Tidak Ada Lagi Gejala Diabetes Dan Pencegahannya Yang Tersembunyi

Penyakit diabetes seperti halnya penyakit lainnya, tentu saja akan menunjukkan gejala khusus yang nantinya melekat pada penderitanya. Karenanya pemahaman yang cukup terkait dan pencegahannya sangat berperan penting dalam upaya pencegahan diabetes itu sendiri. Hal ini seiring dengan semakin bertambahnya jumlah penderita diabetes dari tahun ke tahun. Lalu apakah pemahaman yang cukup terkait dan pencegahannya ini nantinya dapat berpengaruh positif terhadap berkurangnya resiko diabetes? Mari kita simak uraian berikut ini.

Meningkatnya Kadar Gula Darah Seringkali Tidak Disadari

gejala diabetes dan pencegahan

Meningkatnya Kadar Gula Darah Seringkali Tidak Disadari

Sebagian besar dari anda mungkin bertanya mengapa pemahaman yang cukup terkait gejala diabetes sangat berperan penting dalam menurunkan resiko diabetes. Hal ini terkait dengan fakta yang umumnya terjadi, yaitu peningkatan kadar gula darah seringkali tidak disadari oleh penderita. Karenanya langkah pencegahan pun akhirnya gagal dilakukan, padahal semua orang bahkan yang memiliki riwayat keluarga penderita diabetes juga dapat terhindar dari diabetes jika pencegahan dilakukan sejak dini.

Terlepas dari disadari atau tidaknya peningkatan kadar gula darah yang terjadi, perlu diingat bahwa kerusakan pada sel beta pankreas tidak dapat dicegah. Hal ini karena kerusakan tersebut terjadi secara tiba-tiba. Lain halnya dengan resistensi sel terhadap insulin yang masih dapat dicegah dengan olahraga teratur, diet seimbang, pengaturan pola makan, pengendalian berat badan dan perubahan gaya hidup.

Sering Buang Air Kecil merupakan Salah Satu Gejala Diabetes

Sering buang air kecil, terutama jika terjadi pada malam hari harus selalu diwaspadai sebagai salah satu gejala diabetes. Hal ini mengingat sering buang air kecil merupakan gejala diabetes yang paling umum dijumpai pada penderita. Lalu apa sebenarnya penyebab sering buang air kecil? Apakah akibat tingginya kadar gula darah?

Memang benar jika kemudian disimpulkan bahwa tingginya kadar gula darah merupakan penyebab seringnya buang air kecil. Namun sebenarnya peningkatan kadar gula darah merupakan faktor pencetus. Faktor pemicu utama seringnya penderita buang air kecil adalah adanya kerusakan pada sel beta pankreas dan/atau resistensi sel terhadap insulin. Jika kedua hal ini tidak terjadi maka peningkatan kadar gula darah pun tidak akan terjadi.

Bapak Ibu

  

Perlu diketahui bahwa intensitas penderita buang air kecil akan sangat bergantung pada seberapa tinggi kadar gula darahnya. Dengan kata lain, semakin tinggi kadar gula darah penderita maka akan semakin tinggi intensitasnya dalam buang air kecil. Hal ini mengingat kelebihan gula dalam darah akan selalu direspon tubuh dengan cara membuangnya melalui urin.

Sebelum membuang gula tersebut, tubuh nantinya akan menarik lebih banyak cairan tubuh ke dalam urin. Hal ini guna mengurangi kepekatan urin yang dikeluarkan. Banyaknya cairan tubuh yang ditarik tubuh ke dalam urin inilah yang nantinya akan menyebabkan penderita sering buang air kecil.

Bagaimana Dengan Rasa Cepat Lapar?

makan dalam jumlah yang banyak harus selalu diwaspadai sebagai salah satu gejala diabetesRasa cepat lapar yang diikuti dengan pemenuhan rasa lapar tersebut dengan cara makan dalam jumlah yang banyak harus selalu diwaspadai sebagai salah satu gejala diabetes. Mengapa demikian? Hal ini mengingat rasa lapar yang timbul berkaitan dengan tingginya kadar gula darah penderita. Semakin tinggi kadar gula darah penderita maka akan semakin banyak cairan tubuh dan nutrisi yang hilang dari tubuh sehingga menyebabkan tubuh mengalami malnutrisi dan dehidrasi.

Akibat kurangnya nutrisi yang diperoleh tubuh, maka tubuh akan segera mengirim sinyal rasa lapar ke otak guna memenuhi kebutuhan nutrisi yang hilang. Namun kebutuhan nutrisi akan terus bertambah mengingat tingginya kadar gula penderita akan selalu menuntut tubuh untuk membuang kelebihan gula dalam darah melalui urin. Sementara itu, gula merupakan bahan baku energi dan cadangan makanan bagi tubuh yang memerlukan produksi insulin yang cukup agar dapat diproses oleh tubuh.

Sering Minum Apakah Juga Termasuk Gejala Diabetes?

Sering minum yang diawali dengan seringnya penderita merasa haus harus selalu dicurigai sebagai gejala diabetes. Hal ini mengingat peningkatan kadar gula darah akan memaksa tubuh menarik lebih banyak cairan yang ada guna mengencerkan urin yang mengandung gula. Gula yang dibuang bersama dengan urin sebenarnya dapat diolah menjadi energi dan cadangan makanan. Namun akibat tidak tersedianya produksi insulin yang cukup serta resistensi sel terhadap insulin maka gula tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh.

Tingginya Kadar Gula Darah Berdampak Pada Berat Badan Penderita

Peningkatan kadar gula darah juga akan berdampak pada menurunnya berat badan penderita. Hal ini mengingat tubuh akan mengalami malnutrisi akibat peningkatan kadar gula darah tersebut. Perlu diingat bahwa peningkatan kadar gula darah yang tidak disertai dengan produksi insulin yang cukup dan sensitifitas sel terhadap insulin maka akan mengakibatkan terbuangnya banyak nutrisi.

Tubuh yang kekurangan nutrisi akan lebih cenderung untuk menggunakan cadangan makanan yang ada guna memenuhi kebutuhan akan nutrisi yang hilang. Hal ini jika terjadi secara terus menerus maka akan menghabiskan cadangan makanan yang ada. Sementara itu, cadangan makanan yang disimpan tubuh merupakan salah satu penyokong berat tubuh.

Mengingat gejala diabetes yang muncul umumnya sangat melekat dengan penderita maka sudah sewajarnya jika anda segera melakukan pemeriksaan kadar gula darah ketika muncul salah satu gejala tersebut di atas. Hal ini tentu saja guna memastikan apakah gejala diabetes yang muncul merupakan pertanda diabetes melitus atau bukan.

> Klik Di Sini – Miliki gula darah yang normal dan stabil Sekarang <

Selain mengenali gejalanya, anda juga perlu memahami cara mencegah penyakit gula darah tersebut agar dapat terhindar darinya. Mengenai hal ini akan dijelaskan secara lebih detil pada artikel selanjutnya. Klik Di Sini untuk memperoleh informasi lengkap mengenai cara efektif untuk mencegah penyakit diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!