Kenali 3 Tanda-Tanda Diabetes Anda Dengan Cermat !

Jumlah penderita diabetes terus bertambah tiap tahunnya. Namun pertambahan jumlah penderita yang cukup signifikan ini tidak diikuti dengan pemahaman yang cukup akan penyakit diabetes. Terbukti banyak dari mereka yang bahkan tidak sadar bahwa mereka menderita diabetes akibat kurangnya pemahaman mereka, khususnya yang berhubungan dengan tanda dan gejala diabetes melitus.

Dengan mengenali tanda- insipidus maka akan dengan mudah diketahui apakah anda menderita diabetes atau tidak. Apalagi jika selama ini anda jarang berolahraga dengan dibarengi konsumsi makanan instan yang berlebihan. Ditambah lagi dengan adanya riwayat penderita diabetes dalam keluarga anda. Karenanya wajar jika mengenali tanda dan gejala diabetes wajib dilakukan mulai sekarang. Hal ini agar ketika ditemui salah satu tanda diabetes maka akan segera dilakukan upaya medis seperti pemeriksaan kadar gula darah untuk memastikan apakah anda terserang diabetes atau tidak. Berikut ini tanda-tanda diabetes melitus yang umumnya ditemui.

Poliuri

Sering Buang Air Kecil Bisa Menjadi Salah Satu Gejala DiabetesPoliuri merupakan istilah yang diberikan bagi penderita diabetes akibat seringnya penderita buang air kecil. Biasanya hal ini terjadi pada malam hari dengan jumlah urin yang dikeluarkan melebihi jumlah urin yang biasa dikeluarkan orang normal. Gejala sering buang air kecil ini merupakan akibat dari tingginya kadar gula dalam darah.

Perlu diingat bahwa penyebab tingginya kadar gula dalam darah ialah rusaknya sel beta pankreas sehingga mempengaruhinya dalam memproduksi insulin. Bahkan akibat rusaknya sel beta pankreas ini insulin tidak dapat dihasilkan sehingga proses metabolisme gula menjadi terhambat.

Untuk dapat mencerna gula yang berasal dari makanan, tubuh memerlukan jumlah insulin yang cukup. Hal ini karena insulin berfungsi sebagai pembuka gerbang sel ibaratnya kunci. Jika insulin tidak dapat diproduksi akibat rusaknya sel beta pankreas sebagai penghasil utama insulin bagi tubuh maka gulapun tetap berada dalam darah. Akibatnya tentu saja kadar gula darah menjadi meningkat drastis.

Bapak Ibu

  

Karena meningkatnya kadar gula dalam darah inilah kemudian tubuh berusaha menstabilkannya dengan cara membuang kelebihan gula tersebut melalui urin. Guna mengurangi kepekatan urin yang dikeluarkan, tubuh kemudian akan menarik banyak cairan tubuh. Inilah yang menyebabkan penderita akan sering sekali buang air kecil. Oleh karena itu, ketika gejala ini muncul ada baiknya segera melakukan pemeriksaan kadar gula darah untuk mengetahui apakah anda benar-benar menderita diabetes atau tidak.

Polifagi

Seperti halnya poliuri, polifagi merupakan istilah untuk gejala diabetes, yaitu rasa cepat lapar yang nantinya cenderung membuat penderita untuk sering makan. Gejala ini timbul akibat tubuh yang kekurangan nutrisi. Mungkin sebagian dari anda bertanya mengapa sampai terjadi kurang nutrisi? Ingatlah bahwa kadar gula yang tinggi akan memaksa tubuh untuk membuang kelebihan gula yang sebenarnya dapat dimanfaatkan tubuh sebagai energi dan cadangan makanan.

Proses metabolisme gula di dalam tubuh yang dibantu dengan adanya jumlah insulin yang cukup akan menghasilkan energi yang dapat menunjang aktifitas tubuh serta organ-organ penting di dalamnya. Selain menghasilkan energi, proses metabolisme gula tadi juga menghasilkan residu yang berupa cadangan makanan bagi tubuh. Lalu mengapa terjadi kurang nutrisi?

tanda tanda diabetes

Rasa Cepat Lapar yang Nantinya Cenderung Membuat Penderita Diabetes Untuk Sering Makan

Kurangnya nutrisi yang diperoleh tubuh adalah karena adanya kerusakan pada sel beta pankreas sehingga insulin tidak dapat diproduksi dalam jumlah yang cukup. Selain kerusakan sel beta pankreas, pada diabetes melitus tipe II ditemukan adanya reaksi penolakan terhadap insulin yang ada sehingga proses metabolisme gula menjadi terhambat. Hal ini tentu saja juga akan menghambat penyerapan nutrisi tubuh karena tubuh tidak memperoleh jatah nutrisi yang dibutuhkannya.

Kurangnya nutrisi inilah yang nantinya mendorong tubuh untuk mengirimkan sinyal rasa lapar ke otak sehingga penderita akan merasa lapar. Rasa lapar yang timbul akibat kurangnya nutrisi yang diperoleh tubuh ini nantinya cenderung memaksa penderita untuk makan dalam jumlah yang banyak yang justru meningkatkan kadar gula darahnya.

Polidipsi

Polidipsi merupakan istilah medis yang diberikan pada penderita diabetes akibat seringnya penderita merasa haus. Rasa haus ini sebenarnya dipicu oleh dehidrasi. Ingatlah bahwa kadar gula yang tinggi memaksa tubuh untuk sering buang air kecil. Sementara itu tubuh juga menarik lebih banyak cairan tubuh guna mencegah urin yang keluar terlalu pekat. Hal ini tentu saja akan menguras cairan tubuh sehingga cairan tubuh yang dikeluarkan harus segera diganti dengan cairan baru. Inilah alasan mengapa penderita diabetes akan sering merasa haus dan akibatnya pun ia akan sering minum dalam jumlah yang banyak guna mengganti cairan tubuh yang hilang.

Mengingat tanda diabetes melitus di atas merupakan tanda dan gejala dm yang paling umum, maka sudah seharusnya jika anda mewaspadainya. Yang terpenting adalah segera melakukan pemeriksaan kadar gula darah ketika menemui gejala tersebut agar dapat diketahui apakah anda memang benar-benar menderita diabetes atau tidak. Cegah juga dengan menggunakan Obat Gula Darah herbal yang terbaik agar diabetes dapat segera diatasi.

Klik Di Sini Sekarang, Dapatkan gula darah yang normal dan stabil dalam waktu singkat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!