Tahukah Anda Bahwa Makanan Penyebab Diabetes Ada Di Lingkungan Anda?

Makanan adalah sumber nutrisi bagi tubuh. Dengan terpenuhinya nutrisi maka tubuh akan dapat menjaga fungsinya dengan baik sehingga tubuh akan tetap sehat. Bagaimana dengan penderita diabetes? Apakah mereka juga memerlukan nutrisi layaknya orang normal? Terkait dengan nutrisi yang diperlukan, penderita diabetes juga memerlukan jumlah nutrisi yang sama.

Hal yang membedakan pemenuhan nutrisi tersebut hanya terkait dengan makanan sehat untuk diabetes guna mengurangi peningkatan kadar gula darah yang terjadi. Perlu diketahui bahwa salah satu faktor pemicu tingginya kadar gula darah adalah makanan. Karenanya terdapat jenis makanan tertentu yang termasuk dalam kategori makanan penyebab diabetes.

Mengapa dianggap sebagai makanan penyebab diabetes? Hal ini tentunya terkait dengan tingginya kadar gula yang dikandung makanan tersebut atau yang biasa disebut dengan indeks glikemik. Perlu diketahui bahwa jika suatu makanan mengandung karbohidrat sederhana, maka konsumsi terus menerus akan dapat meningkatkan kadar gula darah. Hal ini karena makanan yang mengadung karbohidrat sederhana tidak memerlukan proses yang lama untuk diserap tubuh sehingga menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Mengingat banyaknya jenis makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, maka anda harus mengurangi konsumsi jenis makanan penyebab diabetes tersebut. Lalu makanan apa saja yang dapat dikategorikan sebagai makanan penyebab diabetes? Simak info selengkapnya di bawah ini.

Nasi Putih

Kurangi Konsumsi Nasi Putih Jika Anda Terkena DiabetesNasi merupakan makanan pokok sebagian besar orang Asia termasuk Indonesia. Oleh karenanya konsumsi nasi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun jika menderita diabetes, ada baiknya anda tidak perlu mengkonsumsi nasi sama sekali. Sebagai pengganti nasi, anda bisa memilih beras merah atau gandum yang mengandung lebih banyak serat dan tidak akan mempengaruhi kadar gula darah anda.

Bapak Ibu

  

Mungkin anda akan bertanya mengapa penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi nasi. Perlu diketahui bahwa nasi sangat kaya akan karbohidrat. Karbohidrat yang dihasilkan dari nasi ini nantinya akan dicerna menjadi glukosa oleh enzim pencernaan, baik di mulut maupun di lambung. Dengan dihasilkannya glukosa dalam jumlah yang banyak tentunya tubuh juga akan memerlukan suplai insulin yang cukup guna mengontrol kadar gula darah.

Sebenarnya banyaknya glukosa yang dihasilkan tidak akan menimbulkan masalah jika anda tidak menderita diabetes. Hal ini karena tubuh masih mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup guna mengontrol kadar gula darah. Inilah yang tidak terjadi pada penderita diabetes akibat rusaknya sel beta pankreas sebagai penghasil utama insulin dan berkurangnya sensitifitas tubuh terhadap insulin yang ada.

Mie

Sebagian besar mie memiliki indeks glikemik yang tinggi. Hal ini mengingat bahan dasar mie umumnya adalah tepung. Tepung sendiri sangat kaya akan karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana ini dapat meningkatkan kadar gula darah karena karbohidrat sederhana tidak memerlukan proses yang lama untuk dapat dicerna oleh tubuh. Karenanya, ada baiknya jika anda mengurangi konsumsi mie ketika anda menderita diabetes. Hal ini guna mengontrol kadar gula darah anda agar tetap dapat mendekati normal.

Pasta

makanan penyebab diabetesPasta juga termasuk makanan penyebab diabetes. Hal ini mengingat sebagian besar pasta dibuat dari karbohidrat sederhana layaknya mie. Bahan inilah yang membuatnya memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga lebih mudah meningkatkan kadar gula darah.

Terkait dengan peningkatan kadar gula darah ini, perlu diketahui bahwa sebenarnya orang normal pun mengalami peningkatan kadar gula darah dua jam setelah makan. Yang membedakannya dengan penderita diabetes adalah kadar gula darah orang normal akan kembali stabil dua jam setelah makan. Hal ini mengingat tubuh masih dapat menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup guna mengontrol kadar gula darah. Selain itu, sensitifitas tubuh terhadap inuslin yang ada juga masih cukup baik.

Lain halnya dengan penderita diabetes yang mana produksi insulin di dalam tubuh berkurang. Hal ini disebabkan oleh rusaknya sel beta pankreas dan/atau resistensi sel terhadap insulin yang ada sehingga insulin pun tidak dapat bekerja maksimal. Inilah alasan utama mengapa kadar gula darah penderita tidak kunjung stabil meskipun telah lewat dua jam setelah makan.

~> KLIK DI SINI agar gula darah Anda tetap stabil <~

Selain tiga jenis makanan tersebut di atas, masih ada tiga makanan penyebab kencing manis lainnya yang perlu anda hindari. Namun penjelasan mengenai ketiga jenis makanan pemicu kencing manis tersebut akan anda temukan pada artikel selanjutnya. Cukup Klik Di Sini untuk mengetahui ketiga jenis makanan penyebab diabetes tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!