Ulkus Diabetik Kemungkinan Bisa Diatasi dengan Ludah Manusia

Ulkus diabetik atau merupakan salah satu bentuk komplikasi yang biasanya dialami oleh penderita penyakit gula darah. Sekilas ulkus diabetik memang tampak seperti luka yang bisa diatasi dengan mudah, meski sudah memborok. Namun ternyata penanganannya tak semudah seperti yang dipikirkan. Bahkan ulkus diabetes mellitus tersebut tidak jarang memicu dilakukannya amputasi atau justru meningkatkan resiko kematian dini. Karenanya komplikasi diabetes yang satu ini harus sebisa mungkin dicegah atau paling tidak segera mengatasinya dengan baik. Berikut ini salah satu cara yang diyakini dapat membantu mengatasi luka memborok tersebut.

Ludah Manusia Berfungsi Sebagai Anti Bakteri

Ulkus DiabetikLudah manusia ternyata merupakan salah satu cara untuk mengatasi ulkus diabetes. Manfaat ini sebenarnya sudah lama diketahui. Hanya saja belum ada penelitian lebih lanjut yang kemudian membuktikan bahwa ludah manusia dapat membantu . Manfaat tersebut diyakini akibat kandungan zat yang berfungsi sebagai anti bakteri, sehingga nantinya dapat membantu mencegah terjadinya infeksi pada luka.

Infeksi sendiri terjadi akibat adanya kelebihan gula dalam darah. kelebihan gula dalam darah inilah yang kemudian semakin merangsang pertumbuhan dan perkembangan bakteri di daerah luka. Karenanya penderita selalu ditekankan untuk mengupayakan tercapainya kadar normal gula darah, sehingga pertumbuhan dan perkembangan bakteri dapat dicegah. Dengan begitu, luka akan lebih mudah diatasi.

Ditemukannya Protein Kecil dalam Ludah

Berdasarkan manfaat ludah manusia dalam hal mengatasi luka yang diderita penderita diabetes, maka penelitian ternyata sudah dilakukan oleh para peneliti asal Belanda. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat sejenis protein kecil dalam ludah manusia yang berfungsi sebagai anti bakteri sekaligus mampu mengupayakan penyembuhan luka. Hasil penelitian ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi penderita, mengingat luka yang diderita biasanya akan sangat sulit untuk diatasi.

Meski demikian, penderita hendaknya tetap menjalani pengobatan diabetes secara rutin, baik pengobatan medis maupun pengobatan dengan obat tradisional diabetes melitus. Mengapa pengobatan masih diperlukan? Perlu diingat bahwa ludah manusia hanya akan membantu mengatasi luka yang terbentuk, bukan mengatasi permasalahan utama penyakit diabetes.

Bapak Ibu

  

Permasalahan utama penyakit gula darah tersebut hanya dapat diatasi dengan pengobatan yang tepat. Pengobatan nantinya juga perlu diimbangi dengan menyusun menu diet penderita diabetes sehingga hasilnya dapat lebih maksimal dalam hal mengupayakan tercapainya kestabilan gula darah. Ketika kestabilan gula darah benar-benar dapat diupayakan, maka frekuensi munculnya gejala penyakit gula darah pun akan dapat berkurang secara bertahap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!