Apa Itu Diabetes?

Apa itu diabetes? Mungkin itulah salah satu pertanyaan yang pernah memenuhi benak anda ketika dihadapkan pada kasus diabetes melitus. Penyakit diabetes adalah penyakit yang menyerang fungsi metabolisme tubuh, dimana nantinya dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Lonjakan gula darah inilah yang seringkali dianggap sebagai penjelasan dari . Padahal memahami lonjakan gula darah saja sebenarnya belum cukup untuk dapat memahami dengan baik tentang apa itu diabetes. Karenanya kami yakin anda pasti memerlukan informasi lengkap mengenai penyakit diabetes melitus berikut ini.

Penyebab

apa itu diabetesPenyebab terjadinya gangguan metabolisme, yang kemudian memicu adanya lonjakan gula darah, seharusnya menjadi hal utama yang perlu anda pahami, ketika ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa itu diabetes. Penyebab penyakit gula darah tersebut sebenarnya adalah kerusakan pada sel beta pankreas dan/atau resistensi insulin. Keduanya dapat terjadi bersamaan atau hanya salah satunya saja yang kemudian memicu adanya lonjakan gula darah.

Faktor Resiko

Faktor risiko diabetes melitus merupakan faktor yang dapat meningkatkan resiko penyakit gula darah tersebut. Ia dapat meliputi gaya hidup yang tidak sehat, faktor keturunan, penggunaan obat jenis tertentu dalam jangka waktu yang lama dan kebiasaan tidak sehat lainnya, yang kemudian memicu terjadinya gangguan metabolisme tubuh. dengan mengetahui beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko diabetes anda tersebut, maka yang perlu anda lakukan adalah menghindarinya, sehingga resiko anda dapat berkurang.

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi

Makanan bisa dibilang sebagai pemicu gangguan metabolisme. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi tidak memiliki kandungan nutrisi yang tepat. Sebut saja kalori yang jika jumlahnya berlebihan akan dapat memicu terjadinya gangguan metabolisme tersebut. Karenanya makanan yang dikonsumsi, baik bagi non-penderita diabetes maupun penderita, haruslah tepat jenisnya dan jumlah atau porsinya.

Dalam hal ini, keduanya disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah. Khusus untuk penderita diabetes, ia dapat memilih buah yang termasuk dalam daftar buah diabetes, agar gula darahnya tidak kembali mengalami lonjakan akibat tingginya kalori yang diperoleh dari buah yang tidak tepat jenisnya.

Bapak Ibu

  

Pengobatan

Pengobatan diabetes umumnya terdiri dari obat kencing manis kering (obat diabetes oral) dan insulin buatan. Namun biasanya kedua Obat DM tersebut diberikan berdasarkan tipe diabetes yang diderita. Untuk penderita DM tipe 2 biasanya hanya akan diberikan obat diabetes oral, sedangkan penderita DM tipe 1 akan diberikan insulin buatan. Namun pada kasus tertentu, penderita diabetes tipe 2 dapat diberikan insulin buatan jika obat yang diberikan belum mampu menurunkan gula darahnya, mengingat penyakit diabetes jenis ini sifatnya progresif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!