Mengkudu Untuk Diabetes: Fakta Khasiat dan Manfaatnya

Pemanfaatan buah mengkudu untuk diabetes saat ini sudah banyak dilakukan. Meski sebagian besar masih dimanfaatkan secara tradisional, paling tidak khasiatnya sudah dapat dirasakan dalam hal menurunkan gula darah. terkait dengan khasiatnya tersebut, maka artikel kali ini akan membahas secara khusus mengenai fakta khasiat dan manfaat buah mengkudu sekaligus nutrisi apa saja yang terkandung di dalamnya. Kami yakin informasi tersebut akan sangat bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang menjalani pengobatan diabetes.

Sekilas tentang Mengkudu

Mengkudu (Morinda Citrifolia) merupakan buah tropis yang karena khasiatnya saat ini lebih dikenal sebagai buah ajaib. Selain itu, ia juga dikenal sebagai buah pace di beberapa tempat di Indonesia. Berbeda halnya dengan di Tahiti, mengkudu lebih populer dengan nama buah Noni. Nama inilah yang kemudian dipakai sebagai nama merek sebuah produk kesehatan yang menggunakan buah Noni sebagai komposisinya.

Tumbuh subur di daerah tropis, buah Noni memang sudah lama dikenal khasiatnya dalam hal mengatasi berbagai penyakit, termasuk diantaranya penyakit diabetes. Karena khasiatnya tersebut, buah ini kemudian digunakan secara tradisional oleh masyarakat untuk tujuan kesehatan. Salah satunya untuk menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

Kandungan Nutrisinya

Terdapat banyak kandungan nutrisi yang ditemukan dalam buah Noni, termasuk diantaranya flavonoid. Kandungan flavonoidnya tersebut dapat membantu penderita diabetes menjaga kestabilan gula darahnya dengan cara mencegah produksi glukosa di hati.

Selain itu, kandungan unsur antioksidan buah Noni terbukti mampu melindungi sel dari kerusakan sehingga fungsinya tetap terjaga. Bahkan hasil riset juga telah membuktikan mengenai dampak positif unsur antioksidan buah Noni dalam hal mencegah perkembangan sel kanker.

Sapaan:
Nama Panggilan:
Email:

Selain dua kandungan nutrisi yang telah disebutkan tersebut, masih ada beberapa nutrisi lainnya, yaitu sebagai berikut:

Vitamin A1, B1, B6, B12, C, E
Mineral Magnesium, Kalsium, Fosfor, Besi, Selenium,
Seng, Kalium, Natrium
Asam Amino Arginin, Cystin, Glycine
Nitric Oxide berfungsi sebagai neurotransmitter – meningkatkan sinyal inter dan intraseluler
(NOBEL 1998)
Dammnacanthal berfungsi sebagai anti kanker dan antibiotik alami
Alizarin Pemutus hubungan pembuluh darah ke tumor
Terpenoid anti mikroba: Eugenol – anti kanker
Asam Ursolic: anti kanker (Leukimia)
anti mikroba (AIDS), anti inflamasi,
anti histamin, anti alergi
Glycoside merawat fungsi jantung, flavonol glycoside
Scopoletin Menurunkan tekanan darah, anti bakteri, Pneumonia, anti alergi
Proxeronine Sangat vital bagi penyehatan sel, anti mikroba / anti inflamasi / anti oksidan / anti kanker
Anggur anti kolestrol dan antioksidan.
Polisakarida anti mikroba, anti kanker
Blueberry antioksidan egcg, anti kolestrol

Khasiatnya Dalam Hal Mengatasi Diabetes

Proxeronine dalam buah Noni merupakan bahan baku alkaloid Xeronine dalam tubuh. Fungsi alkaloid tersebut adalah untuk membuka pori-pori sel, sehingga kemudian nutrisi dapat lebih mudah masuk ke dalam sel. Selain nutrisi, melebarnya pori-pori sel tersebut juga dapat semakin memudahkan sekresi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat.

Proses sederhana tersebut sebenarnya sudah dapat menjelaskan khasiat buah Noni dalam hal mengatasi penyakit diabetes. Sel-sel yang tadinya mengalami gangguan atau kerusakan (sel beta pankreas) akan dapat kembali dioptimalkan fungsinya dengan revitalisasi dan regenerasi yang dipicu oleh adanya alkaloid Xeronine di dalam tubuh. Hal ini juga berdampak positif pada sensitifitas sel terhadap insulin yang tadinya menurun, sehingga kemudian efeknya tampak jelas pada kadar gula darah penderita yang kembali stabil.

Bukti Riset

Penelitian yang dilakukan oleh dr. Neil Solomon, seorang dokter di John Hopkins Hospital berhasil membuktikan khasiat buah Noni dalam hal mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk juga diantaranya penyakit diabetes. Dalam penelitiannya tersebut, dr. Neil menggunakan produk kesehatan Tahitian Noni yang menggunakan 89% buah Noni sebagai komposisinya. Sisanya merupakan campuran antara buah anggur dan blueberry.

Penelitian dilakukan terhadap kurang lebih 27000 pasien penderita berbagai macam penyakit, yang diantaranya juga menderita diabetes. Dalam waktu 3 bulan setelah mengkonsumsi Tahitian Noni secara teratur, para pasien berhasil mengatasi penyakitnya dengan baik. Hal ini juga dirasakan oleh pasien yang menderita diabetes, dimana mereka mengalami kemajuan kesehatan yang cukup signifikan. Jadi bukan hanya gula darahnya yang dapat kembali stabil, melainkan juga stamina yang kembali meningkat.

Penelitian lainnya juga dilakukan oleh The Memorial Sloan-Kettering Cancer Center atau MSKCC yang berhasil membuktikan dampak positif konsumsi buah Noni dalam hal mencegah resiko kanker pada perokok. Dua penelitian selanjutnya yang hasilnya dipublikasikan dalam situs pubmed.gov juga menyebutkan khasiat yang luar biasa dari buah Noni dalam hal meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kanker. Hasil penelitian tersebut cukup membuktikan khasiat buah Noni dalam hal mencegah dan mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, termasuk di dalamnya penyakit diabetes.

=> KLIK DI SINI untuk mengalahkan diabetes anda <=

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *