Pengertian DM Berdasarkan Penyebabnya

Pengertian DM secara umum adalah gangguan metabolisme pada tubuh yang kemudian menyebabkan terjadinya lonjakan gula darah. Pengertian penyakit DM ini sebenarnya dapat dibedakan lagi berdasarkan penyebabnya. Berikut ini beberapa definisi DM berdasarkan penyebabnya yang kami yakin pasti akan sangat bermanfaat bagi anda dalam hal memahami masing-masing pengertian penyakit gula darah tersebut.

DM Tipe 1

Pengertian DMPengertian diabetes melitus tipe 1 atau yang juga disebut dengan diabetes pada anak anak merupakan penyakit gangguan metabolisme akibat kerusakan sel beta pankreas. Sel beta pankreas sendiri merupakan kelenjar pada pankreas yang tugasnya mensekresikan insulin dalam jumlah yang cukup. hormon insulin yang disekresikannya tersebut nantinya sangat berperan penting dalam proses metabolisme glukosa, dimana glukosa yang berada dalam aliran darah akan kembali diserap oleh sel.

Dengan terserapnya glukosa ke dalam sel, maka ia akan dapat diproses kembali menjadi energi yang akan berguna untuk mendukung aktifitas tubuh. mengingat pentingnya sekresi insulin yang dihasilkan oleh sel beta pankreas, maka kerusakan yang dialami dapat berakibat fatal. Sekresi insulin nantinya akan berkurang atau bahkan tidak terjadi sekresi sama sekali. Hal ini kemudian menyebabkan terhambatnya proses metabolisme glukosa, sehingga glukosa akan tetap berada dalam aliran darah.

Glukosa yang tetap berada dalam aliran darah tersebut nantinya akan dapat memicu lonjakan glukosa darah. inilah yang disebut dengan diabetes. Dengan memahami proses bagaimana terjadinya lonjakan glukosa atau gula darah tersebut, maka diharapkan orang tidak hanya mengerti bahwa penyakit DM adalah penyakit gangguan metabolisme. Namun pemahaman mereka tentunya akan dapat bertambah terkait dengan penyebab terjadinya gangguan metabolisme tersebut. Hal ini tentunya akan dapat menambah pemahaman akan penyakit diabetes dan pengobatannya.

DM Tipe 2

Berbeda dengan DM tipe 1, DM atau diabetes melitus tipe 2 merupakan penyakit gangguan metabolisme tubuh yang disebabkan oleh resistensi insulin. artinya jumlah sekresi insulin di dalam tubuh bisa dibilang sangat memadai. Namun sensitifitas sel terhadap insulin yang mengalami masalah, sehingga kemudian insulin tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. inilah yang nantinya memicu terjadinya lonjakan gula darah, sehingga diperlukan terapi DM untuk membantu mengurangi lonjakan gula darah tersebut.

Bapak Ibu

  

DM Gestasional

Penyakit diabetes gestasional merupakan penyakit gangguan metabolisme yang dialami selama masa kehamilan. Hal ini biasanya terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat sebelum dan selama masa kehamilan. Selain itu, faktor keturunan dan riwayat diabetes pada kehamilan sebelumnya juga dapat mempengaruhi resiko si ibu. Meski demikian, penyakit ini biasanya akan dapat teratasi dengan sendirinya setelah melahirkan, khususnya jika diimbangi dengan perubahan gaya hidup dan Penyembuhan Diabetes yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!