Makanan Untuk Penderita Diabetes Ternyata Menggiurkan

Ketika anda divonis menderita diabetes, maka seketika itulah yang terbayang di benak anda adalah kenyataan bahwa anda tidak akan dapat menikmati makanan favorit anda lagi. Benarkah demikian? Perlu diketahui bahwa sebenarnya penderita diabetes tetap dapat menikmati makanan apa saja. Hanya saja pola makan penderita yang harus diperbaiki. Selain itu, untuk selalu menjaga agar kadar gula darah penderita dapat mendekati normal, maka dokter akan menyarankannya untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk penderita diabetes.

Saran dokter yang berkaitan dengan makanan untuk penderita diabetes melitus ini bukanlah tanpa alasan. Hal ini terkait dengan fakta bahwa terdapat jenis makanan tertentu yang akan dapat meningkatkan kadar gula darah penderita. Andai saja penderita tidak sedang menderita diabetes, maka peningkatan kadar gula darah akan selalu dapat distabilkan kembali oleh tubuh. Namun akibat tidak adanya produksi insulin yang cukup serta berkurangnya sensitifitas sel terhadap insulin yang ada maka makanan yang dikonsumsi penderita pun harus diawasi agar kadar gula darahnya tidak semakin meningkat.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika penderita mengkonsumsi makanan yang baik untuk penderita diabetes. Hal ini agar pengobatan yang sedang dijalani dapat berhasil maksimal dalam mempertahankan kadar gula darah. Namun perlu diingat bahwa pengobatan diabetes yang ada saat ini hanya sebatas mengontrol kadar gula darah bukan menuntaskan akar penyebab diabetes. Berikut ini akan diberikan beberapa makanan untuk pengidap diabetes.

Apel

makanan untuk penderita diabetesBuah apel yang sering kita konsumsi memang telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Lalu apa manfaatnya bagi penderita diabetes? Ketahuilah bahwa selain mengandung vitamin A apel ternyata juga sangat kaya akan zat quersetin. Zat ini menurut penelitian para ahli di Finlandia dapat mengurangi resiko seseorang untuk terkena diabetes dan penyakit jantung sampai 20 persen.

Karenanya konsumsilah apel bagi anda yang belum terkena diabetes guna mengurangi resiko diabetes. Sementara itu, bagi anda yang sudah divonis menderita diabetes, akan lebih baik jika anda sering mengkonsumsi apel dari pada makanan lain yang dapat meningkatkan kadar gula darah anda.

Bapak Ibu

  

Kayu Manis

Kayu manis memang lebih dikenal sebagai bumbu dapur dengan rasa khasnya. Namun pernahkah anda berpikir bahwa kayu manis ternyata dapat membantu penderita diabetes agar gula darahnya dapat selalu mendekati normal?

Menurut sebuah penelitian di Maryland, Amerika Serikat kayu manis ternyata dapat meningkatkan sensitifitas sel terhadap insulin sehingga glukosa dapat dicerna menjadi energi dan cadangan makanan. Akibatnya tentu saja kadar gula darah menjadi stabil. Karenanya perlu sekali untuk mengkonsumsi kayu manis sedikitnya setengah sendok teh setiap hari. Anda bisa mencampurkannya ke dalam masakan atau minuman anda guna menstabilkan kadar gula darah anda yang meningkat drastis.

Jeruk

Jeruk dengan kandungan vitamin C nya membuatnya menjadi salah satu antioksidan terbaik selain vitamin E yang berguna untuk menangkal serangan radikal bebas. Lalu apa kaitannya dengan diabetes? Perlu diketahui bahwa hasil penelitian para ahli menunjukkan bahwa di dalam tubuh penderita diabetes ditemukan sedikit sekali vitamin C. Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi buah jeruk guna memenuhi kebutuhan akan vitamin C, minimal 1000 mg per hari.

Selain sebagai antioksidan, vitamin C yang terdapat dalam jeruk juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini tentu saja akan berdampak positif karena dengan meningkatnya kekebalan tubuh, maka resiko terkena infeksi penyakit pun menjadi berkurang.

Makanan Yang Kaya Akan Serat

fungsi serat Gandum dapat memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darahMakanan yang kaya akan serat seperti halnya gandum akan sangat bermanfaat sekali bagi penderita diabetes. Hal ini terkait dengan fungsi serat yang dapat memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah sehingga lonjakan kadar gula darah pun dapat dicegah. Karenanya konsumsilah gandum, terutama jika anda penggemar roti. Konsumsi roti yang bukan terbuat dari gandum akan dapat meningkatkan kadar gula darah anda sehingga sebagai alternatif, roti gandum akan lebih baik bagi anda.

Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan ternyata sangat bermanfaat dalam membantu mengurangi peningkatan kadar gula darah serta dapat memperkecil resiko seseorang terhadap penyakit jantung. Hal ini karena kacang-kacangan mengandung lemak rendah kalori, protein dan juga serat yang dapat memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah. Akibatnya peningkatan kadar gula darah pun dapat dicegah.

Karena manfaat yang diberikan, maka sudah seharusnya anda tidak menghindari konsumsi kacang-kacangan, khususnya kacang tanah yang ditengarai sebagai faktor pemicu timbulnya jerawat. Padahal sebenarnya konsumsi kacang tanah justru tidak berpengaruh terhadap munculnya jerawat tersebut.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam memiliki kandungan serat yang tinggi serta kalsium, zat besi, vitamin B dan vitamin C. Serat telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah. Selain itu, di dalam sayuran hijau juga ditemukan kandungan lutein. Zat ini semacam karotenoid yang sangat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Perlu diketahui bahwa diabetes kronis akan berdampak pada berkurangnya penglihatan sehingga konsumsi sayuran hijau akan dapat mencegah kerusakan mata yang terjadi.

Mengingat banyak sekali manfaat yang akan anda dapatkan dengan hanya mengkonsumsi makanan khusus penderita diabetes, maka sudah sewajarnya jika anda mulai mengkonsumsi makanan utk penderita diabetes tersebut. Hal ini tenu saja akan sangat berpengaruh positif terhadap kadar gula darah anda mengingat pengobatan diabetes yang sedang anda jalani belum dapat secara maksimal mengatasi diabetes yang anda derita.

KLIK DI SINI agar gula darah Anda tetap stabil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!