Panduan Menarik Tentang Ulkus Diabetes melitus

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang nantinya dapat mempertinggi resiko terjadinya ulkus diabetik. Apa sebenarnya ulkus diabetes melitus ini? Ulkus diabetes mellitus merupakan luka borok atau gangren yang muncul akibat dipicu oleh tingginya kadar gula darah. Terkait dengan lonjakan kadar gula darah yang terjadi, pembuluh darah dapat mengalami penyumbatan yang nantinya akan menyebabkan meningkatnya tekanan darah penderita.

Penyumbatan pembuluh darah dapat terjadi pada pembuluh darah manapun, baik pembuluh darah yang menuju ginjal, jantung dan mata. Selain itu, lonjakan kadar gula darah yang terjadi juga dapat mempengaruhi fungsi saraf. Pada tingkatan akut, lonjakan kadar gula darah tersebut dapat menyebabkan mati rasa. Akibatnya bisa fatal jika yang mengalami mati rasa tersebut adalah daerah tungkai atau kaki.

Jika sudah demikian maka umumnya penderita tidak akan merasakan sakit ketika kakinya mengalami luka. Akibatnya ketika tidak dirasakannya rasa sakit tersebut maka luka yang diderita pun terlambat mendapat penanganan medis sehingga berkembang menjadi apa yang disebut dengan ulkus diabetes mellitus.

Perbedaan ulkus diabetes mellitus dengan luka pada orang normal adalah waktu penyembuhannya dan juga penyebabnya. Pada penderita diabetes sebenarnya ulkus diabetes mellitus ini dapat dicegah jika saja penderita lebih ketat lagi dalam hal mengontrol kadar gula darahnya. Apalagi jika disertai dengan pengendalian berat badan, pola makan teratur serta olahraga maka hasilnya pun akan semakin berdampak positif terhadap kestabilan kadar gula darahnya. Dengan begitu ulkus diabetes mellitus dapat dicegah.

Penderita Diabetes tidak akan merasakan sakit ketika kakinya mengalami lukaTerkait dengan pencegahan ulkus diabetes mellitus tersebut, umumnya penderita diabetes tidak dapat melakukan pengendalian berat badannya serta melakukan olahraga secara teratur. Hal ini mengingat tubuh penderita diabetes cenderung tidak bertenaga akibat lonjakan gula darah yang terjadi yang menyebabkan bertambahnya intensitas buang air kecil. Dengan semakin  meningkatnya intensitas buang air kecil maka penderita pun akan sering merasa haus akibat banyaknya cairan tubuh yang terbuang. Selain itu, penderita juga akan sering merasa lapar akibat kurangnya nutrisi yang diperoleh tubuh.

Sapaan:
Nama Panggilan:
Email:

Pada orang normal luka yang terjadi langsung dapat dirasakan sehingga mempercepat dilakukannya perawatan terhadap luka yang timbul tersebut. Hal ini mengingat pada orang normal lonjakan kadar gula darah tidak terjadi. Kalaupun terjadi, tubuh masih dapat menstabilkannya kembali dengan jumlah insulin yang dapat dihasilkannya maupun dengan sensitifitas sel terhadap insulin yang masih cukup baik.

Klasifikasi Ulkus Diabetes Mellitus

Terdapat beberapa tingkatan ulkus diabetes mellitus yang umumnya dialami penderita. Untuk lebih jelasnya simak saja rinciannya di bawah ini:

  • Tidak ada luka terbuka

Tidak ada luka terbuka di bagian tubuh tertentu terutama di bagian kaki menunjukkan bahwa ulkus diabetes mellitus belum terjadi pada penderita. Artinya lonjakan kadar gula darah yang dialami belum cukup signifikan dalam mempengaruhi fungsi pembuluh darah dan saraf.

  • Ulkus Superfisialis

Ulkus superfisialis ini artinya luka yang terjadi hanya sebatas pada permukaan kulit, belum mengenai lapisan kulit yang lebih dalam.

  • Ulkus lebih dalam

Ulkus lebih dalam seringkali dihubungkan dengan inflamasi atau peradangan jaringan kulit.

  • Ulkus dalam yang melibatkan tulang, sendi dan formasi abses

  • Ulkus dengan kematian jaringan tubuh yang terlokalisir

Ulkus diabetes mellitus pada tingkatan ini biasanya terjadi di daerah ibu jari, kaki, kaki bagian depan atau tumit.

  • Ulkus dengan kematian jaringan tubuh pada kaki secara keseluruhan

Ulkus diabetes mellitus pada tingkatan ini merupakan yang paling parah dan biasanya jika terjadi ulkus diabetes seperti ini dokter akan cenderung menyarankan untuk melakukan amputasi guna mencegah infeksi menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Ulkus Diabetes Merupakan Salah Bentuk Komplikasi Akibat Diabetes

ulkus diabetes mellitus juga merupakan salah satu komplikasi yang dipicu oleh lonjakan kadar gula darahSekedar informasi bahwa ulkus diabetes mellitus juga merupakan salah satu komplikasi yang dipicu oleh lonjakan kadar gula darah. Umumnya ulkus diabetes mellitus yang terjadi baru muncul setelah menderita diabetes dalam jangka waktu yang lama yang biasanya tidak segera diimbangi dengan pengendalian berat badan, pola makan teratur serta penambahan aktifitas fisik yang cukup.

Selain itu, perlu diingat juga bahwa pemahaman yang cukup terkait dengan perawatan kaki pada penderita diabetes juga perlu ditambah. Hal ini mengingat faktor pemicu timbulnya ulkus diabetes mellitus, terlepas dari gangguan saraf yang dipicu oleh diabetes, adalah kurangnya kewaspadaan penderita terhadap luka yang mungkin terjadi pada kakinya. Dengan meningkatnya kewaspadaan yang disertai dengan perawatan yang cukup maka resiko terkena ulkus diabetes mellitus ini pun dapat dikurangi.

Dengan berkurangnya resiko tersebut, tentunya anda juga akan terhindar dari resiko amputasi dan kematian dini. Hal ini mengingat ulkus diabetes yang sudah sampai taraf akut  jika tidak segera ditangani dengan benar maka akan menyebabkan kematian. Perlu diingat bahwa ketika terjadi ulkus diabetes akut, maka keseluruhan jaringan yang terluka tersebut sudah mati akibat infeksi yang terjadi. Karenanya jika tidak segera ditangani, maka infeksi tersebut akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Akibatnya akan sangat fatal sekali jika sampai mempengaruhi organ-organ vital seperti ginjal, jantung atau bahkan otak yang notabene merupakan pusat komando segala aktifitas tubuh.

Ulkus Diabetes Ternyata Dapat Diatasi

Mengingat bahaya ulkus diabetes mellitus yang cenderung mempertinggi resiko amputasi maka sudah seharusnya jika pengobatan medis yang diberikan pada penderita juga dapat mengupayakan penurunan resiko amputasi tersebut. Namun sayangnya pengobatan medis yang selama ini diberikan hanya mampu menstabilkan kadar gula darah. Artinya pengobatan medis tersebut masih belum mampu mengatasi akar penyebab diabetes secara menyeluruh.

Bagaimana dengan obat herbal diabetes? Apakah memang benar obat herbal yang beredar mampu mengatasi diabetes serta ulkus diabetes? Terkait dengan obat diabetes herbal, mungkin manfaat dan khasiatnya terhadap kesehatan tubuh masih belum mendapatkan kepercayaan sepenuhnya dari masyarakat. Hal ini mengingat pengobatan medis saja belum mampu mengatasi diabetes secara menyeluruh.

Namun tidak demikian halnya dengan Tahitian Noni yang cara kerjanya berbeda dengan obat diabetes yang diberikan dokter maupun obat herbal lainnya. Hal ini karena Tahitian Noni telah secara klinis terbukti mampu mengatasi diabetes secara menyeluruh sampai ke akar penyebabnya. Dengan begitu ulkus diabetes mellitus pun dapat dicegah bahkan diatasi dengan meregenerasi jaringan kulit yang mengalami kerusakan secara bertahap.

==> Klik DI SINI untuk terhindar dari komplikasi diabetes <==

One Response to “Panduan Menarik Tentang Ulkus Diabetes melitus”

  • dody

    Terimakasih infonya sangat membantu dlm pengelolaan DM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *