Tips Mendapatkan Kembali Ukuran Gula Darah Normal

Mencapai ukuran gula darah normal merupakan tujuan utama pengobatan diabetes. Meski nantinya pengobatan medis hanya mampu membantu menurunkan gula darah, bukan mengembalikan nilai normal gula darah, pengobatan medis tetap harus dijalani. Apalagi bagi pasien diabetes tipe 1, pengobatan dengan suntik insulin nantinya akan sangat penting dalam hal membantu menjaga kestabilan kondisi kesehatannya.

Ukuran Gula Darah NormalMengingat pengobatan medis masih harus dijalani, maka yang perlu dilakukan penderita untuk memaksimalkan hasil pengobatan tersebut, dalam hal mengembalikan ukuran gula darah normal adalah dengan lebih memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Selain itu juga terdapat beberapa hal yang perlu diupayakan untuk Terapi Diabetes Melitus Tipe 2 agar nantinya dapat mencapai ukuran kadar gula darah normal. Berikut ini diantaranya.

Perhatikan Sumber Karbohidrat Anda

Asupan karbohidrat sangatlah penting peranannya bagi tubuh, mengingat ia merupakan sumber energi. Selain sebagai sumber energi, penderita hendaknya juga mengetahui bahwa terdapat dua jenis karbohidrat yang memiliki efek berbeda terhadap kadar gula darah. Agar nantinya kadar gula darah tetap berada pada batas gula darah normal, maka akan lebih baik jika penderita memilih makanan sumber karbohidrat kompleks.

Salah satu makanan sumber karbohidrat kompleks yang dapat menjadi pilihan tepat adalah beras merah diabetes. Dengan kandungan karbohidrat kompleksnya tersebut serta kandungan seratnya yang cukup tinggi, maka ia akan dapat mengendalikan gula darah penderita dengan baik. Hal ini tentunya juga akan berdampak positif dalam hal mengurangi resiko munculnya komplikasi, yang salah satunya adalah retinopati diabetes.

Gunakan Gula Alternatif

Selain mengganti beras yang biasa dikonsumsi dengan beras merah, penderita juga dianjurkan untuk menggunakan gula alternatif. Salah satu jenis gula yang diyakini aman digunakan oleh penderita adalah madu untuk diabetes. Meski demikian, penderita hendaknya cukup selektif ketika hendak membeli madu yang akan dikonsumsi, mengingat banyak madu yang tidak murni yang saat ini beredar di pasaran. Madu palsu ini dikhawatirkan dapat memicu lonjakan gula darah karena adanya zat tertentu yang ditambahkan. Karenanya akan lebih baik jika memilih madu asli (raw honey) atau madu yang belum diolah.

Bapak Ibu

  

Hindari Makanan dalam Kemasan

Makanan dalam kemasan diketahui memiliki kadar garam yang sangat tinggi. Selain itu, ia juga mengandung bahan pengawet, pewarna dan pemanis sintetis yang akn berdampak negatif bagi tubuh. Jika makanan tersebut dikonsumsi oleh penderita diabetes, maka ia tidak hanya semakin memperburuk kondisi penyakitnya, tetapi juga meningkatkan resiko munculnya komplikasi diabetes. Hal inilah yang kemudian membuat makanan dalam kemasan masuk dalam daftar pantangan penyakit diabetes. Oleh karena itu, penderita disarankan untuk lebih memilih makanan olahan rumahan yang lebih higienis dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!