5 Tips Rahasia Yang Membantu Kadar Gula Darah Normal Kembali

Kadar gula darah yang meningkat drastis merupakan penanda diabetes. Kadar gula darah yang meningkat ini sebenarnya dapat dipicu oleh beberapa hal. Karenanya tipe diabetes pun bermacam-macam menurut penyebabnya. Namun penyebab yang paling umum adalah karena rusaknya sel beta pankreas sebagai penghasil insulin utama bagi tubuh dan adanya reaksi penolakan sel terhadap insulin yang ada.

Mengingat tingginya kadar gula darah merupakan penanda penyakit diabetes, mungkin sebagian dari anda akan bertanya mengenai batas antara kadar gula darah normal dan kadar gula darah tinggi. seharusnya berada pada kisaran 100 – 126 mg/dL setelah berpuasa lebih dari 8 jam. Sedangkan dua jam setelah berbuka, kadar normal gula darah seharusnya berada pada kisaran 140 – 200 mg/dL. Jika melebihi seperti yang telah disebutkan sebelumnya maka kadar gula darah dianggap melebihi batas kadar gula normal dalam darah dan dapat dikategorikan sebagai diabetes.

Mengingat kadar gula yang melebihi batas normal merupakan penanda diabetes maka perlu diupayakan untuk menjaga kestabilan kadar gula darah. Apalagi jika anda sudah tergolong kategori pradiabetes. Pradiabetes merupakan suatu kondisi dimana kadar gula darah melebihi batas normal namun belum cukup tinggi untuk dikategorikan diabetes. Dengan kondisi pradiabetes ini, sudah sewajarnya jika anda berupaya untuk selalu menjaga kestabilan kadar gula darah anda. Hal ini untuk mencegah berkembangnya kondisi pradiabetes menjadi diabetes. Lalu bagaimana caranya guna mendapatkan kadar gula darah yang stabil?

Mengurangi Konsumsi Makanan Instan Dapat Membantu Menstabilkan Kadar Gula Darah

kadar gula darah normalKonsumsi makanan instan yang berlebihan dapat memicu diabetes. Hal ini karena makanan instan tidak memiliki jumlah nutrisi sesuai dengan jumlah nutrisi yang diperlukan tubuh. Karenanya dengan mengonsumsi jenis makanan tersebut, maka tubuh nantinya akan mengalami kekurangan nutrisi. Selain itu perlu diingat bahwa dengan berkurangnya jumlah nutrisi yang diperoleh tubuh maka secara otomatis tubuh akan menggunakan sisa cadangan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Jika cadangan makanan yang disimpan tubuh digunakan secara terus menerus maka pada suatu ketika cadangan makanan tersebut akan habis. Ini akan berdampak pada berkurangnya massa tubuh yang akan menyebabkan penurunan berat badan. Selain penurunan berat badan tubuh pun akan menjadi rentan terhadap berbagai macam penyakit dan bahkan infeksi seperti misalnya infeksi bakteri dan jamur.

Bapak Ibu

  

Yang perlu diingat bahwa salah satu penyebab diabetes yang mengakibatkan kadar gula dalam darah meningkat drastis ialah rusaknya sel beta pankreas sebagai penghasil utama insulin bagi tubuh. Kerusakan ini ternyata dapat dipicu oleh kurangnya nutrisi yang diterima tubuh sehingga kerja organ-organ di dalamnya pun terganggu hingga berakibat pada kerusakan.

Memperbanyak Konsumsi Makanan Yang Mengandung Serat

Mengingat konsumsi makanan instan dapat berdampak negatif pada kurangnya nutrisi yang diterima tubuh sehingga membuat tubuh rentan terhadap infeksi dan penyakit, maka alangkah baiknya jika anda mulai membiasakan diri untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Mengapa harus makanan yang banyak mengandung serat? Hal ini karena serat yang dikandungnya dapat membantu tubuh dalam menstabilkan kadar gula darah sehingga resiko kadar gula darah meningkat pun dapat dikurangi.

Selain mengandung banyak serat, makanan berserat yang biasanya banyak ditemui pada sayuran hijau dan buah mempunyai kandungan nutrisi yang cukup bagi tubuh sehingga nantinya tubuh akan dapat memperoleh takaran nutrisi yang sesuai dengan jumlah yang dibutuhkannya. Karenanya dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat maka resiko kekurangan nutrisi pun dapat dikurangi sehingga masalah lain yang berkaitan pun dapat dihindari.

Olahraga Teratur Dapat Mengurangi Resiko Diabetes

Olahraga secara teratur terbukti dapat membantu menstabilkan kadar gula darahOlahraga secara teratur minimal tiga kali dalam seminggu terbukti dapat membantu menstabilkan kadar gula darah sehingga kadar gula anda selalu stabil. Olahraga teratur juga terbukti dapat membantu tersalurkannya nutrisi dengan baik ke seluruh tubuh sehingga kebutuhan nutrisi pun menjadi terpenuhi. Namun yang perlu diingat bahwa untuk memperoleh semua manfaat tersebut anda tidak perlu memilih olahraga yang berat atau terlalu sering berolahraga. Hal ini justru dapat mengurangi manfaat yang diperoleh.

Diet Seimbang Dapat Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

Diet seimbang dengan disertai pola makan yang teratur juga merupakan salah satu cara untuk menstabilkan kadar gula darah. Terbukti dengan melakukan diet seimbang tanpa mengurangi jumlah asupan nutrisi untuk tubuh dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga tubuh nantinya akan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Karena itu ubahlah kebiasaan diet ketat yang mungkin sedang anda jalani karena justru akan mengurangi takaran nutrisi yang diperlukan tubuh.

Pola Makan Yang Teratur Perlu Dilakukan Guna Mengurangi Resiko Diabetes

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa pola makan yang teratur dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Karena itulah sudah sewajarnya jika anda perlu mengatur dan menjaga pola makan anda. Makanlah secara teratur, yaitu tiga kali sehari tanpa mengurangi jumlah asupan nutrisi yang diperlukan tubuh dan konsumsilah makanan-makanan yang banyak mengandung serat seperti halnya sayuran dan buah.

Dengan melakukan beberapa upaya pencegahan tersebut di atas diharapkan kadar gula darah anda dapat tetap stabil. Kalaupun sudah terlanjur didiagnosa diabetes maka upaya pencegahan yang dilakukan tentunya akan sangat bermanfaat untuk menurunkan bahkan mencegah resiko komplikasi mengingat obat untuk diabetes melitus yang diberikan dokter nantinya hanya akan memberikan efek kadar gula darah yang normal sementara.

Klik Di Sini untuk Memiliki gula darah yang normal dan stabil Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!