Cara Praktis Agar Kadar Gula darah Anda Tetap Stabil

Kadar gula dalam darah harus selalu dipertahankan agar tetap stabil, terutama ketika anda belum terkena diabetes. Hal ini karena sebelum terkena diabetes anda akan lebih mudah menstabilkan kadar gula darah karena tubuh anda masih dapat berfungsi dengan baik sehingga kadar gula pun tetap stabil.

Lain halnya dengan yang sudah terlanjur menderita diabetes, akan terasa sulit sekali untuk menstabilkan kadar gula darah. Hal ini karena tubuh tidak dapat melakukan fungsinya dalam hal metabolisme gula.

Terhambatnya proses metabolisme gula adalah akibat tidak tersedianya insulin yang cukup maupun akibat adanya reaksi penolakan sel terhadap insulin sehingga gula tetap berada dalam aliran darah. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa akan  sangat sukar sekali bagi penderita untuk menstabilkan kadar gula darahnya yang sudah terlanjur meningkat.

Namun hal ini bukan tidak mungkin untuk diupayakan. Paling tidak dapat diupayakan agar kadar gula darah mendekati normal sehingga resiko komplikasi diabetes pun dapat dikurangi. Lalu berapakah normal yang sebenarnya?

Kadar Gula Darah Normal

Kadar gula darah normal seharusnya berada pada rentang 100 mg/dL – 200 mg/dL. Lebih dari itu akan dianggap melebihi batas kadar gula darah normal dan dikategorikan sebagai diabetes. Untuk dapat menjaga kestabilan kadar gula darah anda maka ada baiknya anda melakukan beberapa hal sebagai berikut.

Bapak Ibu

  
  • Olahraga teratur

kadar gula darahOlahraga teratur terbukti dapat membantu kerja tubuh dalam hal menstabilkan kadar gula darah. Karenanya lakukanlah olahraga secara teratur. Paling tidak lakukan olahraga minimal tiga kali dalam seminggu. Pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan anda.

Yang perlu diingat ketika melakukan olahraga adalah untuk tidak memaksakan diri. Umumnya sebagian besar orang terlalu memaksakan diri untuk melakukan olahraga tertentu sehingga manfaatnya pun menjadi berkurang. Agar dapat mendapatkan manfaat yang sepenuhnya dari berolahraga, cukup pilih saja olahraga yang anda senangi. Seberapapun ringan olahraga yang anda lakukan secara teratur akan dapat memberi efek positif terhadap kestabilan kadar gula darah anda.

  • Perubahan gaya hidup

Perubahan gaya hidup juga terbukti dapat membantu anda kembali mendapatkan kadar gula darah normal. Karenanya sebelum terkena diabetes alangkah baiknya jika anda mulai melakukan perubahan gaya hidup anda, terutama jika selama ini anda terbiasa hidup dengan gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat dapat membuat tubuh rentan terhadap berbagai macam penyakit seperti diabetes dan penyakit kronis lainnya.

  • Konsumsi makanan yang kaya nutrisi dan serat

Untuk dapat menstabilkan kadar gula darah anda, perlu sekali untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Umumnya penghasil serat yang mudah ditemukan adalah sayuran hijau dan buah. Selain mengandung banyak serat, makanan ini juga mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh untuk dapat melaksanakan fungsinya dengan baik.

Berkaitan dengan nutrisi yang diperlukan tubuh, ingatlah bahwa kurangnya nutrisi akan membuat tubuh rentan terhadap infeksi jamur, bakteri maupun penyakit. Bahkan kurangnya nutrisi yang diperoleh tubuh juga akan berdampak pada fungsi organ-organ vital di dalam tubuh. Sebut saja sel beta pankreas sebagai penghasil insulin bisa mengalami kerusakan akibat kurangnya nutrisi yang diperoleh tubuh sehingga gagal dalam meregenerasi sel yang rusak tersebut. Akibatnya insulin tidak dapat diproduksi sehingga kadar gula darah pun meningkat drastis.

  • Mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi

Pola Makan Teratur Demi Menjaga Kestabilan Kadar Gula DarahKonsumsi makanan instan serta makanan yang mengandung kadar gula tinggi dapat meningkatkan resiko diabetes. Apalagi jika disertai dengan gaya hidup tidak sehat yang minim sekali olahraga. Sebenarnya asupan makanan apapun akan dapat meningkatkan kadar gula darah. Namun peningkatan tersebut akan semakin signifikan jika yang dikonsumsi adalah makanan instan dan yang mengandung gula tinggi.

Perlu diingat bahwa dengan mengkonsumsi makanan instan maka tubuh tidak akan mendapat jatah nutrisi yang sesuai. Hal ini karena kandungan nutrisi makanan instan yang sangat rendah. Jika kebiasaan mengkonsumsi makanan instan terus berlanjut maka tubuh akan mengalami malnutrisi yang berakibat pada fungsi tubuh. Ujung-ujungnya dapat terjadi kerusakan sel dan jaringan yang membuat tubuh akhirnya menjadi rentan terhadap berbagai macam infeksi dan penyakit.

  • Makan teratur

Selain mengkosumsi makanan-makanan dengan kandungan nutrisi dan serat yang cukup, anda juga perlu mengatur jadwal makan anda. Hal ini karena keterlambatan nutrisi yang diperoleh tubuh akan berakibat fatal. Tubuh yang kurang nutrisi akan cenderung mengirimkan pesan rasa lapar ke otak sehingga akhirnya diperlukan asupan makanan lagi. Sementara asupan makanan yang sebelumnya diterima belum dicerna dengan baik oleh tubuh. Akibatnya kadar gula darah pun meningkat drastis.

Meningkatnya kadar gula darah jika tidak segera distabilkan oleh tubuh akan berdampak negatif, yaitu terhambatnya aliran darah. Hal ini karena adanya gula yang ikut dalam aliran darah akan menyumbat pembuluh darah yang dilaluinya sehingga mengakibatkan penebalan pada dinding pembuluh darah. Jika terus menerus terjadi maka akan berakibat pada tidak tersuplainya oksigen dan nutrisi yang cukup pada organ yang dituju.

Dengan mengetahui langkah-langkah apa saja yang perlu diambil guna menstabilkan kadar gula darah diharapkan anda akan dapat menekan resiko diabetes. Bagi yang sudah terlanjur menerima diagnosa diabetes dari dokter, upaya untuk mendapatkan gula darah yang stabil tentunya akan berdampak positif terhadap berkurangnya resiko komplikasi akibat diabetes mengingat obat herbal untuk diabetes melitus tipe 2 yang diberikan hanya mampu memberikan efek gula darah stabil sementara.

==> Klik Di Sini untuk terhindar dari komplikasi diabetes <==

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!