Rahasia Membuat Menu Diabetes Yang Lezat!

Menu makanan diabetes merupakan jenis menu yang dikhususkan untuk penderita diabetes. Umumnya menu penderita diabetes tersebut akan berisi daftar menu diabetes yang dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah. Terkait dengan menu makanan penderita diabetes tersebut sebenarnya tidak ada jenis makanan khusus yang harus dihindari seperti halnya yang sering dibicarakan. Hanya saja perlu diingat bahwa konsumsi jenis makanan tertentu, khususnya yang mengandung gula perlu dikurangi untuk menjaga kestabilan kadar gula darah.

Konsumsi makanan yang mengandung gula tersebut perlu dihindari karena di dalam tubuh penderita sedang mengalami gangguan produksi insulin dan/atau gangguan fungsi insulin. Dengan masuknya makanan yang mengandung gula tersebut tentunya akan semakin menambah lonjakan kadar gula darah yang terjadi. Inilah yang menjadi alasan mengapa kemudian konsumsi makanan tersebut perlu untuk dikurangi. Dengan begitu diharapkan dapat menjelaskan mitos seputar menu sehat untuk pengidap diabetes mellitus.

Jika memang dengan adanya menu bagi penderita diabetes kadar gula darah dapat selalu stabil, lalu apa saja jenis makanan yang harus ada dalam daftar tersebut? Berikut ini beberapa makanan sehat untuk orang diabetes yang dapat dipertimbangkan ketika harus menyiapkan menu untuk penderita diabetes.

Beras Merah

menu diabetes

Beras merah merupakan alternatif nasi yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita kencing manis

Beras merah merupakan alternatif nasi yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita kencing manis. Hal ini tentu saja karena kandungan seratnya yang sangat tinggi. Perlu diketahui bahwa serat dalam jumlah yang cukup dapat membantu kerja insulin dalam hal menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, serat juga terbukti mampu mengurangi pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga kadar gula darahpun dapat tetap stabil.

Selain kandungan seratnya yang cukup tinggi ternyata beras merah juga mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks yang dihasilkan ini berbeda jenisnya dengan karbohidrat yang biasanya ada pada nasi, roti, mie dan pasta. Karbohidrat pada nasi, roti, mie dan pasta merupakan karbohidrat sederhana yang lebih cenderung meningkatkan kadar gula darah karena dapat mempercepat pelepasan gula ke dalam aliran darah.

Bapak Ibu

  

Lain halnya dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks justru dapat menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga kadar gula darahpun akan tetap stabil. Karenanya perlu untuk dipertimbangkan konsumsi beras merah saat sedang menderita kencing manis sehingga lonjakan kadar gula darah dapat dikurangi.

Gandum

Selain beras merah, penghasil serat lainnya adalah gandum. Gandum di Indonesia merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia Timur. Sementara itu, masyarakat lainnya lebih cenderung mengkonsumsi nasi putih atau roti untuk memperoleh karbohidrat. Konsumsi nasi putih dan roti inilah yang harus dikurangi ketika menderita penyakit gula darah. Hal ini karena kandungan karbohidrat sederhana pada nasi dan roti dapat mempercepat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Berbeda halnya dengan kandungan serat dalam gandum yang justru akan dapat menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Selain itu, dengan kandungan seratnya yang cukup tinggi tersebut gandum dapat memperbaiki sistem pencernaan. Karenanya selain beras merah juga perlu dipertimbangkan konsumsi gandum guna menjaga kestabilan kadar gula darah anda.

Klik DI SINI Sekarang, Dapatkan gula darah yang normal dan stabil dalam waktu singkat

Konsumsi Buah-Buahan

Buah Pir Salah Satu Buah Yang Aman Dikonsumsi Penderita DiabetesBuah-buahan kaya akan serat dan nutrisi penting lainnya. Dengan kandungan serat yang dimilikinya tersebut, konsumsi buah akan dapat menjaga kestabilan kadar gula darah. Bagaimana jika kemudian dikonsumsi oleh penderita diabetes? Apakah konsumsi buah akan tetap aman bagi penderita?

Terkait dengan konsumsi buah-buahan pada penderita kencing manis, perlu diketahui bahwa terdapat jenis buah tertentu yang memang konsumsinya dianjurkan. Buah seperti pir, apel, jeruk dan alpukat justru dianjurkan konsumsinya pada penderita penyakit gula darah. Hal ini karena kandungan gulanya rendah sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Berbeda halnya dengan buah nanas, sirsak, mangga, nangka dan durian yang justru dapat menyebabkan lonjakan pada kadar gula darah. Hal ini karena selain kandungan gula buah, ternyata buah tersebut memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Karenanya perlu dibedakan buah mana yang boleh dikonsumsi dan yang tidak agar gula darah anda dapat tetap stabil.

Sementara itu, ada satu buah lagi yang memang berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah. Buah tersebut adalah mengkudu yang sudah sejak ratusan tahun lalu digunakan sebagai alat penurun kadar gula darah. Bahkan di Tahiti penggunaan mengkudu sebagai penurun kadar gula darah sudah bukan menjadi hal baru lagi.

Terkait dengan khasiatnya tersebut, sebuah penelitian telah dilakukan guna mengetahui kandungan apa yang terdapat pada mengkudu sehingga kemudian dapat menurunkan kadar gula darah. Hasil penelitian tersebut kemudian menemukan adanya kandungan zat Iridoid dan 230 senyawa lainnya yang fungsinya dapat mengoptimalkan kembali kerja sel beta pankreas dan mampu meningkatkan fungsi insulin dalam menjaga kestabilan kadar gula darah.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut kemudian lahirlah sebuah produk kesehatan herbal bernama Tahitian Noni. Produk kesehatan yang menggunakan ekstrak mengkudu jenis terbaik ini ternyata telah teruji secara klinis khasiatnya dan bahkan telah menerima sebanyak 52 hak paten untuk khasiatnya tersebut. Karenanya guna menjaga kestabilan kadar gula darah sekaligus mengatasi kencing manis yang anda derita, Tahitian Noni dapat menjadi solusi terbaik bagi anda.

> KLIK DI SINI untuk mencabut akar penyebab diabetes Anda <

Comments (1)
  1. Rabiah Arkanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!