Cara Mengatasi Penyakit Diabetes Secara Alami

Siapa tidak kenal dengan buah blueberi. Buah yang seringkali dimanfaatkan sebagai selai ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk membantu mengembalikan nilai normal gula darah. Beberapa hasil penelitian pun telah membuktikan adanya kandungan zat yang dapat membantu mengatasi penyakit diabetes, sehingga kemudian blueberi dapat menjadi salah satu cara mengatasi penyakit diabetes. Lalu apa saja kandungan nutrisi blueberi sehingga membuatnya mampu mengatasi diabetes?

Kandungan Nutrisi

Cara Mengatasi Penyakit DiabetesBuah blueberi diketahui kaya akan flavonoid. Senyawa ini diyakini mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat memicu gangguan metabolisme. Gangguan metabolisme sendiri dapat berkembang menjadi diabetes, sehingga akan lebih baik jika dicegah. Fakta inilah yang kemudian membuat blueberi kemudian masuk dalam daftar buah buahan untuk diabetes dan menjadi salah satu cara menanggulangi penyakit diabetes.

Selain dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat memicu terjadinya gangguan metabolisme, kandungan flavonoid buah blueberi ternyata juga dapat membantu merangsang sekresi insulin. Dengan kata lain, flavonoid nantinya akan dapat meningkatkan fungsi sel beta pankreas sehingga ia mampu menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup. peningkatan fungsi sel beta pankreas inilah yang dianggap sebagai cara ampuh mengatasi diabetes.

Bukti Riset

Sebagai salah satu upaya untuk menemukan cara mengatasi penyakit diabetes, maka para ahli kemudian berusaha membuktikan efek positif buah blueberi dan kandungan flavonoidnya terhadap gula darah. hasilnya memang membuktikan bahwa buah blueberi memang benar-benar berkhasiat, sehingga dapat digunakan untuk membantu mengatasi penyakit diabetes.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa flavonoid bukanlah satu-satunya nutrisi yang berperan dalam hal membantu menurunkan gula darah sekaligus mencegah munculnya komplikasi seperti ulkus diabetik. Selain flavonoid, ternyata kandungan antosianin dalam buah blueberi juga berpengaruh besar dalam hal menurunkan gula darah. Kandungan nutrisi inilah yang nantinya dapat mencegah liver atau hati mengalami resistensi insulin dengan cara merangsang produksi adiponektin di dalam tubuh.

Bapak Ibu

  

Manfaat lainnya dari konsumsi buah blueberi ini juga termasuk pengaturan kadar insulin di dalam tubuh dan pengendalian berat badan. Ketika berat tubuh meningkat, maka resiko diabetes akan semakin meningkat, mengingat kelebihan berat badan merupakan salah satu pantangan penyakit gula. Karenanya konsumsi blueberi dan buah yang kaya flavonoid lainnya diharapkan mampu mengurangi kelebihan berat badan sekaligus mengurangi resiko penyakit diabetes melitus. Untuk memperoleh manfaat tersebut, anda hanya perlu mengkonsumsi buah beri secara rutin sebanyak satu setengah cup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!