Sudahkah Anda Melakukan 4 Tips Efektif Mencegah Diabetes Ini?

Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit kronis yang belum ditemukan obatnya. Karenanya upaya untuk mencegah diabetes melitus perlu dilakukan sejak dini untuk mengurangi resiko. Hal ini perlu sekali dilakukan terutama bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga penderita diabetes karena mereka memiliki resiko dua kali lipat lebih besar dibanding mereka yang tidak memiliki riwayat keluarga penderita diabetes.

Selain karena belum ditemukannya obat diabetes yang secara efektif dapat menstabilkan kadar gula darah secara permanen, komplikasi akibat diabetes juga merupakan salah satu alasan mengapa upaya untuk perlu dilakukan. Yang menjadi masalah adalah kenyataan bahwa apakah mungkin diabetes dapat dicegah? Berikut uraian mengenai kepastian tersebut beserta tips mencegah diabetes melitus.

Perubahan Gaya Hidup Dapat Mengurangi Resiko Diabetes

Untuk mengurangi resiko diabetes, perubahan gaya hidup ke arah yang lebih sehat perlu dilakukan terutama bagi mereka yang mempunyai riwayat keluarga penderita diabetes. Penanganan diabetes melitus dengan merubah gaya hidup dapat diawali dengan memilih jenis makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

mencegah diabetesBerkaitan dengan jenis makanan yang akan dikonsumsi, akhir akhir ini marak sekali konsumsi terhadap makanan cepat saji yang rendah kalori, tinggi lemak dan asam lemak jenuh. Ketahuilah bahwa konsumsi makanan cepat saji yang berlebihan dapat memicu diabetes. Mengapa demikian? Hal ini karena kurangnya nutrisi yang diperoleh tubuh dari makanan tersebut sehingga mengakibatkan tubuh menjadi rentan terhadap infeksi maupun penyakit. Yang perlu diingat adalah kenyataan bahwa kerusakan sel beta pankreas bisa saja bersumber dari kurangnya nutrisi yang diperoleh oleh tubuh.

Karena itulah perlu ditekankan bahwa mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung cukup nutrisi seperti sayuran hijau dan buah sangatlah penting agar tubuh dapat memperoleh asupan nutrisi yang cukup. Selain itu serat yang terkandung di dalam sayuran hijau dan buah dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah dan mengendalikan berat tubuh anda sehingga anda dapat terhindar dari penumpukan lemak yang berlebih di bagian tubuh tertentu.

Bapak Ibu

  

Selain mengganti jenis makanan yang dikonsumsi, juga perlu diingat untuk mengurangi konsumsi kafein yang berlebihan. Kebiasaan merokok juga perlu dihentikan karena dapat memicu penyempitan pembuluh darah yang akibatnya bisa sangat fatal.

Pengendalian Berat Badan Dapat Menstabilkan Kadar Gula Darah

Selain perubahan gaya hidup, pengendalian berat badan juga perlu dilakukan. Hal ini mengingat resistensi sel terhadap insulin dapat dipicu oleh penumpukan lemak berlebih pada daerah tertentu terutama daerah yang dekat dengan pankreas. Karenanya pengendalian berat badan perlu dilakukan sebagai salah satu upaya menghindari diabetes.

Sebagai upaya untuk mengendalikan berat badan alangkah baiknya jika melakukan olahraga teratur disesuaikan dengan umur dan kemampuan. Selain itu konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat. Hal ini karena kandungan serat dapat membantu tubuh dalam hal membakar lemak serta juga membantu menstabilkan kadar gula darah. Yang terpenting jagalah agar indeks masa tubuh anda (BMI) tidak lebih dari 25 kg/m3.

Pengaturan Pola Makan Dapat Membantu Mengurangi Resiko Diabetes

Pola makan Teratur menciptakan hidup sehatDengan berkembangnya produsen makanan instan semakin menuntut orang untuk makan tidak teratur. Hal ini karena dengan adanya fasilitas berupa produksi makanan instan maka orang akan cenderung untuk bergantung pada makanan instan tersebut sehingga pengaturan pola makan pun menjadi tidak penting bagi mereka.

Guna mencegah diabet, alangkah baiknya jika dilakukan pengaturan pola makan yang benar. Tentunya dengan mengurangi konsumsi makanan instan dan berusaha untuk makan tepat waktu. Hal ini agar tubuh pun dapat menerima asupan nutrisi yang dibutuhkannya tepat pada waktunya sehingga tubuh tidak akan mengalami gangguan metabolisme akibat sering terlambat menerima asupan nutrisi.

Olahraga Teratur Dapat Menstabilkan Kadar Gula Darah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa olahraga teratur dapat membantu membakar lemak di dalam tubuh sehingga penumpukan lemak dapat dihindari. Selain itu, olahraga teratur juga terbukti dapat membantu menstabilkan kadar gula darah yang meningkat. Dengan begitu resiko diabetes dapat dikurangi terutama bagi mereka yang mempunyai riwayat penderita diabetes dalam keluarga.

Untuk dapat mengurangi resiko diabetes, berolahragalah secara teratur minimal tiga kali dalam seminggu dengan durasi sedikitnya 30 menit tiap sesinya. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat untuk dapat mengurangi resiko diabetes. Pilih saja yang sesuai dengan kemampuan anda terutama sesuaikan dengan hobi anda agar selama berolahraga anda bisa tetap santai.

Mengingat banyaknya manfaat yang diperoleh ketika melakukan upaya untuk mencegah diabetes, maka tidak ada alasan lagi bagi anda untuk tidak melakukan upaya pencegahan tersebut. Selain itu upaya untuk mencegah diabetes dapat dilakukan dengan biaya yang murah jika dibandingkan dengan biaya pengobatan diabetes itu sendiri.

==> Klik Di Sini agar gula darah Anda tetap stabil <==

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!