Pencegahan Diabetes Melitus Itu ternyata Mudah Lho!

Diabetes mellitus merupakan penyakit gangguan metabolisme gula di dalam tubuh yang sangat berbahaya. Hal ini mengingat penyakit diabetes belum ada obatnya. Penanganan medis berupa pemberian suplai insulin dari luar tubuh dan obat dokter sebenarnya hanya memberikan efek gula darah stabil sementara. Akibatnya penderita akan tergantung pada upaya medis tersebut karena keduanya tidak menyelesaikan akar permasalahan diabetes.

Mengingat belum ditemukannya obat diabetes yang dapat secara efektif menuntaskan akar permasalahan diabetes, maka pencegahan diabetes harus segera dilakukan sejak dini. Hal ini khususnya berlaku bagi mereka yang mempunyai riwayat keluarga penderita diabetes. Bagaimana jika sudah divonis diabetes? Pencegahan diabetes mellitus tetap harus dilakukan, terutama pencegahan terhadap komplikasi yang dapat dipicu oleh diabetes.

Apa Saja Yang Dapat Dilakukan Untuk Mencegah Diabetes?

Sebagai upaya , sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan. Hal ini tidak termasuk dengan perubahan gen karena gen yang diwariskan sifatnya tetap, tidak dapat berubah. Hal ini berarti bahwa jika anda mempunyai riwayat keluarga penderita diabetes, maka anda mempunyai resiko dua kali lipat untuk terkena diabetes. Namun ternyata resiko ini dapat dikurangi bahkan ditiadakan sama sekali dengan melakukan melitus sejak dini. Berikut yang bisa anda lakukan sebagai upaya pencegahan dm.

Perubahan Gaya Hidup

pencegahan diabetes melitus

Perubahan Gaya Hidup Penting Untuk Mencegah Terkena Diabetes

Untuk mencegah diabetes atau mengurangi resiko diabetes, upaya pencegahan diabetes pertama yang harus dilakukan adalah perubahan gaya hidup. Perubahan gaya hidup ke arah yang lebih sehat dengan meninggalkan kebiasaan merokok, minum-minuman keras atau minuman lainnya yang mengandung kafein dan soda serta mengurangi konsumsi makanan instan sangat berpengaruh terhadap menurunnya resiko diabetes.

Kenyataannya telah terbukti bahwa seseorang dengan riwayat keluarga penderita diabetes dapat terhindar dari resiko diabetes setelah melakukan perubahan pada gaya hidupnya. Karena itulah segera lakukan perubahan gaya hidup anda sekarang juga untuk mengurangi resiko diabetes. Apalagi jika sudah diketahui bahwa anda memiliki riwayat keluarga penderita diabetes. Dengan riwayat ini tentunya anda akan sangat berpotensi terkena diabetes. Namun dengan perubahan gaya hidup nantinya resiko tersebut dapat dikurangi.

Bapak Ibu

  

Pengaturan Pola Makan

Hal kedua yang perlu anda lakukan sebagai salah satu cara pencegahan diabetes adalah pengaturan pola makan. Perlu diketahui bahwa pola makan yang teratur sangat bermanfaat sekali bagi tubuh anda agar tetap sehat. Dengan pola makan yang teratur tubuh anda akan selalu terjaga kebutuhan nutrisinya sehingga tidak akan rentan terhadap infeksi maupun penyakit.

Berkaitan dengan pengaturan pola makan tersebut, usahakan untuk tidak menunda makan saat jam makan. Intinya makanlah yang teratur dan tepat waktu sehingga tubuh dapat menerima asupan nutrisi yang diperlukannya untuk tetap berfungsi dengan baik.

Diet Seimbang

Diet seimbang perlu dilakukan mengingat orang jaman sekarang lebih cenderung melakukan diet ketat. Diet ketat dalam hal ini akan mengurangi jumlah asupan nutrisi yang diperlukan tubuh sehingga tubuh akan kekurangan nutrisi penting. Jika hal ini terjadi terus menerus maka tentu saja tubuh tidak akan berfungsi dengan baik. Organ-organ di dalamnya juga akan melakukan hal yang sama. Bahkan kekurangan nutrisi dapat memicu rusaknya salah satu organ tersebut.

Kurangi Makanan Instan, dan Perbanyaklah Makanan SehatPerlu diingat bahwa pada diabetes melitus tipe I sel beta pankreas mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi ini dapat dipicu oleh kurangnya nutrisi sehingga sel tersebut tidak dapat memperbaiki jaringannya yang rusak. Karena itulah perubahan terhadap diet anda perlu dilakukan. Konsumsilah sayuran dan buah dalam jumlah yang cukup atau makanan lainnya dan kurangi asupan makanan yang mengandung banyak gula.

Makanan yang mengandung gula tunggal seperti nasi dan roti dapat meningkatkan kadar gula dalam darah karena tubuh akan dapat menyerapnya lebih cepat dibandingkan makanan yang mengandung gula majemuk. Makanan dengan gula majemuk memerlukan proses yang lama dalam pencernaannya sehingga tidak mengakibatkan meningkatnya kadar gula dalam darah.

Penambahan Aktifitas Fisik

Penambahan aktifitas fisik perlu dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan diabetes. Salah satunya anda dapat melakukannya dengan berolahraga secara teratur. Perlu diingat bahwa intensitas dan beratnya aktifitas fisik yang dilakukan hendaknya disesuaikan juga dengan umur dan kemampuan. Hal ini karena aktifitas fisik yang berlebihan juga tidak akan berpengaruh baik bagi tubuh anda.

Minimal lakukan olahraga 3 – 5 kali seminggu. Anda dapat melakukannya dengan berjalan kaki selama 30 menit atau dengan berenang. Olahraga apapun yang anda pilih intinya dapat bermanfaat bagi anda pribadi dalam hal menurunkan resiko diabetes terutama bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga penderita diabetes.

Disinilah letak pentingnya upaya pencegahan diabetes. Karena selain menurunkan resiko diabetes, upaya pencegahan diabetes dapat memotivasi anda untuk terus hidup sehat dengan cara-cara yang benar. Selain itu mengingat obat diabetes yang benar benar efektif dapat memberikan efek sembuh permanen bagi penderita juga belum ditemukan sehingga pencegahan diabetes hendaknya dilakukan sebelum terlambat.

Metode Penyembuhan Diabetes Non Medis

Metode penyembuhan diabetes melitus non medis dapat menjadi alternatif bagi penderita dalam mengupayakan kesembuhannya. Obat herbal diabetes ini sebenarnya sudah digunakan oleh orang-orang terdahulu dan memang terbukti efektif dalam mengontrol kadar gula darah. Penggunaan dalam jangka waktu yang lama menunjukkan efek positif terhadap sel beta pankreas yang tadinya rusak dan sensitifitas tubuh terhadap insulin sehingga penderita akan dapat mengurangi ketergantungan terhadap insulin buatan dan obat dokter.

=> Klik Di Sini untuk mengalahkan diabetes Anda Sekarang <=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!