsi bersama dengan sup yang terdiri dari potongan wortel, seledri, buncis dan brokoli yang dilengkapi dengan irisan kecil daging rendah lemak dan tomat. Menu ini sangat cocok dikonsumsi di siang hari, khususnya bagi penderita yang memiliki aktifitas cukup padat. Dengan begitu, diharapkan kebutuhan nutrisinya dapat terpenuhi dengan baik sekaligus menjaga kestabilan gula darahnya, mengingat gula darah adalah kunci penanganan penyakit diabetes. Artinya ketika kadar gula darah dapat dikendalikan, maka masalah kesehatan lainnya yang berhubungan dengan gula darah akan dapat dihindari.

Bapak Ibu

  

Menu 3

Menu diet yang ketiga kami rancang khusus untuk membantu penderita memilih kudapan yang sehat. untuk itu kami sarankan agar penderita menghindari makanan instan, makanan ringan, es krim dan camilan tidak sehat lainnya. Akan lebih baik jika penderita mengkonsumsi jus buah tanpa gula, cake labu kuning, pancake rendah kalori, dan asinan buah atau sayuran. Meski demikian, pertimbangkan kembali penggunaan garam agar tidak terlalu berlebihan. Semoga info diabetes kali ini bermanfaat bagi anda.

Comments (1)
  1. F. Herdani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!