Diabetesi ingin berpuasa, baca dulu tips puasa penderita diabetes berikut ini

Diabetesi ingin berpuasa, baca dulu tips puasa penderita diabetes berikut ini. Puasa Ramadan itu adalah saat-saat dimana berlomba-lomba meraih nikmat. Banyak juga nih orang yang sakit ragu pengen puasa tapi juga ada yang gak begitu, iya bener seperti misalnya ayah saya mungkin banyak juga yang menderita gula darah tinggi atau diabetes. Nah itu kan bahaya juga,ada yang boleh berpuasa tapi kayaknya harus ada rambu-rambu yang terutama bagi para penderita diabetes. Meski bisa berpuasa, pada penderita diabetes wajib memperhatikan sejumlah resiko sekaligus wajib menjaga pola makan agar bisa terus berpuasa.

Ramadhan bulan penuh kemuliaan dan keutamaan, segala bentuk amal ibadah dilipatgandakan dan pintu ampunan terbuka lebar. Seluruh umat muslim di dunia berlomba-lomba untuk mendapatkan berkah Ramadan. Namun tidak semua orang beruntung, banyak orang yang terkendala melakukan ibadah puasa ramadhan penderita diabetes salah satunya.

Di dunia penyakit diabetesmerupakan penyakit berbahaya ke-4 yang harus diwaspadai berdasarkan International diabetes Federation atau federasi diabetes internasional. Setiap 7 detik 1 orang di dunia yang meninggal karena diabetes. Tahun 2014 4,9 juta orang meninggal karena diabetes berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan. 1 dari 20 orang usia produktif di Indonesia menderita diabetes. Jumlah penderita diabetes hingga tahun 2014 mencapai 9,1 juta ,jumlah ini menempatkan Indonesia menjadi negara dengan penderita diabetes terbanyak nomor 5 di dunia setelah Jepang Turki ,Jerman, dan Mesir.

tips puasa penderita diabetesBu Mahoni salah satu penderita diabetes, puasa ramadhan tidak menghalangi niatnya untuk bisa berpuasa sebulan lamanya. “Kalau saya jaga Insya Allah saya sehat, tapi kalau saya udah mulai makan Yang aneh-aneh mulai penyakit saya.

Wanita berusia 58 tahun ini sudah 6 tahun menderita diabetes tipe 2, bukan karena turunan melainkan karena pola hidup dan makanan yang kurang sehat sebelumnya.

Bapak Ibu

  

Diabetes yang diderita memang terbilang ringan, namun kadar gula darahnya cenderung tidak stabil. Jika tidak mengatur pola hidupnya pada saat puasa dan kita dalam kondisi stres kadar gula dalam darahnya langsung meningkat. “Kalau saya banyak pikiran, saya sering ngomel sama anak itu membuat kadar gula cepat naik. Karena itulah sudah 6 tahun ini makannya selalu disiplin, minum obat, menjaga pola makan, diet nasi dan makanan manis, serta tetap olahraga. Selama sakit diabetes Mahoni tetap memilih puasa, ia yakin bahwa puasa justru menyehatkan. Dengan menjaga pola makan gula darahnya akan terkontrol.

Pengalaman Mahoni ini adalah salah satu cara penderita untuk bertahan demi menunaikan ibadah puasa ramadhan. Meski begitu ada beberapa resiko yang harus diwaspadai oleh para penderita diabetes. Hipoglikemia kondisi dimana tubuh kekurangan glukosa dalam darah akibat kurangnya asupan makanan saat berpuasa, untuk hipoglikemi terjadi saat sahurnya tidak mengkonsumsi makanan yang cukup sementara penderita masih mengonsumsi obat-obatan gula darah. Hipoglikemia sendiri merupakan penyebab 2 hingga 4% kematian pada pasien diabetes melitus tipe 1. Sebaliknya hiperglikemia adalah keadaan gula darah berlebih ini terjadi pada pasien yang malas kontrol dan gula darahnya tidak stabil pada pasien yang mengalami komplikasi seperti infeksi. Apalagi jika ditambah dengan kebiasaan berbuka yang identik dengan makanan yang manis-manis.

Jika kadar gula dalam darah berlebih pasien akan mengalami ketoasidosis atau hilangnya kesadaran. Fatalnya pasien bisa sampai terbaring koma. Selain itu gula darah yang tinggi juga menyebabkan dehidrasi dan trombosit. Saat berpuasa tentu asupan cairan dalam tubuh berkurang, jika ditambah dehidrasi resiko penggumpalan akan lebih besar bahkan dapat menyumbat pembuluh darah sehingga berakibat stroke.

Diabetes melitus atau lazim disebut penyakit kencing manis ada 4 tipe: diabetes melitus tipe 1,Type 2, diabetes pada kandungan, dan diabetes tipe lain. Namun yang banyak diderita adalah diabetes melitus tipe 1 dan 2. Jika asien diabetes kadar gula diatas 300 dianjurkan untuk tidak berpuasa namun jika kondisinya dibawah 250 pasien bisa diperkenankan untuk berpuasa. Syaratnya jaga pola hidup sehat, atur pola dan jenis makan, minum obat, dan rajin cek kadar gula darah.

Dalam hukum Islam ada keringanan bagi muslim yang sakit untuk tidak berpuasa dan menggantinya saat sudah sehat di hari lain. Hal ini dijelaskan dalam Alquran Surat Al Baqarah ayat 184 hingga 185 alquran menyebutkan ada 2 golongan yang boleh berbuka berpuasa yang pertama adalah orang yang musafir yang kedua adalah orang sakit.

Para ulama berselisih pandang tentang musafir dan begitu pula tentang yang sakit kalau seandainya penyakit itu membuatmu berat silahkan diskusi kepada para ahli medis kalau dia menjalankan puasa maka dia akan menjadi mudhorat terhadap dirinya maka puasanya tidak dibolehkan. Akan tetapi ketika konsultasi kepada ahli medis dan ahli medis mengatakan tidak apa-apa berpuasa karena tidak memiliki suatu resiko maka dia wajib berpuasa. Sesungguhnya Islam menginginkan kemudahan bukan mendatangkan kesulitan bagi umat-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!