Apakah Ada Khasiat Kayu Manis Untuk Diabetes Anda?

Siapa yang tidak tahu dengan Kayu Manis (Cassiavera). Kayu manis atau lebih tepatnya kulit manis acapkali digunakan sebagai penyedap masakan sehingga menjadikannya sangat populer di dunia kuliner. Selain sebagai penyedap masakan, kayu manis juga seringkali digunakan sebagai pemanis kue dan minuman untuk menggantikan gula buatan.

Terkait dengan manfaat kayu manis ini, pernahkah anda membayangkan jika ternyata kayu manis sangat bermanfaat bagi kesehatan, khususnya dalam hal menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes? Beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa kayu manis memang dapat membantu menurunkan kadar gula darah penderita diabetes. Hal ini akibat ditemukannya senyawa kimia (PTP1B) yang terkandung di dalam kayu manis.

Senyawa kimia tersebut mampu mengaktifkan fungsi sel beta pankreas yang mengalami kerusakan sehingga insulin pun dapat kembali diproduksi dalam jumlah yang cukup. Selain itu, pada diabetes tipe 2 yang mana sensitifitas tubuh terhadap insulin yang ada berkurang, senyawa kimia PTP1B dapat membantu meningkatkan sensitifitas tubuh yang berkurang tersebut sehingga nantinya insulin dapat secara optimal mengontrol kadar gula darah.

Penyebab Diabetes dan Pengobatannya

kayu manis untuk diabetesSebagian besar orang menganggap bahwa penyebab utama diabetes adalah meningkatnya kadar gula darah. Benarkah demikian? Perlu diketahui bahwa sebenarnya tubuh penderita diabetes mengalami resistensi sel terhadap insulin (Diabetes tipe 2). Sementara itu, pada penderita diabetes tipe 1, produksi insulin di dalam tubuh berkurang jumlahnya akibat adanya kerusakan sel beta pankreas.

Dengan diketahuinya dua penyebab utama diabetes ini, maka seharusnya masyarakat semakin menyadari bahwa pengobatan medis yang diberikan pada penderita tidak akan memberikan kesembuhan yang sifatnya permanen. Hal ini terkait dengan tujuan pengobatan tersebut yang hanya sekedar membantu menjaga kestabilan kadar gula darah. Perlu diingat bahwa meningkatnya kadar gula darah penderita hanya merupakan faktor gejala diabetes sehingga pengobatan yang efektif seharusnya bukan berusaha menghilangkan gejalanya namun harus mampu menuntaskan akar penyebabnya.

Bapak Ibu

  

Fungsi Kayu Manis

Kayu manis sebagai salah satu obat herbal yang dapat menurunkan kadar gula darah sebenarnya berfungsi sebagai biomolekuler. Fungsi ini akan dapat mengaktifkan kembali pankreas yang mengalami kerusakan sehingga insulin dapat dihasilkan dalam jumlah yang cukup. Selain itu, perlu diketahui bahwa kayu manis ternyata juga dapat mengaktifkan pembentukan glikogen di hati sehingga pelepasan gula ke dalam aliran darah dapat dicegah sehingga kadar gula darah pun dapat tetap stabil.

Fakta ini ternyata juga didukung dengan hasil penelitian para ilmuwan di Amerika yang justru menyarankan konsumsi beberapa sendok kayu manis setiap hari. Hal ini terkait dengan fungsi kayu manis yang ternyata dapat meningkatkan sensitifitas sel terhadap insulin sehingga insulin dapat bekerja sebagaimana mestinya dalam hal mengontrol kadar gula darah.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Amerika Serikat tersebut menunjukkan bahwa pemberian kayu manis dapat meningkatkan pengolahan glukosa menjadi energi sebanyak 20 kali lipat. Tentunya angka ini merupakan angka yang sangat luar biasa. Karenanya guna mendapatkan kembali kadar gula darah yang mendekati normal, anda dapat mengkonsumsi paling tidak 1gram kayu manis setiap hari. Hal ini juga sesuai dengan hasil penelitian para ahli di pakistan yang kemudian menganjurkan konsumsi 1 gram kayu manis setiap harinya.

Kayu Manis versus Obat Diabetes

Khasiat Kayu Manis Untuk Diabetes AndaDalam hal menurunkan kadar gula darah penderita, cara kerja kayu manis berbeda dengan cara kerja obat diabetes yang biasanya diberikan dokter. Obat dokter umumnya akan langsung menurunkan kadar gula darah penderita yang seringkali justru menyebabkan hipoglikemia. Hipoglikemia sendiri merupakan kebalikan dari hiperglikemia (Diabetes) dimana nantinya kadar gula darah penderita akan menurun drastis.

Dengan terjadinya reaksi yang menyebabkan hipoglikemia, maka akibatnya akan sangat fatal bagi penderita jika tidak segera mendapat penanganan yang tepat. Hal ini mengingat hipoglikemia dapat menyebabkan hilang kesadaran (koma) meskipun hanya beberapa jam.

Berbeda halnya dengan obat diabetes melitus yang diberikan dokter pada penderita, kayu manis tidak secara langsung menurunkan kadar gula darah penderita. Guna menurunkan kadar gula darah penderita, kayu manis justru terlebih dahulu mengaktifkan kerja sel pankreas yang mengalami kerusakan sehingga nantinya insulin dapat diproduksi kembali dalam jumlah yang cukup. Selain itu, kayu manis juga mengaktifkan sel alfa yang berkaitan dengan fungsi hati sebagai pembentuk glikogen dimana gula darah diubah menjadi energi.

Dengan kata lain, kayu manis dapat dibilang lebih efektif sebagai Ramuan Obat Diabetes untuk menurunkan kadar gula darah penderita. Hal ini mengingat kayu manis langsung bekerja pada akar penyebab diabetes. Inilah yang seharusnya dapat diupayakan oleh pengobatan medis yang ada yang sampai saat ini hanya sekedar membantu menurunkan kadar gula darah tanpa menuntaskan akar penyebab tingginya kadar gula darah.

=> KLIK DI SINI agar gula darah Anda tetap stabil <=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!