Cara Mendeteksi Diabetes Pada Anak

Penyakit diabetes pada anak bisa dibilang penyakit yang paling susah dideteksi, sehingga tidak jarang penanganan atau terapi diabetes mellitus terlambat diberikan. Hal ini tentunya akan semakin meningkatkan resiko munculnya komplikasi, sesuai dengan pengertian penyakit diabetes itu sendiri, bahwa lonjakan gula darah yang tidak segera ditangani akan dapat memicu komplikasi diabetes. Karenanya sebisa mungkin lakukan deteksi dini pada buah hati anda. Berikut ini cara paling tepat untuk mendeteksi diabetes pada anak.

Awasi Gejalanya

Diabetes Pada AnakDiabetes melitus pada anak memang seringkali susah dideteksi. Namun hal ini bukan berarti bahwa tidak ada tanda dan gejala diabetes yang bisa diamati. Biasanya gejala yang paling menonjol adalah penurunan berat badan yang cukup drastis. Jika penurunan berat badan yang dialami buah hati anda terjadi secara tiba-tiba, maka bisa jadi penurunan berat badan tersebut adalah penanda diabetes.

Selain penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba, anda juga perlu mewaspadai perubahan nafsu makan anak anda. Hal ini dianggap perlu mengingat penurunan nafsu makan juga termasuk salah satu gejala diabetes melitus pada anak. Awasi setiap penurunan nafsu makan yang terlihat. Jika penurunan nafsu makan terjadi selama berhari-hari dengan diikuti munculnya gejala penyakit diabetes melitus pada anak lainnya, maka pemeriksaan lebih lanjut dapat segera dilakukan untuk hasil deteksi yang lebih akurat.

Lakukan Pemeriksaan Gula Darah

Pemeriksaan gula darah perlu dilakukan untuk mendeteksi penyakit DM pada anak. Pemeriksaan tersebut dianggap perlu dilakukan karena lonjakan gula darah hanya bisa terdeteksi melalui pemeriksaan gula darah. Pemeriksaan gula darah ini nantinya dapat dilakukan secara mandiri maupun dengan bantuan dokter. Jika memang harus dilakukan secara mandiri, mengingat anak-anak biasanya takut diajak ke dokter, maka pastikan anda memperoleh hasil pemeriksaan yang akurat.

Hasil pemeriksaan tersebut nantinya dapat menjadi patokan apakah anak anda terserang diabetes atau tidak. Karenanya sangat disarankan untuk menggunakan alat tes gula darah yang akurat. Selain itu, pertimbangkan juga penggunaan alat cek gula darah yang hanya memerlukan sedikit sampel darah. Hal ini tentunya akan dapat mengurangi rasa sakit akibat pengambilan sampel darah tersebut.

Bapak Ibu

  

Lakukan Tes Urin

Tes urin biasanya akan dilakukan setelah pemeriksaan gula darah. Hasil tes nantinya akan menunjukkan apakah anak anda terserang diabetes atau tidak. Jika dibandingkan dengan hasil pemeriksaan gula darah, khususnya yang dilakukan secara mandiri, maka hasil tes urin akan lebih akurat. Dianggap lebih akurat karena ketika seseorang mengalami gangguan metabolisme (diabetes), maka kadar gula darahnya akan mengalami lonjakan yang cukup drastis.

Lonjakan gula darah tersebut nantinya akan direspon oleh tubuh secara otomatis, dengan memerintahkan ginjal untuk membuangnya dari dalam tubuh. Ginjal kemudian menyaring kelebihan gula dalam darah tersebut untuk selanjutnya dibuang bersama dengan urin. Jadi urin penderita diabetes nantinya akan banyak mengandung kelebihan gula dalam darah tadi. Ketika hal ini ditemui pada urin anak anda, maka upaya penanganan dengan obat sakit diabetes dapat segera diberikan, guna menurunkan kadar gula darahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!