Waspadai Diabetes Melitus Pada Anak Anda!

Diabetes pada anak merupakan nama lain yang diberikan untuk diabetes melitus tipe 1. Penyebab ini adalah gangguan produksi insulin yang cenderung dipicu oleh terjadinya kerusakan pada sel beta pankreas si anak tersebut. Sementara itu, kerusakan sel beta pankreas umumnya sangat sulit untuk dideteksi dan penyebabnya pun masih dalam penelitian lebih lanjut.

Terkait dengan kerusakan sel beta pankreas yang kemudian menyebabkan penyakit tersebut, sebuah penelitian di Inggris seperti dikutip Reuters mengungkapkan bahwa kemungkinan kerusakan sel beta pankreas disebabkan oleh infeksi virus. Menurut hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa pada pankreas anak yang menderita diabetes tipe 1 ditemukan sebuah virus (Enterovirus) yang tidak ditemukan pada pankreas anak yang sehat.

Dengan adanya hasil penelitian tersebut, para ahli medis kemudian menyimpulkan bahwa kemungkinan ada faktor pemicu lain yang dapat menyebabkan penyakit DM tipe 1 pada anak. Dalam hal ini, virus dapat menjadi faktor pemicu kedua selain faktor genetik yang membuat orang menjadi memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk terserang kencing manis.

Bagaimana Gangguan Produksi Insulin Menyebabkan Lonjakan Kadar Gula Darah?

diabetes melitus pada anakGangguan produksi insulin yang terjadi sangat erat kaitannya dengan fungsi sel beta pankreas sebagai kelenjar penghasil insulin. Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi bahwa sel beta pankreas dapat mengalami kerusakan yang nantinya akan mempengaruhi produksi insulin yang dihasilkan.

Kerusakan sel beta pankreas umumnya disebabkan oleh faktor genetik. Namun sebuah penelitian menyebutkan bahwa ternyata faktor genetik bukanlah satu-satunya penyebab kerusakan pada sel beta pankreas tersebut. Faktor lainnya seperti infeksi virus dianggap sebagai hal yang mungkin terjadi sehingga kemudian memicu kerusakan pada sel beta pankreas.

Bapak Ibu

  

Ketika sel beta pankreas mengalami kerusakan, maka secara otomatis produksi insulin akan terganggu. Jumlah insulin yang dapat dihasilkan akan berkurang atau bahkan terhenti akibat kerusakan yang terjadi. Dengan berkurangnya insulin yang dapat diproduksi, maka kerja insulin dalam menjaga kestabilan kadar gula darahpun menjadi kurang optimal. Inilah kemudian yang memicu terjadinya lonjakan pada kadar gula darah.

Klik Di Sini Sekarang, Dapatkan gula darah yang normal dan stabil dalam waktu singkat

Gejala Diabetes pada Anak

Seperti halnya penyakit gula darah yang menyerang orang dewasa dan remaja, penyakit diabetes yang menyerang anak-anak juga memiliki gejala yang sama. Namun perlu diingat bahwa gejala yang dapat dianggap paling signifikan adalah penurunan berat badan. Penurunan berat badan yang sangat drastis dapat dicurigai sebagai gejala awal diabetes selain gejala lainnya seperti sering buang air kecil, banyak makan, banyak minum dan tubuh yang lemas.

Pengobatan Kencing Manis

insulin yang diberikan tidak secara efektif mampu menuntaskan akar permasalahan diabetesPengobatan medis yang umumnya diberikan pada penderita kencing manis dapat berupa sulih insulin dan obat penurun kadar gula darah. Sulih insulin biasanya akan lebih identik dengan penderita diabetes tipe 1. Dengan kata lain, jika anak anda menderita kencing manis, maka pengobatan yang akan diberikan akan lebih sering dalam bentuk sulih insulin daripada obat penurun kadar gula darah.

Mungkin sebagian dari anda bertanya mengapa penderita diabetes tipe 1 diberi sulih insulin untuk menstabilkan kadar gula darahnya? Perlu diingat bahwa penderita diabetes tipe 1 yang sebagian besar anak-anak mengalami gangguan produksi insulin akibat sel beta pankreasnya mengalami kerusakan. Ini berarti bahwa penderita lebih memerlukan suplai insulin daripada obat untuk menurunkan kadar gula darahnya.

Pengobatan Medis Belum Mampu Atasi Akar Penyebab Kencing Manis

Pengobatan medis yang diberikan untuk penderita diabetes tipe 1 ternyata belum mampu mengatasi akar penyebab penyakit tersebut. Hal ini sesuai dengan tujuan pengobatan tersebut yang hanya berfungsi menjaga kestabilan kadar gula darah penderita. Dengan begitu, penderita tidak akan pernah benar-benar terbebas dari penyakit yang dideritanya sekaligus resiko komplikasi diabetes yang dapat muncul kapan saja.

Metode pengobatan lain mungkin perlu dikembangkan untuk mengatasi akar penyebab diabetes tipe 1 mengingat pengobatan medis yang ada saat ini belum mampu mengatasinya. Penggunaan vaksin memang sedang dibicarakan mengingat adanya kemungkinan infeksi virus yang memicu kerusakan pada sel beta pankreas. Masalahnya adalah apakah penggunaan vaksin juga dapat mengoptimalkan kembali kerja sel beta pankreas dalam memproduksi insulin?

Sementara dunia medis masih belum menemukan metode pengobatan baru yang dapat secara efektif membasmi akar penyebab diabetes, penderita kencing manis sudah mulai melirik khasiat obat herbal. Obat herbal sendiri memang semakin menjamur dan semakin dilegalkan penggunaannya. Hal ini karena obat herbal alami diabetes melitus memang terbukti aman dan tanpa efek samping. Namun yang perlu dicermati sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan obat herbal dalam pengobatan diabetes adalah khasiatnya.

Secara klinis, obat herbal belum teruji khasiatnya. Ini menjadi alasan utama mengapa kemudian dokter-dokter tidak menyarankan penggunaan obat herbal. Namun tidak demikian halnya dengan Tahitian Noni. Pengobatan alami diabetes yang satu ini justru menjadi rujukan para dokter karena selain telah teruji khasiatnya secara klinis, jus buah mengkudu pilihan tersebut juga aman dikonsumsi untuk jangka waktu yang lama.

KLIK DI SINI untuk mencabut akar penyebab diabetes Anda Sekarang Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!