Ternyata Ada Makanan Favorit Anda Yang Merupakan Pantangan Diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya peningkatan kadar gula darah yang melebihi batas kadar gula darah normal. Namun perlu diingat bahwa tingginya kadar gula darah penderita ini bukanlah penyebab utama diabetes. Penyebab utama diabetes adalah gangguan produksi insulin dan gangguan fungsi insulin sehingga insulin gagal dalam mempertahankan kestabilan kadar gula darah.

Karena kedua penyebab utama diabetes tersebut di atas maka kadar gula darah meningkat drastis. Karena itulah kemudian penderita diabetes harus selalu menakar kadar gula darahnya agar selalu dapat mendekati normal. Jika tidak maka kadar gula darah akan semakin meningkat tak terkendali.

Terkait dengan upaya pengendalian kadar gula darah penderita tersebut, maka perlu dilakukan beberapa hal guna menjaga kestabilan kadar gula darah. Salah satunya terkait dengan konsumsi jenis makanan tertentu. Namun perlu diketahui juga bahwa sebenarnya penderita diabetes tetap dapat menikmati makanan favoritnya. Hanya saja yang perlu lebih diperhatikan adalah pola makan penderita. Ini berarti bahwa penderita dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi jenis makanan tertentu secara berlebihan, khususnya makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah penderita. Apa saja jenis makanan yang merupakan pantangan penyakit gula?

Makanan dan Minuman Manis

Kurangi Makanan manis guna menjaga kestabilan kadar gula darah diabetesPantangan bagi penderita diabetes yang pertama terkait dengan makanan yang dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah penderita, yaitu makanan dan minuman manis. Oleh karena itu, penderita diabetes perlu mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi. Hal ini mengingat asupan gula nantinya akan semakin meningkatkan kadar gula darah penderita karena tidak ada yang bertugas mengontrol kadar gula darah.

Hal tersebut di atas disebabkan oleh gangguan produksi insulin. Sementara itu, insulin yang ada pun tidak dapat bekerja secara optimal dalam hal mengontrol kadar gula darah akibat gangguan fungsi insulin yang terjadi.

Bapak Ibu

  

Madu

Madu sebenarnya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun khasiat madu terhadap penderita diabetes cenderung menimbulkan pro dan kontra. Hal ini terkait dengan kandungan gula dalam madu yang dikhawatirkan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Terkait dengan hal ini, perlu diketahui bahwa kandungan gula dalam madu murni tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Berbeda halnya dengan kandungan gula dalam madu buatan yang cenderung dapat meningkatkan kadar gula darah penderita.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa sebenarnya penderita diabetes tetap dapat mengkonsumsi madu. Hanya saja terkait dengan banyaknya madu buatan yang beredar dan juga sulitnya membedakan antara madu murni dan madu buatan, maka konsumsi madu pada penderita diabetes kemudian tidak dianjurkan. Hal ini karena dikhawatirkan madu yang dikonsumsi penderita bukanlah madu murni yang nantinya justru semakin meningkatkan kadar gula darah penderita.

Nasi Putih

Konsumsi nasi putih secara berlebihan pada penderita diabetes akan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Mengapa hal ini bisa terjadi? Perlu diketahui bahwa nasi memiliki kandungan karbohidrat sederhana yang tinggi sehingga nasi putih pun memiliki indeks glikemik yang tinggi. Dengan kandungan karbohidrat sederhana yang dimiliki, maka nasi putih tidak memerlukan proses pencernaan yang lama untuk dapat diubah menjadi gula. Hal ini cenderung mempercepat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah penderita.

Berdasarkan fakta tersebut, maka penderita diabetes dianjurkan untuk mengurangi konsumsi nasi putih atau dengan kata lain nasi termasuk ke dalam jenis makanan yang harus dihindari penderita diabetes. Guna mengganti peran nasi sebagai penghasil karbohidrat, penderita dapat mengkonsumsi beras merah atau gandum yang juga kaya akan serat. Serat dalam gandum dapat membatu menjaga kestabilan kadar gula darah sehingga kadar gula darah penderita dapat mendekati stabil.

Mie dan Pasta

pantangan diabetesSeperti halnya nasi putih, mie dan pasta juga memiliki indeks glikemik yang tinggi. Artinya kandungan karbohidrat sederhana di dalam mie dan pasta tidak memerlukan proses pencernaan yang lama untuk dapat menjadi gula. Dengan begitu, pelepasan gula ke dalam aliran darah akan semakin cepat terjadi sehingga kadar gula darah pun melonjak naik. Oleh karena itu, penderita diabetes dianjurkan untuk mengurangi konsumsi mie dan pasta atau dengan kata lain mie dan pasta juga termasuk ke dalam daftar makanan yang dilarang untuk penderita diabetes. Lebih baik tambahkan porsi sayuran hijau dan buah ke dalam daftar diet anda.

Terkait dengan konsumsi sayuran hijau dan buah, keduanya memiliki kandungan nutrisi yang cukup dan juga kaya akan serat dan air. Seperti layaknya kandungan serat dalam gandum, serat yang ada pada sayuran hijau dan buah juga sangat bermanfaat dalam membantu menjaga kestabilan kadar gula darah penderita.

Mengkudu Juga Dapat Menstabilkan Kadar Gula Darah

Mengkudu sebagai salah satu buah yang dapat anda konsumsi guna menjaga kestabilan darah ternyata juga termasuk ke dalam makanan obat kencing manis secara tradisional yang manfaatnya sangat baik bagi kesehatan. Hal ini mengingat kandungan zat Iridoid dan ratusan senyawa penting lain yang berdasarkan hasil penelitian mampu mengatasi berbagai macam penyakit.

Terkait dengan hasil penelitian tersebut, perlu diketahui juga bahwa manfaat buah mengkudu ini hanya ditemukan pada buah mengkudu yang berasal dari Tahiti. Di Tahiti sendiri buah mengkudu oleh masyarakat setempat lebih dikenal dengan sebutan Noni sehingga produk kesehatan yang diproduksi berdasarkan hasil penelitian tersebut kemudian diberi label Tahitian Noni.

Terkait hasil penelitian yang telah ratusan kali dilakukan guna membuktikan khasiat Tahitian Noni, hasilnya juga telah dibukukan ke dalam beberapa jurnal ilmiah sehingga akhirnya konsumsi Tahitian Noni dianjurkan oleh Uni Eropa dan WHO serta dokter-dokter di seluruh dunia. Sehingga guna menjaga kestabilan kadar gula darah anda dan juga sebagai proteksi terhadap serangan berbagai penyakit, Tahitian Noni dapat menjadi solusi terbaik bagi anda sekeluarga.

KLIK DI SINI Sekarang, Dapatkan gula darah yang normal dan stabil dalam waktu singkat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!