Pengobatan Penyakit Diabetes dengan Daun Yacon Ternyata Menimbulkan Masalah Baru

Daun yacon (Smallantus sonchifolius) merupakan tanaman yang banyak ditemukan dan digunakan di Amerika Selatan untuk menurunkan kadar gula darah diabetes. Beberapa penelitian terakhir menyebutkan bahwa terdapat kandungan flavonoid, fruktooligosakarida dan antioksidan yang dapat diperoleh dari tanaman tersebut. Kandungan ketiga nutrisi tersebut dapat bermanfaat dalam pengobatan penyakit diabetes. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang menguji efek daun yacon pada tikus yang menderita diabetes. Hasilnya memang terbukti gula darah tikus mengalami penurunan.

Bukti Riset 1

Pengobatan Penyakit DiabetesPenelitian pertama yang dilakukan guna mengetahui efek positif daun yacon dalam hal menurunkan gula darah sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 2001. Hasilnya pun telah dipublikasikan dalam Journal of Ethnopharmacology, dimana tikus yang sengaja dibuat menderita diabetes mengalami penurunan gula darah yang cukup signifikan setelah 30 hari diberi injeksi daun yacon.

Selain kadar gula darah yang mengalami penurunan, kadar insulin juga tampak meningkat pada tikus. Hal ini juga diikuti dengan penurunan berat badan dan peningkatan fungsi saluran kemih. Para ahli yang terlibat dalam penelitian tersebut akhirnya menyimpulkan bahwa daun yacon akan dapat memberikan dampak positif yang sama ketika dikonsumsi oleh penderita diabetes. mereka kemudian menyarankan penggunaan tanaman tersebut untuk membantu mengobati penyakit diabetes, sehingga penderita dapat mengurangi resiko komplikasi diabetes mellitus.

Bukti Riset 2

Setelah penelitian pertama berhasil menunjukkan adanya hubungan antara penggunaan daun yacon dengan penyakit diabetes melitus dan pengobatannya, penelitian lebih lanjut kemudian dilakukan. penelitian ini dilakukan pada tahun 2010 yang hasilnya juga telah dipublikasikan dalam Chemico-Biological Interactions. Jika pada penelitian pertama hanya digunakan satu macam ekstrak daun yacon, yang ternyata merupakan superfood atau makanan untuk orang diabetes, pada penelitian kali ini justru digunakan 5 jenis ekstrak yang berbeda.

Hasil penelitian kemudian menunjukkan bahwa pemberian 5 ekstrak daun yacon yang berbeda tersebut selama 8 minggu dapat semakin mengoptimalkan penyembuhan penyakit diabetes. Hal ini semakin menguatkan hasil penelitian sebelumnya, sehingga para ahli kemudian yakin bahwa daun yacon benar-benar dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit diabetes alami selain kayu manis untuk diabetes melitus.

Bapak Ibu

  

Bukti Riset Terbaru

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan pada tahun 2011 berupaya untuk menguji dampak penggunaan daun yacon ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Dengan menggunakan beragam ekstrak daun yacon, hasil penelitian kemudian membuktikan adanya efek negatif daun yacon terhadap ginjal dan gula darah. penggunaan untuk jangka waktu yang lama ternyata dapat memicu lonjakan gula darah yang cukup drastis dan kerusakan ginjal. Para peneliti yang berasal dari Brasil ini kemudian menyarankan untuk tidak menggunakan daun yacon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!