Diet Diabetes Ternyata Menyenangkan dan Mudah Lho!

Diet untuk diabetes memang perlu sekali untuk dilakukan. Tujuannya adalah untuk menjaga kestabilan kadar gula darah penderita. Perlu diketahui bahwa kestabilan kadar gula darah harus selalu dijaga guna menghambat datangnya komplikasi akibat diabetes. Lalu diet seperti apa yang harus dijalani penderita diabetes?

yang harus dijalani penderita tentunya harus diet sehat bukan diet ketat. Memang istilah diet penderita diabetes yang melekat dengan penyakit kencing manis adalah diet ketat. Namun maksud diet ketat disini adalah mengurangi porsi makanan-makanan yang dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Dengan kata lain, diet bagi penderita diabetes bukan berarti mengurangi porsi makanan yang justru berdampak pada berkurangnya nutrisi yang diperoleh tubuh.

Terkait dengan diet sehat penderita diabetes yang perlu dijalani, penderita harus mempertimbangkan beberapa jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darahnya yang meningkat. Apa saja jenis yang perlu dimasukkan ke dalam daftar menu diet diabet. Berikut daftar makanan diet diabetes yang harus dipertimbangkan penderita ketika menjalani diet diabetes agar kadar gula daranya tetap stabil.

Beras Merah

diet diabetesKonsumsi nasi putih yang berlebihan pada penderita diabetes akan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Lonjakan kadar gula darah yang terjadi akibat konsumsi nasi putih ini tentu saja akibat gangguan produksi insulin serta gangguan fungsi insulin sehingga tugas insulin dalam mengontrol kadar gula darah tidak dapat maksimal. Selain itu, perlu diketahui pula bahwa nasi putih mengandung hidrat arang sederhana.

Hidrat arang sederhana inilah yang memicu lonjakan kadar gula darah. Hal ini karena dengan masuknya hidrat arang sederhana ke dalam tubuh maka pelepasan gula ke dalam aliran darah akan semakin cepat. Mengapa demikian? Perlu diingat bahwa hidrat arang atau karbohidrat sederhana tidak memerlukan proses pencernaan yang lama untuk diubah menjadi energi dan cadangan makanan bagi tubuh. Inilah alasan mengapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat sederhana perlu dihindari oleh penderita kencing manis ketika menjalani diet.

Bapak Ibu

  

Sebagai pengganti nasi putih, beras merah dapat menjadi solusi yang tepat ketika menjalani diet kencing manis. Hal ini karena beras merah mengandung karbohidrat yang lebih kompleks sehingga dapat menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada beras merah juga dapat membantu penderita dalam hal mengontrol kadar gula darahnya karena serat juga berfungsi menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah.

Sayuran Hijau

Jenis makanan kedua yang harus dipertimbangkan oleh penderita ketika menjalani diet untuk penyakit kencing manis yang dideritanya adalah sayuran hijau. Mengapa sayuran hijau? Kandungan nutrisi dalam sayuran hijau lebih banyak dan cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu, serat yang terkandung dalam sayuran hijau akan sangat membantu sekali dalam upaya menjaga kestabilan kadar gula darah. manfaat lain yang diperoleh penderita dari sayuran hijau juga termasuk pencegahan terhadap konstipasi karena serat yang dikandungnya juga baik bagi pencernaan.

Gandum

gandum kaya akan serat yang nantinya akan membantu mengontrol gula dalam darahGandum merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia timur. Sementara itu, sebagian besar masyarakat Indonesia di wilayah lainnya lebih cenderung mengkonsumsi nasi. Konsumsi nasi putih inilah yang perlu dihindari ketika menderita penyakit gula darah. Apalagi ketika sedang menjalani diet diabetes. Hal ini terkait dengan fakta bahwa nasi putih mengandung karbohidrat sederhana yang nantinya justru akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Sebagai pengganti nasi putih, gandum dapat menjadi pilihan yang tepat selain beras merah. Sama halnya dengan beras merah, gandum juga kaya akan serat yang nantinya akan membantu mengontrol gula dalam darah sehingga kadar gula darah penderita dapat selalu mendekati stabil.

Klik DI SINI untuk Memiliki gula darah yang normal dan stabil Sekarang Juga

Perlu dipertimbangkan juga untuk mengkonsumsi produk olahan gandum lainnya, seperti roti gandum dan sereal gandum daripada mengkonsumsi roti putih atau roti berbahan dasar tepung roti biasa.

Teh Hijau

Teh Hijau Memiliki kandungan antioksidannya yang sangat tinggiTeh hijau sangat baik bagi kesehatan terutama karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Karenanya konsumsi teh hijau pada penderita diabetes ketika sedang menjalani diet sangatlah dianjurkan. Hal ini karena teh hijau terbukti dapat membantu menstabilkan kadar gula darah penderita yang meningkat. Selain itu, konsumsi teh hijau di pagi hari sangat baik manfaatnya bagi tubuh.

Buah

Buah juga kaya akan serat yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah penderita. Namun perlu diingat bahwa tidak semua buah dapat dikonsumsi oleh penderita kencing manis. Hal ini terkait dengan fakta bahwa terdapat buah tertentu yang kandungan gulanya sangat tinggi. Dengan kandungan gula yang sangat tinggi tersebut tentu saja akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Bagaimana dengan mengkudu? Tidak seperti pisang, mangga sirsak dan durian yang dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah akibat kadar gula yang tinggi, mengkudu justru dapat menurunkan kadar gula darah. Khasiat mengkudu ini sebenarnya telah diketahui sejak ratusan tahun lalu. Di Tahiti sana, buah mengkudu yang lebih dikenal dengan sebutan Noni telah digunakan secara turun temurun dalam hal menstabilkan kadar gula darah.

Berdasarkan khasiat buah Noni inilah kemudian penelitian lebih lanjut dilakukan guna menemukan manfaat lain buah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata buah Noni tidak hanya mampu menurunkan kadar gula darah, melainkan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menangkal serangan berbagai macam penyakit dan meningkatkan stamina tubuh.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut kemudian lahirlah Tahitian Noni sebagai produk kesehatan yang manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan telah diakui secara ilmiah. Oleh karena itu guna menjaga kestabilan kadar gula darah anda, Tahitian Noni dapat menjadi solusi terbaik.

~ KLIK DI SINI untuk mengalahkan diabetes Anda Sekarang ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!