4 Tips Penting untuk Mencegah Diabetes Tipe 2

Semua orang, tanpa terkecuali, beresiko untuk terkena diabetes. Apalagi setelah terbukti bahwa penyakit gula darah tersebut tidak hanya dipicu oleh faktor keturunan. Faktor lainnya, seperti gaya hidup yang tidak sehat juga dapat memicu diabetes. Meskipun demikian, faktor pemicu kencing manis selain faktor keturunan tersebut masih dapat dikendalikan untuk mengurangi resiko diabetes, khususnya diabetes tipe 2.

Seperti apa cara mengendalikan faktor pemicu diabetes tersebut sehingga dapat membantu mengurangi resiko diabetes tipe 2? Berikut ini beberapa hal yang perlu anda lakukan yang kami yakin nantinya dapat membantu anda mengurangi resiko diabetes tipe 2.

Tambah Aktifitas Fisik Harian Anda

Olahraga Dapat Membantu Menstabilkan Kadar Gula DarahSudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika olahraga secara rutin sangat besar manfaatnya bagi kesehatan. Salah satu manfaat kesehatan yang diperoleh dari berolahraga adalah berat badan yang tetap ideal. Hal ini karena dengan berolahraga secara rutin, tubuh akan terus terpacu untuk membakar lemak menjadi energi sehingga resiko penimbunan lemak di dalam tubuh pun dapat dicegah.

Penimbunan lemak di dalam tubuh tersebut merupakan salah satu pemicu terjadinya resistensi insulin, dimana nantinya fungsi insulin dalam hal mengontrol kadar gula darah menjadi kurang optimal. Artinya ketika penimbunan lemak di dalam tubuh dikurangi, maka resiko terjadinya resistensi insulin yang merupakan akar penyebab DM tipe 2 dapat dikurangi pula.

Perbaiki Pola Makan

Selain olahraga teratur, anda juga perlu memperhatikan pola makan anda. Dalam hal ini, pola makan yang dimaksud adalah pola makan teratur. Hal ini nantinya akan sangat berhubungan dengan pemenuhan nutrisi yang diperlukan tubuh. Nutrisi dan vitamin dalam jumlah yang cukup tentunya akan sangat bermanfaat untuk menunjang aktifitas harian tubuh. Selain itu, nutrisi dalam jumlah yang cukup juga diperlukan untuk mengganti sel serta jaringan yang rusak sehingga fungsinya dapat dioptimalkan kembali. Lalu apa kaitannya dengan penyakit kencing manis?

Bapak Ibu

  

Ketika dihubungkan dengan penyakit kencing manis, perlu diketahui bahwa pemenuhan nutrisi juga akan sangat mempengaruhi besar kecilnya resiko yang dimiliki seseorang untuk terkena penyakit tersebut. Mengapa demikian? Perlu diketahui bahwa pada umumnya penderita diabetes kurang memperhatikan pemenuhan nutrisi tersebut. Salah satu bukti nyata adalah dengan semakin meningkatnya tingkat konsumsi makanan instan.

Konsumsi makanan instan jelas akan sangat berpengaruh terhadap pola makan seseorang. Umumnya seseorang yang mengkonsumsi makanan instan tersebut akan lebih sering lupa makan atau justru sebaliknya menjadi lebih sering makan. Kedua hal tersebut tentunya akan memberikan dampak negatif bagi tubuh terlepas dari fakta bahwa konsumsi makanan instan memang akan selalu berdampak negatif bagi kesehatan.

Salah satu dampak negatif yang paling umum adalah meningkatnya resiko terkena penyakit kardiovaskular karena makanan instan memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi. Belum lagi tambahan pemanis dan pengawet yang dapat mempertinggi resiko diabetes dan kerusakan syaraf.

Perbaiki Pemahaman Anda Terkait Akar Penyebab Kencing Manis

kelebihan gula dalam darah dapat menghambat laju aliran darah akibat tersumbatnya pembuluh darahPemahaman sebagian besar masyarakat terkait diabetes masih dianggap kurang. Karenanya akan lebih baik jika mereka menambah pemahaman mereka, termasuk juga pemahaman yang terkait pencegahan dan pengobatan diabetes. Keduanya sangat penting mengingat setiap orang memiliki resiko yang sama untuk terserang penyakit yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam komplikasi akut ini.

Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Konsumsi gula dan makanan manis sebaiknya tidak berlebihan. Tujuannya adalah agar kerja pankreas tidak terlalu berat. Dengan kata lain, jika konsumsi gula dan makanan manis dikurangi, maka sel beta pankreas tidak akan terus menerus mensekresikan insulin sehingga diharapkan kerusakan pada sel beta pankreas dapat dicegah.

Kerusakan sel beta pankreas sendiri merupakan akar penyebab DM tipe 1 yang kemudian menyebabkan gangguan produksi insulin. Kerusakan yang terjadi dianggap berhubungan dengan gen. Namun faktor lain, seperti infeksi virus juga dicurigai sebagai pemicu kerusakan pada sel yang bertugas mensekresikan insulin tersebut.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu anda lakukan terkait gaya hidup yang diharapkan dapat membantu mengurangi resiko diabetes tipe 2. Selain beberapa hal tersebut, anda mungkin akan menemukan beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko diabetes. Seperti, cara pemeriksaan gula darah agar Anda dapat mencegah resiko tersebut sejak dini.

Khusus bagi anda yang kebetulan sedang menderita diabetes atau memiliki anggota keluarga yang menderita penyakit gula darah tersebut, maka solusi tepat untuk mengatasi permasalahan diabetes yang mendera adalah dengan mengkonsumsi Tahitian Noni. Kandungan zat Iridoid dari buah Noni ini telah terbukti mampu mengatasi akar penyebab kencing manis, sehingga kadar gula darahpun akan kembali normal dan stabil. Coba dan buktikan sendiri khasiatnya.

Comments(2)
  1. Edi Poerwanto Soetardjan
  2. andi sucipto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!