Pengenalan Ciri-Ciri Diabetes Dapat Mencegah Anda Terkena Komplikasi

Diabetes Melitus sudah bukan menjadi penyakit yang asing lagi bagi masyarakat, bahkan masyarakat awam sekalipun. Namun hal ini bukan berarti bahwa mereka memiliki pengetahuan yang cukup akan diabetes, paling tidak tahu akan ciri ciri diabetes melitus. Terbukti bahwa setiap tahunnya selalu ada penambahan jumlah penderita diabetes. Belum lagi mereka yang termasuk dalam kategori pradiabetes. Lalu apa sebenarnya manfaat yang dapat diambil setelah mengenali ciri penyakit diabetes?

Dengan mengenali ciri ciri penderita diabetes tentu saja anda dapat mengurangi resiko anda untuk terserang diabetes dan komplikasi akut diabetes melitus. Hal ini karena setelah mengenali ciri ciri penyakit diabetes melitus anda akan menjadi waspada terhadap diabetes. Terbukti bahwa seseorang dengan pemahaman yang cukup akan akan segera melakukan pemeriksaan kadar gula darahnya ketika ia menemui ciri ciri sakit diabetes muncul pada dirinya. Meskipun nantinya diagnosa diabetes belum tentu diberikan kepadanya, langkah ini tentu saja dapat mengurangi resiko diabetes. Paling tidak seperti telah disebutkan sebelumnya, akan timbul kewaspadaan terhadap diabetes.

Selain timbulnya kewaspadaan nantinya juga akan diikuti dengan adanya perubahan gaya hidup yang signifikan. Hal ini tentu saja akan sangat berdampak pada menurunnya resiko diabetes. Lalu apa sajakah sebenarnya ciri ciri diabetes yang perlu dikenali sejak dini?

Tingginya Kadar Gula Darah Mendorong Seseorang Untuk Sering Buang Air Kecil

penderita diabetes akan sangat sering buang air kecil, khususnya pada malam hariDiabetes terjadi ketika kadar gula darah seseorang meningkat drastis yang dapat disebabkan oleh adanya kerusakan pada sel beta pankreas sebagai penghasil insulin bagi tubuh. Selain itu pada diabetes melitus tipe II, sel reseptor insulin mengalami resistensi terhadap insulin sehingga insulin tidak dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya dalam membantu metabolisme gula.

Hal tersebut mengakibatkan gula tidak dapat dicerna dengan baik oleh sel sehingga gula tetap berada dalam aliran darah. Pada suatu kondisi ginjal yang bertugas menyaring zat-zat sisa dari zat-zat makanan tidak mampu lagi menahan kelebihan gula dalam darah akibat kadar gula darah melebihi batas ambang ginjal. Hal ini akan memaksa ginjal untuk membuang kelebihan gula darah tersebut melalui urin sehingga kadar gula darah bisa tetap stabil. Inilah alasan mengapa penderita diabetes akan sangat sering buang air kecil dengan jumlah urin yang dikeluarkan melebihi jumlah normal.

Bapak Ibu

  

Poliuri Mengakibatkan Rasa Lemas Pada Penderita

Gula yang ikut terbuang bersama urin sebenarnya merupakan bahan baku energi dan cadangan makanan bagi tubuh. Gula seharusnya diserap dan dicerna oleh sel untuk dapat diubah menjadi energi maupun cadangan makanan bagi tubuh. Namun sayangnya akibat tidak adanya produksi insulin yang cukup dan/atau resistensi sel terhadap insulin maka gula tidak dapat masuk ke dalam sel sehingga tetap berada dalam aliran darah.

Akibat terhambatnya proses metabolisme gula maka akan mengakibatkan kadar gula darah meningkat drastis sehingga tubuh pun meresponnya dengan cara mengeluarkan kelebihan gula bersama dengan urin. Hal ini sama saja dengan membuang nutrisi yang seharusnya diserap oleh tubuh. Akibatnya tubuh mengalami kekurangan nutrisi. Inilah alasan mengapa penderita diabetes akan sering merasa tubuhnya lemas dan tidak bertenaga.

Tingginya Kadar Gula Darah Dapat Menyebabkan Kurangnya Nutrisi Tubuh

ciri ciri penyakit diabetesSeperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa kadar gula darah penderita yang meningkat akan direspon oleh tubuh dengan cara mengeluarkannya bersama dengan urin. Akibatnya gula yang seharusnya menjadi energi dan cadangan makanan bagi tubuh terbuang sia sia bersama dengan urin. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan tubuh kekurangan nutrisi yang sangat vital perannya dalam menunjang aktifitas tubuh maupun metabolisme sel serta untuk keperluan mengganti jaringan yang rusak.

Meskipun tubuh dapat memanfaatkan cadangan makanan sisa metabolisme sebelumnya, namun jika hal ini berlangsung terus menerus akan mengakibatkan berkurangnya massa tubuh. Ketahuilah bahwa salah satu yang mempengaruhi berat badan seseorang ialah cadangan makanan yang disimpan di dalam jaringan yang biasanya berupa protein dan lemak. Akibat digunakannya cadangan makanan tersebut secara terus menerus maka massa tubuh pun akan berkurang yang berujung pada penurunan berat badan penderita.

Tingginya Kadar Gula Darah Dapat Menyebabkan Dehidrasi

Selain menyebabkan kurangnya nutrisi tubuh, terbuangnya gula bersama urin juga dapat mengakibatkan dehidrasi atau kurang cairan. Mungkin sebagian dari anda bertanya mengapa bisa terjadi dehidrasi. Penjelasannya cukup sederhana saja bahwa akibat kadar gula darah yang meningkat maka tubuh akan menarik lebih banyak cairan tubuh agar urin yang dikeluarkan tidak terlalu pekat.

Kepekatan urin yang dikeluarkan yang mana didalamnya terkandung gula akan dapat mempengaruhi organ serta pembuluh darah yang dilaluinya. Akibatnya jika pada pembuluh darah, maka akan terjadi penyumbatan sedangkan pada organ akan mengganggu kerja organ tersebut serta membuatnya rentan terhadap infeksi dan jamur.

Dari sini dapat diketahui manfaat yang dapat anda peroleh setelah mengenali ciri ciri diabetes yang ada. Paling tidak dengan munculnya salah satu ciri diabetes akan dapat memaksa anda untuk segera melakukan pemeriksaan kadar gula darah sehingga ketika anda terbukti menderita diabetes, penanganan medis dapat segera dilakukan.

Namun perlu diingat bahwa penanganan medis tidak akan memberikan kemungkinan bagi penderita untuk sembuh. Hal ini karena efek yang diberikan pun hanya bersifat sementara. Nantinya justru penderita akan sangat bergantung sekali pada penanganan medis tersebut. Disinilah pentingnya mencari metode pengobatan diabetes lainnya yang dapat meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin maupun merangsang regenerasi sel beta pankreas yang rusak sehingga penderita nantinya dapat mengurangi ketergantungan terhadap obat dokter serta sulih insulin.

Klik Di Sini untuk terbebas dari ketergantungan obat dokter dan insulin buatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!