5 Makanan Pencegah Diabetes

Pencegahan penyakit diabetes melitus dapat dilakukan dengan berbagai macam Cara Menurunkan Gula Darah. Salah satunya adalah mengkonsumsi makanan pencegah diabetes. Dengan mengkonsumsi makanan pencegah diabetes tersebut, maka nantinya fungsi sel beta pankreas akan dapat terpelihara dengan baik. Selain itu, sensitifitas sel terhadap insulin juga dapat terpelihara dengan baik fungsinya. Lalu apa saja makanan yang dianggap dapat mencegah penyakit diabetes tersebut? Berikut ini lima diantaranya.

Apel

Makanan Pencegah DiabetesApel sudah lama dikenal sebagai makanan kesehatan. Begitu juga dalam hal mencegah penyakit diabetes. Bahkan karena manfaatnya dalam hal menurunkan gula darah, apel sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita yang sedang menjalani diet diabetes melitus tipe 2. Sementara itu kandungan nutrisi apel sendiri, yang kemudian membuatnya menjadi salah satu makanan untuk mencegah penyakit diabetes, adalah asam ursolic.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli medis yang juga telah dipublikasikan pada bulan Juni, 2012 menunjukkan bahwa asam ursolic mampu mengubah kalori, khususnya kalori berlebih, menjadi otot. Dengan begitu, kelebihan kalori tidak akan memicu gangguan metabolisme, dimana ia merupakan penyebab penyakit gula kering (penyakit diabetes).

Jamur

Jamur ternyata tidak hanya nikmat sebagai hidangan, tetapi juga dapat menjadi makanan pencegah diabetes. Manfaat ini diperoleh akibat kandungan vitamin B6 pada jamur yang cukup tinggi. Vitamin inilah nantinya yang dapat membantu mengurangi kebutuhan tubuh akan insulin, sehingga fungsi sel beta pankreas akan dapat terlindungi. Sementara itu, kerusakan yang terjadi pada sel beta pankreas akibat beban kerja yang terlalu berat merupakan salah satu penyebab penyakit diabetes selain berkurangnya sensitifitas sel terhadap insulin.

Hati Ayam

Selain jamur, hati ayam ternyata juga menjadi makanan pencegah diabetes yang dapat anda nikmati. Ini berarti bahwa anda nantinya akan memiliki banyak pilihan makanan sehat, sehingga anda tidak perlu lagi mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Apalagi jika sebelumnya anda telah memahami bahwa makanan yang tidak sehat merupakan salah satu faktor risiko diabetes.

Bapak Ibu

  

Sama halnya dengan kandungan nutrisi pada jamur, hati ayam juga mengandung vitamin B6 dalam jumlah yang cukup. Dengan begitu, asupan vitamin ini akan dapat diperoleh dalam jumlah yang cukup, sehingga dampaknya akan semakin positif dalam hal mengurangi resiko diabetes.

Kurma

Kurma tidak hanya nikmat sebagai camilan, tetapi juga dapat digunakan sebagai pengganti gula. Hal ini tentunya akan dapat mengurangi ketergantungan pada gula pasir atau gula buatan lainnya, sehingga dapat mengurangi indeks lelah pankreas. Selain itu, kandungan potasium kurma juga sangat tinggi. Asupan potasium dalam jumlah yang cukup terbukti dapat membantu menjaga sensitifitas insulin, sehingga fungsinya dapat tetap terjaga dengan baik.

Bayam

Jangan pernah sepelekan sayuran yang satu ini, meski harganya yang relatif murah dan mudah ditemukan dimana-mana. Justru karena harganya yang relatif murah tersebut, anda seharusnya lebih memilih bayam daripada jenis sayuran lainnya yang sulit didapat. Apalagi kandungan vitamin C dan vitamin E pada bayam juga sangat tinggi, sehingga dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan antioksidan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!