Gejala Diabetes Pada Anak Mirip Dengan Gejala Cacingan

Gejala diabetes pada anak harus selalu diwaspadai, mengingat gejala tersebut biasanya tidak terlihat secara fisik. Karenanya para orang tua hendaknya memiliki pemahaman yang cukup terkait gejala diabetes melitus dan pencegahannya, sehingga pemahaman nantinya tidak hanya terbatas pada pengertian penyakit diabetes. Selain itu diperlukan pemahaman tersendiri mengenai cara mengenali gejala diabetes pada anak, mengingat gejalanya akan sangat mirip dengan gejala cacingan. Berikut ini dua gejala tersebut yang tampak mirip dengan gejala cacingan.

Nafsu Makan Berkurang

Gejala Diabetes Pada AnakNafsu makan yang berkurang memang selalu diidentikkan dengan gejala cacingan. Namun ternyata gejala cacingan yang satu ini juga tergolong gejala penyakit diabetes pada anak. Hanya saja yang membedakan nantinya adalah hasil pemeriksaan gula darah, dimana ketika seorang anak menderita diabetes, kadar gula darahnya akan mengalami lonjakan yang cukup drastis. Lalu apa hubungan antara lonjakan gula darah yang terjadi dengan gejala penyakit kencing manis atau diabetes tersebut?

Perlu diketahui bahwa lonjakan gula darah yang terjadi merupakan akibat dari gangguan metabolisme yang dialami tubuh. gangguan metabolisme tersebut memerlukan dukungan insulin dalam jumlah yang cukup. insulin sendiri disekresikan oleh sel beta pankreas. Kelenjar inilah yang bisa dibilang mempunyai peranan yang sangat penting dalam hal proses metabolisme glukosa.

Ketika fungsi kelenjar penghasil insulin tersebut terganggu, salah satunya akibat infeksi virus, maka ia tidak akan mampu lagi mensekresikan insulin dalam jumlah yang cukup. Akibatnya proses metabolisme glukosa pun menjadi terhambat, sehingga glukosa tetap berada dalam aliran darah dan memicu terjadinya lonjakan gula darah. lonjakan gula darah yang terjadi nantinya akan mengganggu fungsi tubuh lainnya. Salah satunya yang berhubungan dengan pengaturan nafsu makan, dimana seorang anak yang menderita diabetes akan mengalami penurunan nafsu makan. Inilah sebabnya mengapa nafsu makan yang berkurang dianggap sebagai salah satu gejala penyakit diabetes pada anak.

Sementara itu, guna membedakan gejala tersebut dengan yang biasanya dialami oleh seorang anak penderita cacingan, maka pemeriksaan gula darah harus dilakukan. Ketika hasilnya menunjukkan adanya lonjakan gula darah, maka gejala yang muncul merupakan penunjuk penyakit diabetes, dimana nantinya pengobatan harus segera diperoleh. Pengobatan, dalam hal ini, tersedia dalam dua bentuk, yaitu obat dokter dan Obat Diabetes Tradisional.

Bapak Ibu

  

Tubuh Kurus Kering

Ketika penurunan berat badan yang cukup drastis dialami oleh seorang anak tanpa sebab tertentu, maka anak tersebut akan lebih cenderung dianggap menderita cacingan daripada diabetes. Padahal penurunan berat badan yang cukup drastis juga akan dialami oleh seorang anak yang menderita diabetes. Karenanya ketika gejala ini muncul, maka akan lebih baik jika segera melakukan pemeriksaan gula darah. Apapun hasil pemeriksaan yang diperoleh nantinya dapat berperan dalam hal menentukan langkah pengobatan selanjutnya. Seperti ketika hasil pemeriksaan menunjukkan adanya lonjakan gula darah, maka pengobatan diabetes dapat segera diperoleh sehingga penderita dapat mencegah akibat penyakit diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!