Tidak Ada Lagi Gejala Diabetes Dan Pencegahannya Yang Tersembunyi (bag2)

Pada kesempatan kali ini, pembahasan akan kami fokuskan pada cara pencegahan diabetes yang meliputi pengendalian terhadap berat badan, pengaturan pola makan, olahraga teratur, menambah konsumsi makanan berserat, tidur cukup dan menghindari stres. Penjelasan masing-masing cara untuk mencegah penyakit diabetes tersebut sebenarnya juga akan berkaitan dengan pembahasan artikel sebelumnya yang terkait gejala kencing manis. oleh karena itu, jika anda belum sempat mengikuti artikel ini dari awal, maka akan lebih baik jika anda membaca pembahasan artikel sebelumnya sebelum membaca apa yang akan dijelaskan kali ini. Silahkan Klik Di Sini untuk kembali ke artikel sebelumnya mengenai gejala kencing manis.

Perubahan Gaya Hidup Wajib Dilakukan untuk Mencegah Kencing Manis

Perubahan gaya hidup ke arah yang lebih sehat dengan diikuti diet seimbang, pola makan teratur dan olahraga yang cukup akan sangat berdampak positif pada menurunnya resiko diabetes. Hal ini mengingat salah satu pemicu diabetes adalah gaya hidup yang tidak sehat dengan disertai pola makan yang tidak teratur, kurangnya aktifitas fisik dan diet yang salah.

Perlu diingat bahwa salah satu akar permasalahan diabetes, yaitu resistensi sel terhadap insulin akan dapat dicegah dengan melakukan perubahan pada gaya hidup anda, terutama jika gaya hidup anda sebelumnya disertai dengan konsumsi makanan-makanan instan yang berlebihan. Hal ini mengingat makanan tersebut tidak memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh sehingga tubuh nantinya akan mengalami malnutrisi. Jika sudah demikian, tentu saja akan berdampak pada disfungsi organ maupun menurunnya sensitifitas tubuh.

Pengendalian Berat Badan Dapat Mengurangi Resiko Diabetes

Penimbunan Lemak berbahaya untuk kesehatanPengendalian berat badan disebut sebut sebagai salah satu upaya pencegahan diabetes yang dapat dilakukan dan telah terbukti efektif menurunkan resiko diabetes. Karenanya tidak ada alasan bagi anda untuk tidak melakukan pengendalian terhadap berat badan anda. Hal ini mengingat berat badan yang tidak terkendali cenderung memicu penimbunan lemak yang akan berdampak pada berkurangnya sensitifitas tubuh, khususnya terhadap insulin. Karenanya guna meningkatkan sensitifitas tubuh, penumpukan lemak harus dicegah dengan pengendalian berat badan.

Pola Makan Juga Perlu Diperbaiki

Pola makan yang salah merupakan salah satu faktor pemicu kencing manis. karenanya jika ingin terbebas dari resiko penyakit berbahaya tersebut, akan lebih baik jika mulai sekarang anda memperbaiki pola makan anda yang salah. Pola makan yang benar, dalam hal ini, haruslah teratur, yaitu tiga kali sehari dengan porsi sedang. Namun beberapa ahli gizi justru menyarankan agar makan dengan porsi sedikit tetapi dengan frekuensi yang lebih sering. Dengan cara ini, tubuh akan selalu memperoleh kebutuhan nutrisinya sehingga tidak akan mengalami malnutrisi. Selain itu, tubuh juga tidak akan mengalami gangguan metabolisme yang biasanya terjadi pada orang yang sering telat makan atau makan dengan porsi berlebihan sekaligus.

Bapak Ibu

  

Berolahragalah untuk Dapat Mencegah Diabetes

Olahraga ternyata juga penting untuk mencegah diabetes. Dalam hal ini, pemilihan jenis olahraga, frekuensi dan durasinya perlu diatur dan disesuaikan dengan kemampuan tubuh kita agar manfaatnya bagi kesehatan dapat diperoleh dengan hasil yang maksimal, khususnya untuk mencegah kencing manis. Hal ini karena olahraga secara berlebihan, apalagi jika jenisnya tidak sesuai dengan kemampuan tubuh, akan justru mengurangi manfaat kesehatan yang dapat diperoleh.

Tambah Konsumsi Makanan Berserat

gejala diabetes dan pencegahanMenambah porsi makanan berserat juga termasuk ke dalam upaya pencegahan kencing manis. Hal ini karena dengan serat yang cukup, tubuh akan semakin meningkatkan metabolismenya sehingga resiko terjadinya pelepasan gula ke dalam aliran darah dapat dicegah. Selain itu, serat juga dapat memberi efek rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, keinginan untuk ngemil akan dapat dicegah mengingat kebiasaan mengemil juga dapat memicu kencing manis. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang tidak sehat.

Tidur Cukup

Tidur cukup juga dapat membantu mencegah kencing manis. hal ini karena dengan tidur cukup, tubuh beserta organ-organ penting di dalamnya dapat menjaga fungsinya dengan baik. Lain halnya ketika tubuh kurang istirahat, ia akan lebih rentan untuk terkena infeksi. Organ-organ di dalamnya pun akan semakin rentan untuk mengalami kerusakan. Salah satu organ yang seharusnya dapat dicegah dari kerusakan adalah sel beta pankreas yang merupakan kelenjar penghasil insulin. Jika sel tersebut mengalami kerusakan, maka akibatnya penyakit diabetes pun tidak dapat dicegah lagi. Selingi juga dengan obat herbal untuk diabetes agar diabetes bisa dicegah sedini mungkin.

Hindari Stres

Upaya terakhir untuk mencegah kencing manis yang perlu anda lakukan adalah menghindari stres. Hal ini karena stres yang terlalu sering dialami akan semakin meningkatkan resiko diabetes dengan terlebih dahulu memicu terjadinya ketidakseimbangan hormon. Karenanya stres sebisa mungkin dihindari. Dengan begitu diharapkan resiko diabetes akan dengan sendirinya berkurang. Dengan berkurangnya resiko diabetes, artinya akan semakin besar kesempatan anda untuk dapat hidup lebih lama.

KLIK DI SINI – Miliki gula darah yang normal dan stabil Sekarang Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!