Tahukah Anda Bahwa Makanan Penyebab Diabetes Ada Di Lingkungan Anda? (bag2)

Pada kesempatan yang lalu sudah diberikan daftar tiga makanan yang dapat memicu kencing manis. Kali ini, masih dengan tema yang sama, kami akan memberikan daftar tiga makanan lagi yang dapat memicu penyakit gula darah tersebut. Bagi anda yang belum mengetahui tiga jenis makanan pemicu diabetes yang sudah disebutkan sebelumnya, anda bisa Klik Di Sini agar pemahaman anda semakin lengkap sebelum membaca daftar tiga makanan pemicu kencing manis yang akan kami bahas pada artikel kali ini.

Kafein

Konsumsi kafein yang berlebihan dapat mempengaruhi terbentuknya estradiol dalam jumlah yang berlebihan. Estradiol merupakan estrogen alami. Dengan terbentuknya estradiol maka secara otomatis akan semakin menambah jumlah estrogen. Jika tidak diimbangi dengan produksi hormon progesteron yang cukup maka akibatnya akan menyebabkan ketidakseimbangan pada hormon.

Konsumsi kafein yang berlebihan dapat mempengaruhi terbentuknya estradiolKetidakseimbangan hormon akibatnya akan sangat fatal bagi penderita. Mengapa demikian? Hal ini karena dengan tidak seimbangnya kadar hormon maka akan mempengaruhi kinerja insulin. Insulin akan susah menempel pada permukaan sel sehingga berakibat pada terhambatnya proses metabolisme glukosa. Jika sudah demikian halnya maka kadar gula darah pun akan meningkat drastis. Karenanya akan lebih baik jika anda mengurangi asupan kafein baik itu dari kopi, coklat, teh maupun makanan dan minuman yang mengandung kafein lainnya.

Kentang

Seperti halnya nasi, mie dan pasta, kentang juga kaya akan karbohidrat. Ini berarti bahwa konsumsi kentang yang berlebihan akan dapat meningkatkan kadar gula darah. Peningkatan kadar gula darah yang terjadi sebenarnya tidak akan berpengaruh secara signifikan terhadap seseorang jika saja tubuhnya masih dapat memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup serta masih memiliki sensitifitas yang cukup baik terhadap insulin yang ada.

Bagaimana jika yang terjadi adalah sebaliknya, dimana produksi insulin berkurang dan sensitifitas sel terhadap insulin juga kurang baik? Tentunya hal ini akan berpengaruh terhadap kadar gula darahnya. Kadar gula darah akan meningkat drastis akibat tidak adanya insulin dan kurangnya sensitifitas sel terhadap insulin yang ada. Karenanya demi menjaga agar kadar gula darah anda dapat selalu mendekati normal, maka akan lebih baik jika anda mengurangi konsumsi kentang, terutama kentang yang digoreng.

Bapak Ibu

  

Kentang yang digoreng selain dapat meningkatkan kadar gula darah juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Dengan meningkatnya jumlah kolesterol jahat ini, maka anda akan menjadi lebih rentan terhadap penyakit kardiovaskular.

Roti Putih

makanan penyebab diabetesRoti putih juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Karenanya jika anda menderita diabetes, konsumsi roti putih akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan kadar gula darah anda. Untuk itu sangat dianjurkan untuk mengurangi konsumsi roti putih guna mendapatkan kadar gula darah yang selalu mendekati normal. Atau jika memang memungkinkan, anda bisa menggantinya dengan roti yang berbahan dasar gandum.

Gandum sebenarnya juga mengandung karbohidrat. Namun karena kandungan seratnya yang juga tinggi, maka gandum dapat membantu menstabilkan kadar gula darah anda dengan kandungan seratnya tersebut. Selain itu, serat yang ada juga berpengaruh dalam pencegahan konstipasi akibat tidak lancarnya sistem pencernaan. Serat gandum juga terbukti bermanfaat untuk mengurangi penimbunan lemak di dalam tubuh yang juga dapat berpengaruh pada sensitifitas sel terhadap insulin yang ada.

Selain daftar makanan penyebab diabetes yang sudah disebutkan, tentunya anda masih akan menemukan jenis makanan lain yang juga termasuk dalam kategori makanan penyebab diabetes. Apapun itu, usahakanlah untuk mengurangi konsumsi makanan tersebut agar kadar gula darah anda dapat selalu mendekati normal sehingga resiko diabetes dapat dikurangi atau bahkan dicegah. Dengan begitu, anda dapat terhindar dari penyakit berbahaya tersebut yang obatnya belum ditemukan sampai saat ini mengingat pengobatan medis yang diberikan nantinya hanya sebatas menjaga kestabilan kadar gula darah. Jadi pengobatan tersebut belum secara efektif mengatasi akar penyebabnya.

KLIK DI SINI untuk mencabut akar penyebab diabetes Anda Sekarang Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!