Menu Makanan Sehat Untuk Diabetes Yang Menjadi Favorit

Jumlah penderita penyakit diabetes selalu bertambah tiap tahunnya. Padahal bahaya yang dapat ditimbulkan oleh penyakit diabetes pun sudah banyak diketahui orang. Namun mengapa jumlah penderita diabetes terus bertambah? Hal ini ternyata ada hubungannya dengan gaya hidup yang dijalani dan juga nantinya terkait dengan jenis makanan yang sering dikonsumsi.

Perlu diketahui bahwa gaya hidup juga merupakan salah satu faktor resiko diabetes yang dapat mempertinggi resiko seseorang untuk terkena diabetes. Jadi faktor resiko diabetes bukan hanya karena keturunan dan kurangnya aktifitas fisik atau obesitas. Terkait dengan gaya hidup ini memang orang modern cenderung menjalani gaya hidup yang tidak sehat. Banyak hal yang memicu mereka sehingga akhirnya menjalani gaya hidup yang tidak sehat tersebut. Salah satunya adalah kemajuan teknologi.

Kemajuan teknologi telah secara drastis merubah kebiasan orang. Apalagi dalam hal pekerjaan, orang cenderung dituntut untuk selalu diam di depan komputer. Belum lagi ditambah dengan padatnya aktifitas sehingga untuk makan saja terpaksa  harus memilih makanan instan.

Stop makanan instan, Untuk kesehatan Tubuh Anda!Terkait dengan konsumsi makanan instan tersebut, perlu diingat bahwa makanan tersebut tidak memiliki jumlah nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menunjang keseluruhan aktifitasnya. Dengan demikian konsumsi makanan instan yang terus menerus dapat mengakibatkan tubuh mengalami malnutrisi. Jika makanan ini dikonsumsi oleh penderita diabetes, maka akan dapat meningkatkan kembali kadar gula darahnya sehingga pengobatan medis yang diberikan tidak akan berhasil maksimal.

Makanan yang Dapat Mengontrol Kadar Gula Darah Penderita

Perlu diingat bahwa penderita diabetes harus selalu mengontrol kadar gula darahnya agar dapat selalu mendekati stabil. Karenanya demi menjaga kestabilan kadar gula darah tersebut, diet ketat pun harus dijalani. Agar diet yang dijalani dapat berhasil maksimal dalam hal mengontrol kadar gula darah, maka diperlukan untuk selalu mengkonsumsi jenis makanan tertentu yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah, khususnya makanan sehat bagi penderita diabetes. Berikut beberapa makanan sehat untuk penderita diabetes yang dapat dijadikan sebagai acuan diet.

Bapak Ibu
  • Kayu Manis

Kayu manis memang lebih dikenal sebagai penyedap masakan maupun sebagai bahan pemanis pada kue dan minuman. Namun tahukah anda bahwa kayu manis ternyata juga sangat bermanfaat  bagi penderita diabetes. Terkait dengan khasiat kayu manis bagi penderita diabetes, kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah penderita.

Hasil ini telah dibuktikan melalui penelitian juga yang kemudian menganjurkan konsumsi ½ sendok teh kayu manis setiap hari guna membantu menurunkan kadar gula darah penderita.

  • Teh Hijau

Khasiat Teh Hijau Mampu Menangkal Serangan Radikal BebasTeh hijau telah lama dikenal dan juga digunakan terkait dengan fungsinya sebagai antioksidan. Beberapa penelitian juga telah berhasil membuktikan khasiat teh hijau yang mampu menangkal serangan radikal bebas sehingga kerusakan sel maupun jaringan akibat serangan radikal bebas tersebut dapat dikurangi atau bahkan dicegah. Selain itu, minum teh hijau setiap hari di pagi hari juga dapat menyegarkan tubuh dan meningkatkan stamina tubuh.

  • Coklat

Coklat selain berfungsi mengurangi stres ternyata juga baik bagi penderita diabetes. Hal ini mengingat coklat, khususnya coklat hitam terbukti dapat meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin sehingga fungsi insulin pun dapat dioptimalkan kembali dalam hal mengontrol kadar gula darah penderita. Khasiat ini pun ternyata juga telah melalui proses penelitian di Universitas San Fransisco yang juga menemukan khasiat lain coklat hitam, yaitu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan memperbaiki serta meningkatkan fungsi pembuluh darah. oleh karena itu, coklat hitam ini dapat menjadi salah satu makanan sehat diabetes.

  • Cuka

Cuka ternyata tidak hanya memberikan rasa asam pada masakan, tetapi juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Menurut sebuah hasil penelitian di State University of Arizona menyebutkan bahwa konsumsi 2 sendok teh cuka dapat membantu menurunkan kadar gula darah sampai 25% lebih rendah dibandingkan kadar gula darah penderita sebelumnya sehingga cuka dapat juga menjadi salah satu makanan sehat untuk penderita diabetes melitus.

  • Sayuran Hijau dan Buah

Sayuran hijau dan buah kaya akan nutrisi, terutama kandungan serat dan mineral

Sayuran hijau dan buah kaya akan nutrisi, terutama kandungan serat dan mineral

Sayuran hijau dan buah kaya akan nutrisi, terutama kandungan serat dan mineral. Kandungan serat yang tinggi ini tidak hanya baik bagi pencernaan makanan, tetapi juga baik untuk menurunkan kadar gula darah penderita diabetes. Oleh karena itu, sayuran hijau dan buah dikategorikan sebagai makanan sehat bagi penderita diabetes karena terbukti mampu menurunkan kadar gula darah selain mencegah konstipasi.

 

  • Mengkudu

Mengkudu merupakan salah satu makanan obat yang terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Bahkan terkait khasiatnya dalam hal menurunkan kadar gula darah mengkudu telah digunakan oleh orang Eropa jaman dulu untuk menstabilkan kadar gula darah mereka. Beberapa tahun belakangan ini penelitian lebih lanjut mengenai khasiat buah mengkudu ini kembali diteliti. Ternyata terdapat kandungan zat Iridoid dan ratusan senyawa lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan zat Iridoid dan senyawa tersebut tidak hanya bermanfaat dalam mengatasi diabetes tetapi juga mampu mengatasi berbagai penyakit lain. Khasiat ini juga telah diujicobakan pada sebanyak 27000 pasien yang juga melibatkan dokter dan ahli medis. Hasilnya 82% dari keseluruhan pasien yang menderita diabetes berhasil mengatasi diabetes yang dideritanya.

Namun perlu diketahui bahwa khasiat buah mengkudu yang sangat luar biasa bagi kesehatan ini hanya ditemukan pada buah mengkudu dari Tahiti. Di Tahiti, buah mengkudu lebih dikenal dengan sebutan buah Noni sehingga kemudian produk berbahan dasar Noni ini diberi nama Tahitian Noni. Mengingat khasiatnya yang sangat luar biasa bagi kesehatan, terutama dalam mengatasi diabetes, Tahitian Noni merupakan solusi terbaik bagi anda dan keluarga dalam melawan berbagai macam serangan penyakit.

KLIK DI SINI untuk mengalahkan diabetes Anda Sekarang

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *