Kemangi, Obat Alami Diabetes yang Bisa Anda Coba

Pernah menikmati kemangi? Tanaman yang ternyata termasuk salah satu obat alami diabetes ini ternyata tidak hanya nikmat disantap sebagai pendamping menu lalapan, tetapi juga memiliki khasiat menurunkan gula darah. Mau tahu lebih lanjut mengenai khasiatnya tersebut dalam hal menurunkan gula darah? Pastikan anda menyimak artikel kami kali ini sampai akhir untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Sekilas tentang Kemangi

Obat Alami DiabetesKemangi (Ocimum sanctum) merupakan tanaman obat diabetes alami yang berasal dari India yang termasuk ke dalam herbal Ayurvedic. Namun kemudian tanaman ini menyebar ke seluruh dunia dan mulai populer digunakan sebagai obat kencing manis alami. Hampir seluruh bagian dari tanaman ini dapat digunakan sebagai obat, yaitu daun, batang, biji dan minyaknya.

Meski mulai populer digunakan sebagai obat alami diabetes melitus, kemangi tetap lebih sering digunakan sebagai sayuran pelengkap. Selain itu, ia juga biasanya lebih populer sebagai campuran jamu tradisional. Pemanfaatan lainnya juga termasuk untuk mengurangi bau mulut dan bau badan.

Kemangi Dapat Mencegah Komplikasi Kardiovaskular

Pemanfaatan kemangi untuk mengobati diabetes secara alami sebenarnya dapat memberikan beberapa khasiat. Khasiat tersebut meliputi meningkatkan sekresi insulin, menurunkan gula darah dan mencegah komplikasi, khususnya komplikasi diabetes yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular.

Seperti diketahui, penderita diabetes akan lebih rentan mengalami komplikasi kardiovaskular, seperti penyakit jantung, akibat gula darahnya yang fluktuatif. Dalam hal ini, ketika gula darah mengalami lonjakan, maka pembuluh darah akan sangat rentan mengalami penyumbatan yang kemudian meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah yang meningkat tersebut dapat membuat penderita semakin berpotensi untuk mengalami stroke dan serangan jantung. Sementara itu, penyumbatan pembuluh darah akan semakin meningkatkan resiko kedua penyakit tersebut selain mempengaruhi organ vital lainnya.

Bapak Ibu

  

Dengan mengetahui dampak negatif dari lonjakan gula darah yang dialami oleh penderita diabetes tersebut, maka khasiat kemangi dalam hal mencegah komplikasi kardiovaskular tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. Meski demikian, khasiatnya tersebut hendaknya tidak disalahartikan dengan mengobati total penyakit gula darah yang diderita. Dalam hal ini, pengobatan diabetes secara alami dengan memanfaatkan kemangi hanya bertujuan untuk menurunkan gula darah penderita. Dengan begitu, resiko terkena komplikasi dapat dikurangi.

Kemangi Dapat Meningkatkan Sekresi Insulin

Penyembuhan diabetes secara alami dengan kemangi terbukti dapat meningkatkan sekresi insulin pada penderita diabetes tipe 2. Hal ini berdasarkan pada salah satu pernyataan seorang ahli, Laura Shane-Mcwhorter, dalam bukunya yang berjudul The American Diabetes Association: Guide to Herbs and Nutritional Supplements. Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan guna memperkuat hasil penelitian Laura tersebut.

Kemangi Membantu Menurunkan Gula Darah

Dalam hal menurunkan gula darah penderita diabetes, sebuah penelitian telah dilakukan guna mengetahui efek positif konsumsi kemangi. Penelitian tersebut dilakukan pada 40 orang penderita DM tipe 2 yang diminta untuk menghentikan pengobatan diabetes yang dijalani selama penelitian berlangsung. Mereka kemudian dipisah menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk mengkonsumsi 2,5 gram bubuk daun kemangi selama empat minggu, sedangkan kelompok lainnya tidak.

Setelah empat minggu, kelompok yang mengkonsumsi kemangi mengalami penurunan gula darah puasa sampai 17,6 persen dan gula darah setelah makan turun 7,3 persen. Hasil ini membuktikan bahwa kemangi memang memiliki efek farmakologis terhadap gula darah. Meski demikian, penelitian lebih lanjut dalam skala besar masih perlu dilakukan untuk mengetahui efek positif kemangi terhadap gula darah.

Solusi Agar Gula Darah Stabil

Agar gula darah dapat kembali stabil seperti layaknya orang normal, dr. Neil Solomon, M.D., Phd., peneliti khasiat buah Noni Tahiti dalam hal mengatasi permasalahan diabetes, menyarankan untuk mengkonsumsi pengobatan penyakit diabetes melitus Tahitian Noni Juice secara teratur. Konsumsi Tahitian Noni Juice dilakukan mengingat produk kesehatan herbal yang satu ini sudah terbukti secara klinis mampu mengatasi permasalahan diabetes, dengan mengembalikan fungsi tubuh yang sebelumnya mengalami gangguan, lalu meningkatkan fungsinya. Dengan begitu, kadar gula darah dapat kembali stabil dengan hasil permanen dan tanpa efek samping.

Klik di sini untuk mencabut akar penyebab diabetes anda sekarang juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!