Kromium, Obat Sakit Diabetes Alami

Untuk mengupayakan tercapainya kadar gula darah normal, maka obat sakit diabetes dari dokter tidaklah cukup. Mengapa dianggap belum cukup? Perlu diketahui bahwa obat sakit diabetes yang diresepkan nantinya hanya mampu menurunkan gula darah penderita, bukan mengatasi penyebab meningkatnya gula darah penderita. Berdasarkan fakta ini, maka diperlukan jenis lain dari obat untuk diabetes melitus yang nantinya dapat mengurangi munculnya gejala gula darah naik yang biasanya dialami penderita diabetes. obat yang dimaksud adalah asupan kromium.

Kekurangan Kromium dan Resiko Diabetes

Obat Sakit DiabetesAsupan kromium dalam jumlah yang cukup diyakini dapat mengurangi resiko penyakit diabetes melitus. Hal ini diketahui berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa penderita diabetes melitus nantinya akan mengalami kekurangan magnesium dan kromium di dalam tubuhnya. Hasil penelitian tersebut sekaligus membuktikan bahwa asupan kedua mineral tersebut dalam jumlah yang cukup dapat menjadi salah satu cara pencegahan diabetes melitus.

Untuk tujuan pencegahan tersebut, maka disarankan mengkonsumsi kromium sebanyak 50 miligram setiap harinya. Jumlah ini merupakan jumlah minimal asupan kromium per hari yang harus dipenuhi. Jika tidak, maka resiko diabetes dapat meningkat akibat berkurangnya sensitifitas insulin, mengingat fungsi kromium adalah meningkatkan sensitifitasnya. Dengan berkurangnya sensitifitas hormon yang berperan penting dalam proses metabolisme glukosa tersebut, akibatnya kadar gula darah pun akan meningkat ketika dilakukan tes gula darah.

Manfaat Kromium

Seperti yang sudah dikemukakan sebelumnya bahwa sebagai obat sakit diabetes alami, kromium terbukti mampu meningkatkan sensitifitas insulin. Manfaat ini tentunya akan dapat mengurangi resistensi terhadap insulin yang umumnya dialami oleh pasien diabetes tipe 2. Dengan kembali meningkatnya sensitifitas insulin tersebut, maka proses metabolisme glukosa dapat kembali berjalan normal. Hal ini nantinya akan dapat memaksimalkan perolehan nutrisi sekaligus mengurangi kelebihan glukosa dalam darah, sehingga kadar glukosa darah pun dapat kembali stabil.

Pilih Kromium yang Lebih Mudah Diserap Tubuh

Dalam pemilihan jenis kromium, akan lebih baik jika penderita meminta saran dari dokter yang menangani terkait jenis kromium yang boleh dikonsumsi, mengingat kromium jenisnya sangat beragam. Ada yang mudah dicerna dan diserap tubuh dan ada pula yang tidak.

Bapak Ibu

  

Jenis kromium yang lebih mudah diserap tubuh dan seringkali digunakan dalam penelitian terkait diabetes adalah chromium picolinate. Jenis lainnya, yaitu chromium nicotinate dan kromium berbentuk asam amino, merupakan jenis yang lebih sulit diserap tubuh. Meski demikian, keduanya dapat memberikan asupan mineral yang cukup dibandingkan dengan jenis chromium picolinate. Sementara itu, kromium yang biasanya diperoleh dari makanan olahan pabrik cenderung bersifat racun bagi tubuh. Karenanya akan lebih baik jika penderita menghindari jenis kromium yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!