Fakta Tentang Penyakit Diabetes dan Pengobatannya Yang Efektif

Sebelum anda mengetahui fakta mengenai pengobatan diabetes mellitus yang dapat secara efektif mengatasi akar penyebab diabetes, anda sepertinya perlu menambah wawasan anda terkait penyakit yang diderita. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah seseorang ketika dilakukan pemeriksaan kadar gula darah. Biasanya sebelum dilakukan pemeriksaan, orang cenderung mengamati gejala kencing manis, baru kemudian melakukan pemeriksaan kadar gula darah. Hal ini mengingat ada beberapa orang yang menemui gejala kencing manis namun saat dilakukan pemeriksaan terhadap kadar gula darahnya, ia belum dapat dikategorikan sebagai diabetesi atau penderita diabetes. Mengapa demikian?

Hal tersebut di atas terjadi karena kadar gula darah orang tersebut belum cukup tinggi untuk dikategorikan diabetes. Umumnya kondisi tersebut dikenal dengan istilah medis pradiabetes. Lalu bagaimana dengan penyebab meningkatnya kadar gula darah seseorang?

Diabetes Tipe II Muncul Karena Tubuh Kekurangan Insulin RelatifJika menyinggung penyebab penyakit gula darah, sebenarnya ada beberapa hal yang dapat memicu peningkatan kadar gula darah. Namun umumnya penyebab yang paling sering ditemui adalah adanya kerusakan pada sel beta pankreas dan resistensi tubuh terhadap insulin yang ada. Kedua hal tersebut mengakibatkan peningkatan kadar gula darah akibat gula yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat dimanfaatkan oleh sel baik sebagai energi maupun cadangan makanan.

Gula yang tidak berhasil dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh tersebut akhirnya tetap berada dalam aliran darah sehingga kadar gula darah pun meningkat drastis. Peningkatan kadar gula darah ini direspon oleh tubuh sehingga nantinya kelebihan gula dalam darah akan dibuang bersama dengan urin. Hal ini merupakan alasan mengapa kencing penderita diabetes mengandung gula.

~~> Klik Di Sini agar gula darah Anda tetap stabil <~~

Gejala Diabetes

Gejala diabetes sedikitnya ada empat yang biasanya diawali dengan sering buang air kecil, rasa lemas, penurunan berat badan, cepat lapar dan cepat haus. Berikut ini uraian selengkapnya mengenai masing-masing gejala kencing manis.

Sapaan:
Nama Panggilan:
Email:
  • Sering buang air kecil

Telah disinggung sebelumnya bahwa penderita diabetes akan sering sekali buang air kecil terutama pada malam hari dengan jumlah urin yang dikeluarkan melebihi batas normal. Hal ini akibat dari tingginya kadar gula dalam darah sehingga tubuh harus mengeluarkan kelebihan gula darah tersebut melalui urin. Agar urin yang dikeluarkan tidak terlalu pekat, karena banyaknya gula yang terkandung di dalam urin, maka nantinya tubuh akan menarik cairan tubuh untuk dikeluarkan bersama dengan kelebihan gula tersebut. Inilah alasan mengapa penderita diabetes sering buang air kecil.

  • Rasa lemas

rasa lemas dalam tubuh berakibat dari banyaknya nutrisi yang terbuangRasa lemas timbul akibat tubuh yang kekurangan nutrisi serta dehidrasi. Perlu diketahui bahwa gula yang dibuang melalui urin seharusnya dicerna di dalam sel untuk diubah menjadi energi dan cadangan makanan bagi tubuh. Akibat tidak adanya jumlah insulin yang cukup dan/atau adanya reaksi penolakan sel terhadap insulin maka insulin tidak menjalankan fungsinya dengan baik dalam hal membantu proses metabolisme gula. Akibatnya tubuh pun kekurangan nutrisi sehingga penderita akan mengeluh tubuhnya lemas dan tidak bertenaga.

Selain karena kurangnya nutrisi yang diperoleh tubuh, rasa lemas juga dapat dipicu oleh dehidrasi atau kurangnya cairan tubuh. Hal ini merupakan akibat dari cairan tubuh yang dikeluarkan bersama gula. Ingatlah bahwa untuk mengurangi kepekatan urin yang dikeluarkan tubuh akan menarik banyak cairan tubuh sehingga tubuh pun kekurangan cairan dan harus segera mendapatkan cairan pengganti. Inilah yang memicu munculnya rasa lemas pada tubuh penderita.

  • Penurunan berat badan

Penurunan berat badan terjadi akibat kurangnya nutrisi yang diperoleh tubuh akibat terhambatnya proses metabolisme gula di dalam sel. Hal ini akan memaksa tubuh untuk mencerna cadangan makanan yang ada untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka akan berakibat pada berkurangnya massa otot karena cadangan makanan biasanya disimpan di dalam jaringan dan otot. Inilah alasan mengapa tubuh penderita nantinya akan menjadi kurus.

  • Cepat lapar

Rasa cepat lapar muncul karena tubuh mengirimkan sinyal rasa lapar tersebut ke otak. Hal ini akibat kurangnya nutrisi yang diperoleh tubuh. Sinyal rasa lapar yang dikirim tubuh ke otak kemudian akan mendorong penderita untuk merasa cepat lapar. Biasanya penderita akan memenuhinya dengan cara makan dalam jumlah yang banyak. Hal ini justru akan memicu kadar gula darahnya untuk semakin meningkat karena asupan makanan yang berlebihan cenderung dapat meningkatkan kadar gula darah.

KLIK DI SINI – Miliki gula darah yang normal dan stabil Sekarang Juga

Dengan munculnya beberapa gejala diabetes tersebut di atas tentunya akan sangat mengganggu sekali. Apalagi ketika tubuh harus berkurang kebugarannya. Hal ini tentu akan sangat menghambat aktifitas harian penderita. karenanya pengobatan diabetes harus segera diupayakan. Info lebih lanjut mengenai pengobatan tersebut dapat anda temukan pada artikel selanjutnya. Klik Di Sini untuk mengetahui fakta mengenai pengobatan diabetes melitus.

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *