Tips Mengolah Makanan Untuk Orang Diabetes

Menyusun menu makanan untuk orang diabetes tidak bisa dilakukan sembarangan. Begitu juga halnya dengan pengolahan makanan untuk orang diabetes tersebut. Pemahaman yang cukup nantinya akan berpengaruh terhadap konsumsi yang dilakukan, mengingat tujuannya adalah untuk menjaga kestabilan gula darah. Guna memudahkan dalam hal pengolahan makanan sehat tersebut, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan.

Perhatikan Jenisnya

Makanan Untuk Orang DiabetesSebelum mengolah makanan untuk penderita diabetes melitus, ada baiknya penderita memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsinya nanti. Pilihlah makanan yang mengandung cukup serat, potasium, vitamin A, C, E, dan magnesium. Asupan nutrisi tersebut nantinya dapat berperan dalam hal membantu menurunkan gula darah penderita, sehingga dapat meringankan gejala gejala diabetes melitus yang muncul.

Selain itu, pemilihan jenis makanan nantinya juga dapat berpengaruh dalam hal memaksimalkan hasil Terapi Dm Tipe 2, khususnya untuk mengatasi penyebab penyakit diabetes melitus. Apalagi dengan adanya fakta bahwa pengobatan medis ternyata masih belum mampu mengatasi sampai tuntas penyebab diabetes tersebut, sehingga konsumsi makanan yang tepat jenisnya setidaknya dapat membantu mencegah terjadinya lonjakan gula darah yang cukup drastis.

Pertimbangkan Jumlah Kalorinya

Selain mempertimbangkan jenis makanan yang dikonsumsi, penderita juga hendaknya memperhitungkan jumlah kalorinya. Terdapat beberapa makanan dengan jumlah kalori yang cukup tinggi, yang tidak seharusnya masuk dalam kategori makanan sehat untuk orang diabetes. Jika konsumsi makanan yang tinggi kalori tersebut tetap dilakukan, maka upaya mencapai kestabilan gula darah hanya akan sia-sia. Begitu juga halnya dengan upaya mengurangi frekuensi munculnya gejala awal diabetes melitus.

Mengenai penghitungan kalori sendiri sebenarnya penderita dapat meminta saran ahli gizi atau dokter yang menanganinya. Biasanya mereka akan menginformasikan makanan mana saja yang termasuk dalam kategori makanan untuk orang yang menderita diabetes dan mana yang tidak. Selain itu, mereka juga akan menginformasikan mengenai kebutuhan kalori penderita yang nantinya akan dihitung berdasarkan usia, jenis kelamin, aktifitas fisik dan seberapa parah penyakit yang diderita. Hal ini juga termasuk seberapa sering lonjakan gula darah terjadi, mengingat ia merupakan salah satu ciri penyakit diabetes, yang tidak seharusnya diabaikan begitu saja.

Bapak Ibu

  

Pelajari Cara Memasak yang Sehat

Tips terakhir yang bisa dibilang cukup penting adalah cara pengolahan makanan yang tepat. Agar makanan yang diolah tidak kehilangan sebagian atau bahkan keseluruhan kandungan nutrisinya, maka sangat disarankan untuk tidak memasaknya terlalu lama. Hal ini berlaku untuk sayuran dan buah.

Khusus untuk daging, hindari mengkonsumsi daging mentah dan yang diolah setengah matang, mengingat bakteri kemungkinan masih terdapat di dalamnya. Perhatikan juga mengenai cara memasak daging yang benar, yaitu dengan cara membakar, memanggang dan cara memasak lainnya selain menggoreng dalam minyak panas. Hal ini juga berlaku untuk bahan makanan lainnya, mengingat menggoreng dalam minyak panas hanya akan meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!