Info Lengkap Tentang Diabetes Tipe 1 Dan 2

Diabetes tipe 1 dan 2 merupakan salah satu penyakit berbahaya yang jumlah penderitanya terus bertambah. Peningkatan jumlah penderita penyakit gula darah tersebut sangat erat hubungannya dengan pemahaman akan penyakit itu sendiri. Sebagian besar penderita, dalam hal ini, belum memiliki pemahaman yang cukup mengenai penyakit diabetes melitus tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2, sehingga kemudian mereka menjadi lebih rentan terserang penyakit tersebut. Guna memberikan pemahaman yang cukup, maka kami sengaja merangkumkan informasi yang membahas lengkap tentang penyakit diabetes tipe 1 dan 2, seperti yang tertera berikut ini.

Penyebab dan Gejala Diabetes

Diabetes tipe 1 dan 2Hal pertama yang perlu dipahami terkait penyakit diabetes tipe 1 dan 2 adalah penyebabnya. Dalam hal ini, penyebab penyakit diabetes bukanlah konsumsi atau pemakaian gula secara berlebihan, melainkan akibat kerusakan sel beta pankreas dan/atau resistensi insulin. Kerusakan sel beta pankreas merupakan penyebab penyakit diabetes tipe 1, sedangkan resistensi insulin merupakan penyebab diabetes tipe 2.

Kedua permasalahan diabetes tersebut kemudian berkontribusi menjadi penyebab gula darah penderita mengalami lonjakan yang cukup drastis. Lonjakan gula darah tersebut terjadi karena tidak adanya suplai insulin dalam jumlah yang cukup dan/atau terjadinya resistensi insulin, sehingga kemudian proses penyerapan glukosa ke dalam sel menjadi terhambat. Dengan terhambatinya proses tersebut, maka glukosa akan tetap berada dalam aliran darah dan menyebabkan lonjakan gula darah.

Ketika lonjakan gula darah terjadi, maka akan muncul beberapa gejala yang dikenal dengan gejala diabetes. gejala tersebut meliputi sering buang air kecil, cepat lapar dan haus, penurunan berat badan yang sangat drastis dan stamina tubuh yang berkurang. Karenanya ketika salah satu dari gejala tersebut muncul, akan lebih baik jika segera dilakukan pemeriksaan gula darah dan obat diabetes melitus.

Diet Diabetes

Pengobatan medis merupakan salah satu cara untuk mengatasi penyakit diabetes, sehingga kemudian lonjakan gula darah yang terjadi dapat dikurangi. Namun pengobatan medis saja tidaklah cukup untuk mengatasinya. Agar hasilnya lebih maksimal, maka penderita juga perlu menjalani diabetes mellitus diet atau diet untuk penderita diabetes. Diet tersebut dilakukan bukan hanya untuk mengendalikan berat badan penderita, melainkan juga untuk mengendalikan gula darah.

Bapak Ibu

  

Menu Diet Diabetes

Seperti yang sudah dikemukakan sebelumnya bahwa penderita diabetes perlu menjalani diet selain pengobatan medis. Ini berarti bahwa penderita perlu lebih memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Dengan kata lain, diet diabetes yang dijalani nantinya akan menuntut penderita untuk menyesuaikan menu makannya dengan menu diet untuk diabetes, yang sudah diatur sedemikian rupa sehingga nantinya dapat memenuhi kebutuhan kalori sekaligus nutrisi, sesuai dengan yang diperlukan tubuh. Dengan cara ini diharapkan lonjakan gula darah yang terjadi dapat dikurangi, sehingga tidak menimbulkan komplikasi diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!