Kebiasaan – Kebiasaan Yang Merupakan Gejala Gula Darah Sedang ‘Tinggi’

Penyakit gula darah merupakan penyakit gangguan metabolisme gula yang disebabkan oleh gangguan produksi insulin dan gangguan fungsi insulin. Penyakit gula darah ini sebenarnya merupakan penyakit kencing manis. Dengan kata lain, penyakit gula darah merupakan istilah lain untuk penyakit kencing manis yang juga dikenal dengan istilah penyakit diabetes. Karenanya anda tidak perlu bingung ketika menjumpai istilah tersebut karena semuanya mengarah ke satu jenis penyakit yang sama.

Setelah mengetahui bahwa istilah penyakit gula darah merupakan istilah lain untuk penyakit diabetes, maka selanjutnya yang harus anda pahami betul adalah darah naik. Mungkin sebagian besar dari anda sudah banyak yang mengenali gejala gula darah tinggi ini. Namun tidak ada salahnya jika anda membaca uraian berikut terkait sehingga diharapkan pemahaman anda akan semakin bertambah. Selain itu, pemahaman terhadap gejala gula darah yang meningkat tersebut diharapkan mampu mengurangi prevalensi diabetes melitus. Berikut ini beberapa gejala penyakit gula darah yang umumnya ditemui.

Sering Buang Air Kecil

gejala gula darahGejala penyakit kencing manis yang paling sering ditemui adalah sering buang air kecil, khususnya di malam hari. Karenanya ketika anda menemui gejala yang satu ini, anda perlu waspada. Pemeriksaan kadar gula darah tentunya akan sangat membantu dalam hal menentukan apakah gejala yang muncul tersebut merupakan pertanda kencing manis atau bukan.

Terlepas dari itu semua, perlu diketahui juga mekanisme meningkatnya intensitas buang air kecil ini. Tentunya anda sudah tahu bahwa penyebab penyakit diabetes adalah gangguan produksi insulin dan/atau gangguan fungsi insulin. Kedua penyebab utama kencing manis inilah yang kemudian menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Kadar gula darah yang meningkat kemudian harus dikeluarkan melalui urin agar tidak menyebabkan masalah lain. Sementara itu, dibuangnya gula melalui urin justru mendorong tubuh untuk menarik lebih banyak cairan tubuh guna mengencerkan urin yang akan dikeluarkan. Inilah alasan mengapa kemudian penderita mengalami poliuri atau sering buang air kecil.

Klik Di Sini Sekarang, Dapatkan gula darah yang normal dan stabil dalam waktu singkat

Sering Haus

Rasa haus secara umum timbul akibat tubuh yang mengalami dehidrasi. Terkait dengan hal ini, orang normal juga mengalami rasa haus. Namun bedanya rasa haus yang dirasakan orang normal seketika dapat segera terpenuhi dengan hanya beberapa kali minum. Lain halnya dengan penderita diabetes yang justru akan lebih sering minum akibat rasa haus yang timbul. Lalu mengapa penderita menjadi lebih sering minum?

Bapak Ibu

  

Perlu diketahui bahwa ketika tubuh mengalami dehidrasi maka tubuh akan secara otomatis mengirim sinyal rasa haus ke otak. Penyebab dehidrasi pada tubuh orang normal bermacam-macam kecuali peningkatan kadar gula darah. Alasan yang satu ini hanya dikhususkan untuk penderita kencing manis dimana nantinya tubuh penderita akan membuang kelebihan gula melalui urin yang justru mendorong masuknya cairan tubuh ke dalam urin. Dengan masuknya cairan tubuh ke dalam urin, maka tubuh pun akan mengalami dehidrasi yang kemudian memunculkan rasa haus pada penderita.

Sering Lapar

Makan berlebihan bisa memicu gejala diabetesRasa lapar yang terlalu berlebihan yang kemudian menuntut anda untuk lebih sering makan daripada biasanya harus selalu diwaspadai sebagai salah satu gejala penyakit diabetes. Hal ini karena umumnya penderita penyakit gula darah mengalami malnutrisi. Malnutrisi atau kurangnya nutrisi yang diperoleh tubuh terjadi akibat terbuangnya gula bersama dengan urin akibat berkurangnya produksi insulin dan/atau berkurangnya sensitifitas tubuh terhadap insulin yang ada.

Terkait dengan nutrisi yang diperlukan tubuh, perlu diketahui bahwa setiap gula yang masuk diperoleh dari makanan. Gula yang masuk tersebut seharusnya dapat dicerna menjadi energi dan sisanya disimpan sebagai cadangan makanan. Namun akibat gangguan produksi insulin dan juga gangguan fungsi insulin, gula yang masuk tidak dapat dicerna menjadi energi maupun cadangan makanan justru harus terbuang melalui urin. Dengan begitu, tubuh harus kehilangan banyak nutrisi yang kemudian menimbulkan rasa lapar yang berlebihan.

Stamina Tubuh Menurun

Penderita penyakit diabetes seringkali mengeluh stamina tubuhnya menurun setelah menderita penyakit tersebut. Merekapun bertanya tanya mengapa stamina mereka menurun? Perlu diketahui bahwa stamina yang menurun tersebut merupakan akibat dari dehidrasi dan juga kurangnya nutrisi yang diperoleh tubuh. Sementara itu, kurangnya nutrisi dan juga dehidrasi disebabkan oleh gangguan produksi insulin dan juga gangguan fungsi insulin yang memicu terbuangnya gula melalui urin.

Layaknya orang normal yang juga mengalami dehidrasi dan juga kurang nutrisi, tubuh mereka pun juga akan mengalami penurunan stamina. Bedanya stamina mereka akan kembali meningkat setelah dehidrasi dan juga malnutrisi teratasi. Lain halnya dengan penderita diabetes yang harus menstabilkan kadar gula darahnya terlebih dahulu untuk kembali mendapatkan stamina seperti sediakala.

Klik DI SINI Sekarang Juga untuk memiliki badan yang fit dan kembali bertenaga

Selain mengenali empat gejala kencing manis yang paling sering ditemui tersebut, anda juga perlu memahami tentang bagaimana cara penanganan diabetes melitus tersebut. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi anda atau salah satu anggota keluarga anda yang kebetulan sedang menderita penyakit gula darah tersebut. Penjelasan mengenai cara untuk mengatasi kencing manis secara khusus akan diberikan pada artikel selanjutnya. Klik Di Sini untuk mengetahui cara efektif atasi diabetes dengan herbal untuk diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!